BERITA SMK Bedah Jurusan BDP (Bisnis Daring dan Pemasaran): Pengertian dan Prospek Kerjanya

Bedah Jurusan BDP (Bisnis Daring dan Pemasaran): Pengertian dan Prospek Kerjanya

Oleh Ayu Larasati | Senin, 26 Desember 2022

Bedah Jurusan BDP (Bisnis Daring dan Pemasaran): Pengertian dan Prospek Kerjanya

Tertarik untuk melanjutkan pendidikan ke SMK jurusan BDP? Yuk baca dulu penjelasan mengenai jurusan BDP di artikel ini!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Apakah kamu berminat untuk melanjutkan pendidikan ke SMK dan mengambil jurusan BDP (Bisnis Daring dan Pemasaran)? Kamu sudah mengambil keputusan yang tepat!

Jurusan ini cocok untuk kamu yang tertarik dengan bidang bisnis dan marketing. Lalu, apa itu jurusan BDP? Mengapa kamu harus memilih jurusan ini? Apa saja prospek kerjanya?

Yuk simak penjelasan lengkapnya di artikel ini!

Apa Itu Jurusan BDP?

Jurusan BDP adalah salah satu kompetensi jurusan pada bidang Bisnis dan Manajemen di SMK. Jurusan ini mempelajari keilmuan dan praktik mengenai bidang pemasaran dan pengembangan bisnis online menggunakan media internet.

Selama pembelajaran di jurusan ini, kamu akan belajar bagaimana menganalisa pasar, strategi pasar, dan menemukan peluang bisnis di sana.

Dengan mengambil jurusan BDP, kamu akan dibekali dengan kemampuan menggunakan berbagai media untuk menunjang kemajuan bisnis. Mulai dari website hingga sosial media.

Selain itu, kamu juga bisa belajar bagaimana membuat produk yang berkualitas. Alhasil, saat lulus SMK nanti, kamu sudah siap menjadi seorang wirausahawan dengan skill yang mumpuni.

Alasan Memilih Jurusan BDP

Berikut beberapa alasan yang bisa membuatmu makin yakin untuk mengambil jurusan BDP. Apa sajakah itu?

1. Peluang Kerja yang Luas

Dengan cakupan ilmu yang luas, peluang kerja untuk lulusan SMK jurusan BDP juga luas. Pasalnya, kamu bisa bekerja di dalam banyak bidang. Kamu bisa bekerja sebagai karyawan di perusahaan, atau bahkan membangun sebuah usaha sendiri.

Hampir di semua perusahaan membutuhkan ahli di bidang marketing dan penjualan. Itulah mengapa keahlian lulusan BDP akan selalu dicari.

2. Dapat Melanjutkan Kuliah

Tidak hanya bekerja dan berwirausaha, lulusan SMK jurusan BDP juga memiliki peluang untuk melanjutkan kuliah di perguruan tinggi. Apalagi, banyak jurusan yang linear dengan BDP. Mulai dari Ekonomi Bisnis, Manajemen, Pemasaran dan lain sebagainya.

3. Mendapatkan Kemampuan Komunikasi dan Wirausaha

Lulus dari jurusan BDP juga membuatmu memiliki kemampuan komunikasi dan wirausaha yang mumpuni. Terlebih, di jurusan ini kamu dibekali dengan kemampuan bagaimana membuat produk yang bagus dan bisa diterima di pasar. Ditambah lagi, kamu juga sudah mempelajari bagaimana memasarkan produk tersebut.

Dalam berbisnis ataupun bekerja di sebuah perusahaan, komunikasi bisnis sangatlah penting untuk kamu kuasai. Nah, di jurusan ini, kamu akan dibekali juga dengan skill komunikasi ini.

Prospek Kerja Jurusan BDP

Setelah mendapatkan pengetahuan dan keterampilan selama di jurusan BDP, kamu bisa bekerja di beberapa bidang sebagai berikut:

1. Wirausaha

Dengan ilmu bisnis dan pemasaran yang kamu peroleh, kamu bisa membuka bisnis sendiri dan menjalankannya. Apalagi, kamu sudah tahu bagaimana riset pasar, menyusun strategi pasar, dan membuat produk yang bagus serta memasarkannya.

2. Social Media Marketing

Pesatnya perkembangan teknologi membuat pemasaran beralih ke sosial media. Itulah mengapa profesi ini banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan.

3. Sales Executive

Ilmu pemasaran yang sudah kamu kuasai juga bisa membuatmu bekerja sebagai sales executive. Pekerjaan ini diperlukan di setiap perusahaan mengingat setiap bisnis membutuhkan orang-orang yang bekerja di posisi ini untuk memasarkan produk mereka.

4. Staf Digital Marketing

Dengan memilih jurusan BDP, kamu juga bisa berkarir di bidang digital marketing. Walaupun sama-sama bekerja di ranah pemasaran digital, tetap terdapat perbedaan antara staf digital marketing dan social media marketing.

Staf digital marketing menggunakan platform digital lebih banyak sebagai media pemasarannya. Sedangkan social media marketing lebih fokus menggunakan media sosial.

Baca Juga : Ketahui Pentingnya Jurusan SMK BDP, di Era Sekarang!

Penutup

Itu dia penjelasan lengkap mengenai jurusan BDP (Bisnis Daring dan Pemasaran) yang perlu kamu tahu. Setelah membaca semua penjelasan di atas, jadi makin mantap ya buat mengambil jurusan ini.

Setiap siswa SMK, tak terkecuali jurusan BDP, harus mengikuti magang atau PKL. Untungnya, sekarang mencari tempat magang/PKL makin mudah dengan adanya GAMELAB.ID. Kamu bisa magang secara online di GAMELAB.ID dan bisa magang dari mana saja.

Di program magang ini, kamu bisa mengoptimasi keterampilan secara optimal, mendapatkan bimbingan dari trainer, dan memperoleh sertifikat.

Yuk magang di GAMELAB.ID sekarang juga! Klik di sini untuk mulai magang di GAMELAB.ID.

 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Senin, 26 Desember 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI