BERITA GAME ARTWORK Manfaat Sketsa Dalam Desain Grafis

Manfaat Sketsa Dalam Desain Grafis


#sketch #graphics designer
Manfaat Sketsa Dalam Desain Grafis

Pernah dengar kata sketsa bahkan sering mengucapkan kata ini? Pasti sudah tidak asing dengan kata sketsa bagi kamu yang berkutat di dunia design, tapi apa sebenarnya sketsa itu? Apa manfaatnya dalam dunia desain grafis?

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Sketsa berasal dari bahasa Yunani yaitu ‘Shedios extempore’, kemudian diserap ke dalam bahasa Inggris sebagai ‘sketch’, yang artinya ‘tanpa persiapan’. Singkatnya adalah karya gambar yang biasanya tidak dimaksudkan sebagai hasil karya akhir. Sebuah sketsa dapat memiliki beberapa tujuan untuk merekam sesuatu yang dilihat oleh seniman, merekam atau mengembangkan gagasan untuk dipakai kemudian, atau dapat juga digunakan sebagai cara singkat menggambarkan citra, gagasan, atau prinsip.

Foto oleh MESSALA CIULLA dari Pexels

Lalu, apa hanya seniman yang menggunakan sketsa? Tentu tidak. Kalian seorang desainer grafis juga membutuhkan sketsa sebelum desain di aplikasikan ke dalam komputer. Kira kira apa saja manfaat sketsa dalam desain grafis?

Manfaat Sketsa Dalam Desain Grafis

Setelah membahas tentang apa itu sketsa berikut ini setidaknya ada lima manfaat dari sketsa yang bsia di rasakan bagi seniman ataupun seorang desainer grafis. 

1. Bekerja Lebih Cepat

Foto oleh MESSALA CIULLA dari Pexels

Bekerja menggunakan pensil dan kertas akan memakan waktu lebih cepat dari pada menggunakan mouse dan komputer. Kita bisa membuat banyak alternatif desain dalam waktu yang singkat. 

Contoh, ketika membuat sebuah karakter langsung menggunakan komputer, kita cuma akan menghasilkan dua atau tiga alternatif dalam waktu 1 jam. Tapi apabila kita bekerja dengan menggunakan sketsa terlebih dahulu, 1 jam mungkin akan menghasilkan sekitar 10 alternatif karakter dalam bentuk yang variatif satu sama lain. Jauh lebih cepat bukan?

2. Pengembangan Ide

Foto oleh Pixabay dari Pexels

Hal yang penting dari sketsa adalah kemampuannya dalam mengembangkan ide-ide dan kemungkinan-kemungkinan baru dengan sangat cepat. Setiap goresan adalah awal dari terbukanya jalan untuk setiap ide-ide baru, dimana akan susah kita lakukan apabila langsung bekerja dengan komputer. Banyak coretan-coretan sketsa yang kelihatannya tidak jelas, namun ternyata adalah awal dari proses lahirnya karya-karya besar.

3. Menyimpan Ide dan Inspirasi

Foto oleh Eli Zaturanski dari Pexels

Sebagai desainer sudah seharusnya kamu membiasakan diri untuk membawa pensil dan sketch book kemana-mana. Banyak ide-ide baru yang biasa kita jumpai pada saat tidak sedang berada di depan komputer namun akhirnya terlupakan karena tidak disimpan.

Nah, dengan sketsa kita bisa menyimpannya dengan mudah. Bisa jadi inspirasi yang kita simpan dalam bentuk sketsa bermanfaat dalam projek-projek desain nantinya.

4. Melatih Kemampuan Menggambar

Foto oleh Karol D dari Pexels

Meski sebenarnya menjadi desainer grafis tidak harus bisa menggambar dengan bagus, tapi tetap saja kemampuan menggambar manual akan sangat membantu dalam pengerjaan setiap projek desain. Terkadang sebuah projek desain membutuhkan illustrasi-illustrasi yang menuntut kemampuan menggambar manual yang bagus.

Jadi tidak ada salahnya untuk mulai membiasakan diri bermain dengan sketsa untuk melatih kemampuan menggambar. Semakin sering dilatih, maka kualitas gambar pasti akan semakin bagus.

5. Praktis Dibawa-bawa

Foto oleh Miguel Á. Padriñán dari Pexels

Peralatan sketsa berupa pensil dan sketch book tentu saja praktis untuk dibawa kemana-mana. Kita bisa bekerja dibanyak tempat hanya dengan bermodalkan peralatan tersebut. Mungkin laptop juga seperti itu, tapi laptop sendiri cukup berat jika harus kita bawa kemana-mana. Dengan sketsa kita tinggal mengeluarkan pensil dan sketch book, maka kita bisa langsung mulai menerapkan ide-ide baru untuk karya desain kita.

Selain sketch book sekarang sudah ada sketch pad atau lebih dikenal dengan drawing pad merupakan sebuah tablet dimana kamu bisa membuat sketsa secara digital. Sama halnya dengan sketch book, drawing pad juga dilengkapi pensil lengkap dengan fitur penghapus.

Jadi, jangan khawatir saat goresan pensil yang kamu buat tidak sesuai. Salah satu keuntungan dari drawing pad yaitu, kamu tidak perlu berkerja dua kali untuk membuat desain yang kamu inginkan.

Nah, itu tadi manfaat dari sketsa bagi desainer. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu menambah wawasan.


Felda Amelia

Felda Amelia

Kamis, 16 Juli 2020