BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Mengenal Profesi Desain Grafis: Besaran Gaji dan Jenis Pekerjaannya

Mengenal Profesi Desain Grafis: Besaran Gaji dan Jenis Pekerjaannya

Oleh Syamsul Arifin | Kamis, 23 Februari 2023

Mengenal Profesi Desain Grafis: Besaran Gaji dan Jenis Pekerjaannya

Desain grafis adalah salah satu jenis pekerjaan dan keterampilan yang sangat dibutuhkan saat ini. Kamu bisa menekuni salah satu jenis pekerjaan di industri desain grafis dengan kisaran gaji sesuai keinginan. Cek detailnya di artikel ini ya!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Siapa yang tertarik dengan dunia desain grafis atau bercita-cita menjadi seorang desainer grafis (graphic designer)? Kamu tidak salah pilih karena dunia desain grafis itu menyenangkan, penuh tantangan dan pastinya gaji yang ditawarkan juga besar. Mau tahu berapa kisaran gaji pekerjaan graphic design? Baca terus ya!

Gaji Profesi Desain Grafis

Seorang yang menggeluti industri desain grafis disebut dengan istilah graphic design. Hasil dari pekerjaan di industri desain grafis adalah grafis motion, tipografi, fotografi, ilustrasi dan bahkan videografi. Saat ini, pekerjaan desain grafis sangat dibutuhkan baik untuk media cetak maupun elektronik.

Seorang desainer grafis harus memiliki skills untuk membuat konsep visual, baik secara manual maupun digital dengan menggunakan software atau aplikasi desain seperti CorelDRAW atau lainnya. Oleh sebab itu, jika kamu ingin menjadi desainer grafis profesional, kamu perlu menguasai skills terkait dengan desain grafis.

Lalu, berapa gajinya? Besaran gaji di industri desain grafis tergantung dari skills yang dikuasainya. Untuk pemula, gaji yang ditawarkan sekitar Rp42 juta per tahun atau Rp3,7 juta per bulan. Ada juga yang dibayar per jam dengan besaran sekitar Rp21 ribu per jam.

Profesi Desain Grafis dan Gajinya - GAMELAB.ID (5)

Makin tinggi kemampuan atau skills desain grafis yang kamu miliki dan makin lama pengalaman kamu di industri ini, maka gaji yang bisa kamu terima juga makin besar. Tapi, setidaknya gaji untuk tingkat pemula pun sudah cukup besar, kan? Untuk lebih jelasnya, simak jenis pekerjaan desain grafis dan gajinya di bawah ini.

Jenis Pekerjaan Desain Grafis

Besaran gaji pekerjaan desain grafis tergantung dari skills yang kamu kuasai atau bidang yang kamu tekuni. Berikut ini penjelasan detailnya:

Graphic Designer

Jenis pekerjaan utama di industri desain grafis adalah graphic designer. Seorang graphic designer sangat dibutuhkan oleh perusahaan, terutama perusahaan yang bergerak di industri kreatif. Selain itu, seorang graphic designer juga dibutuhkan di berbagai bidang agensi seperti perfilman, periklanan hingga perusahaan video games.

Graphic designer juga dapat melakukan pekerjaan seperti membuat logo, layout, stiker, katalog, banner, desain merchandise dan lain-lain. Kamu bisa mengikuti kelas Menguasai CorelDRAW Dari Dasar Sampai Ahli untuk membuat logo, banner dan lainnya. Adapun untuk gajinya berkisar di angka sekitar Rp3 juta per bulan. Tapi, ini juga tergantung dari jam kerjanya ya.

Web Designer

Bagi kamu yang telah menekuni industri desain grafis, kamu juga berkesempatan untuk menjadi seorang web designer. Seperti namanya, seorang web designer fokus pada membuat tampilan website yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan atau keinginan klien.

Cakupan pekerjaan web designer mulai dari membuat desain visual website hingga isi kontennya. Untuk rentang gajinya sendiri berada di angka sekitar Rp4 juta ke atas per bulan. Artinya, kamu berkesempatan untuk mendapatkan gaji di atas Rp4 juta per bulan lho.

Visual Designer

Profesi berikut di industri desain grafis adalah visual designer. Seorang visual designer biasanya bekerja di industri percetakan dan penerbitan. Jika kamu memilih menjadi seorang visual designer, kamu akan bertanggung jawab terhadap kebutuhan visual dan kualitas hasil cetak.

Untuk besaran gajinya, seorang visual designer dapat memperoleh gaji sekitar Rp3 juta ke atas per bulan. Angka ini baru perkiraan saja karena pada kenyataannya kamu bisa mendapatkan gaji di atas Rp3 juta per bulan atau bisa juga di bawahnya.

Illustrator

Jenis pekerjaan desain grafis yang satu ini sedang hits. Dengan menjadi seorang ilustrator berarti kamu akan melakukan pekerjaan seputar pembuatan gambar untuk berbagai kebutuhan. Misalnya gambar untuk iklan, storyboard atau bahkan untuk buku.

Seorang ilustrator dibutuhkan oleh perusahaan yang fokus di bidang biro agensi iklan, production house hingga perusahaan penerbitan. Bila kamu menekuni pekerjaan ini, setidaknya kamu dapat memperoleh gaji sebesar Rp4,7 juta per bulan.

Profesi Desain Grafis dan Gajinya - GAMELAB.ID (4)

Animator 

Pekerjaan di industri desain grafis yang bisa kamu pilih selanjutnya adalah animator. Seperti namanya, seorang animator adalah orang yang membuat animasi atau kartun. Seorang animator dapat bekerja di rumah produksi untuk menghasilkan video, game atau bahkan film.

Untuk animator pemula, gaji yang ditawarkan bisa sampai Rp4 juta per bulan. Sedangkan untuk animator profesional dengan karya animasi yang sudah terkenal bisa mencapai angka dua digit (Rp10 juta ke atas). Jika kamu memilih untuk menjadi animator, kamu juga bisa memiliki Channel YouTube sendiri dan berpotensi menghasilkan lebih banyak keuntungan.

Creative Director

Seorang creative director menempati posisi penting di dalam industri desain grafis atau industri kreatif secara umum. Seorang creative director memiliki tugas untuk mengarahkan konsep kreatif dari setiap proyek.

Biasanya, creative director lebih sering bekerja di perusahaan yang berkecimpung di industri pertelevisian atau periklanan. Untuk gaji atau penghasilan per bulannya juga cukup besar. Seorang creative director dapat mengantongi gaji mulai dari Rp3,5 juta hingga Rp7 juta atau bahkan lebih untuk level profesional.

Art Director

Art Director dapat menjadi opsi selanjutnya buat kamu yang menyukai dunia desain grafis. Pekerjaan art director biasanya berhubungan dengan advertising atau periklanan. Oleh sebab itu, kamu bisa bekerja di agensi atau perusahaan advertising.

Tanggung jawab art director meliputi membuat konsep, ide hingga strategi pemasaran yang tepat. Selain itu, art director juga memiliki tanggung jawab untuk menerjemahkan teks dari seorang copywriter menjadi bentuk visual yang mudah dipahami audiens.

Untuk gajinya, art director dapat mengantongi gaji per bulan hingga dua digit untuk level profesional. Tapi, untuk level pemula sekali pun gaji yang ditawarkan juga sudah cukup besar, yakni di atas UMR/UMK.

Fotografer

Jenis pekerjaan di industri desain grafis yang bisa kamu pilih selanjutnya adalah menjadi seorang fotografer. Sebagian orang menganggap bahwa industri fotografi berbeda dengan dengan desain grafis, padahal sebenarnya masih ada hubungan yang sangat kuat.

Seorang fotografer tidak hanya dituntut untuk dapat mengambil gambar yang bagus, tetapi juga mengeditnya. Kamu bisa menggunakan berbagai aplikasi atau software untuk edit foto agar hasil foto menampilkan karakter atau pesan yang kuat.

Untuk besaran gajinya bisa dihitung per proyek. Satu proyek nilainya bisa mencapai Rp4 juta atau bahkan lebih. Selain mengerjakan proyek dari agensi atau perusahaan, kamu juga bisa menjual hasil foto di berbagai platform jual beli foto atau gambar seperti Shutterstock, Pexels, Microstok dan lain-lain. Metode pembayaran di platform ini biasanya dengan nominal dolar.

Profesi Desain Grafis dan Gajinya - GAMELAB.ID (3)

Videografer

Hampir sama dengan seorang fotografer, bedanya seorang videografer menghasilkan gambar bergerak dan suara. Saat ini, seorang videografer dimudahkan dengan berbagai teknologi seperti kamera canggih hingga drone untuk menghasilkan karya video yang mengesankan.

Setelah itu, kamu bisa mengedit video agar warnanya lebih kuat dan suaranya lebih jelas. Konten video yang berkualitas sangat disukai oleh perusahaan dan kamu bisa mengerjakan proyek pembuatan video. Selain itu, kamu juga bisa meng-upload atau mengunggahnya di YouTube, TikTok atau Instagram.

Untuk gajinya, biasanya dihitung per proyek atau ada juga yang dibayar per bulan. Kira-kira besaran gaji seorang videografer adalah sekitar Rp3 juta hingga Rp10 juta per bulan. Jika sudah terkenal, bahkan per proyek nilainya bisa mencapai tiga digit.

Baca Juga : Langkah-langkah Mudah Cara Belajar Desain Grafis dari Nol!

Penutup

Ternyata jenis pekerjaan di industri desain grafis atau graphic design sangat banyak dan besaran gajinya pun berbeda-beda. Kamu bisa memilih untuk menekuni salah satu bidang pekerjaan desain grafis di atas.

Tapi, sebelum kamu terjun di industri desain grafis, ada baiknya untuk mengikuti Kelas Desain di GAMELAB.ID. Ada banyak pilihan kelas sesuai dengan passion dan bidang pekerjaan desain grafis yang akan kamu tekuni. Yuk, segera daftar kelasnya sekarang!


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Kamis, 23 Februari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI