BERITA TEKNOLOGI Mengenal Apa Itu Teknologi Digital dan Manfaatnya [Anak SMK Wajib Tahu]

Mengenal Apa Itu Teknologi Digital dan Manfaatnya [Anak SMK Wajib Tahu]

Oleh Syamsul Arifin | Selasa, 21 Februari 2023

Mengenal Apa Itu Teknologi Digital dan Manfaatnya [Anak SMK Wajib Tahu]

Kehidupan manusia saat ini sudah tidak bisa lepas dari teknologi digital. Teknologi ini terbukti membantu mempermudah berbagai aktivitas dan pekerjaan manusia modern saat ini. Yuk, cari tahu apa itu teknologi digital dan manfaatnya.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Hampir semua jurusan di SMK akan berhubungan dengan istilah teknologi digital. Misalnya jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak), TKJ (Teknik Komputer dan Jaringan), Bisnis dan Manajemen dan jurusan lainnya. Ini karena hampir semua lini kehidupan saat ini bersinggungan dengan teknologi digital. Apakah kamu tahu apa itu teknologi digital?

Apa Itu Teknologi Digital?

Sebelum mengenal istilah teknologi digital, kamu perlu tahu arti dasar dari istilah teknologi itu sendiri. Teknologi adalah ilmu yang memiliki keterkaitan dengan mesin atau alat, yang tujuan penciptaannya adalah untuk mempermudah pekerjaan manusia. 

Sehingga, teknologi digital berhubungan dengan alat digital (terkomputerisasi) yang dapat mempermudah pekerjaan atau menyelesaikan masalah manusia. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini.

Teknologi digital adalah alat dengan sistem komputerisasi dan pengoperasian yang otomatis (tanpa tenaga manusia). Pada dasarnya, teknologi digital adalah sistem penghitungan yang super cepat dan dapat memproses semua informasi dengan akurat.

Saat ini, perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan besar pada semua bidang mulai dari sistem informasi, pendidikan, kesehatan, ekonomi dan banyak lagi. Artinya, siapa yang bisa memanfaatkan teknologi digital, maka dia dapat menciptakan banyak peluang untuk sukses.

Jika kamu adalah siswa/siswi SMK dan dapat menciptakan produk digital seperti game atau aplikasi smartphone, maka kamu memiliki potensi yang sangat besar untuk bisa sukses di masa depan. Kamu bisa menjual produk digital yang kamu ciptakan atau dengan sistem langganan (subscription) dan mendapatkan keuntungan.

Teknologi digital adalah inovasi serta hasil pengembangan dari penciptanya. Keberadaan teknologi digital ini mampu memudahkan berbagai aktivitas dan kebutuhan manusia modern. Salah satu contoh teknologi digital yang saat ini berkembang sangat pesat adalah teknologi informasi berbasis digital yang dapat kamu akses dengan mudah melalui HP atau smartphone, kacamata VR, tablet dan lain sebagainya.

Teknologi Digital - GAMELAB.ID

Perbedaan Teknologi Analog dan Digital

Teknologi digital dan analog jelas berbeda. Teknologi analog sendiri adalah teknologi peralihan dari teknologi mekanis ke teknologi digital. Alat yang menggunakan teknologi analog sudah memiliki program tertentu dengan sistem pengaturan tertentu. Tapi memiliki kekurangan seperti lemah dalam mengukur secara teliti dan proses untuk mengolah informasi yang berlangsung cukup lama.

Contoh produk dari teknologi analog misalnya seperti TV atau komputer analog. Produk ini sudah memiliki sistem dan program tertentu tapi masih ada kelemahan baik dari kemampuan menyajikan gambar hingga pengolahan data di dalamnya.

Berbeda dengan teknologi digital di mana sistemnya sudah berbasis komputer dengan kecepatan tinggi dan hasil pengolahan informasi yang akurat. Teknologi digital saat ini bahkan didukung oleh berbagai inovasi terbaru. Misalnya seperti smartphone atau tablet terbaru yang dapat membantu pekerjaan manusia saat ini.

Manfaat Teknologi Digital di Berbagai Bidang

Setelah mengetahui definisi teknologi digital dan perbandingannya dengan teknologi analog, sekarang kamu akan lihat manfaat atau contoh penggunaan teknologi digital di berbagai bidang. Silakan simak penjelasan berikut ini:

Bidang Perbankan

Saat ini, pengambilan dan penyetoran uang dapat dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet. Artinya, kamu bisa melakukan setor atau ambil uang secara online, tidak perlu bantuan teller bank. Aktivitas setor dan tarik tunai ini bisa kamu lakukan kapan saja dan di mana saja selama ada mesin ATM dari bank.

Selain itu, teknologi digital di industri perbankan ini dapat kamu temukan dengan mudah dalam aplikasi smartphone. Dengan aplikasi tersebut (mobile banking), kamu bisa melakukan transaksi secara online kapan saja dan di mana saja, selama ada jaringan internet. Kamu pun bisa melakukan semuanya hanya melalui smartphone.

Teknologi Digital - GAMELAB.ID

Bidang Telekomunikasi

Salah satu industri yang mengalami perkembangan sangat pesat karena teknologi digital adalah industri telekomunikasi. Saat ini, dengan hadirnya smartphone semua sudah tidak ada batasan. Komunikasi antarnegara sekalipun bisa dilakukan secara real time.

Berbagai produk digital seperti media sosial, game dan lainnya telah menghubungkan banyak orang dari berbagai dunia dalam satu waktu. Bahkan tayangan seperti live streaming dapat dilakukan dengan mudah selama ada jaringan internet yang stabil.

Bidang Bisnis dan Manajemen

Berkat perkembangan digital, pebisnis pun merasakan dampak positifnya. Sekarang, kegiatan bisnis pun dapat dilakukan dengan lebih mudah. Kamu cukup membuat toko online dan memasarkan produk secara online. Sehingga kegiatan bisnis ini dapat dilakukan dari rumah atau dari mana saja, selama ada jaringan internet.

Untuk strategi pemasarannya juga sudah dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital. Strategi ini biasanya dikenal dengan istilah digital marketing. Bagi semua orang yang ingin bersaing di industri ini, termasuk kamu yang ingin menjadi pebisnis, mau tidak mau harus mengenal apa itu digital marketing dan bagaimana memanfaatkannya.

Bidang Pendidikan

Tentu saja, pendidikan juga salah satu sektor yang mengalami perubahan signifikan berkat adanya teknologi digital. Dengan memanfaatkan teknologi digital, kegiatan pembelajaran dan pelatihan sekarang lebih menyenangkan dan dapat dilakukan di mana saja serta kapan saja.

Contoh lembaga pelatihan yang memanfaatkan teknologi digital untuk pembelajaran dan pelatihan adalah GAMELAB.ID. Kamu dapat mengikuti Kelas Online di GAMELAB.ID dengan mudah, cukup dari smartphone, tablet, laptop atau komputer. Pastinya, kamu juga membutuhkan jaringan internet untuk bisa mengikuti Kelas Online di GAMELAB.ID.

Teknologi Digital - GAMELAB.ID

Baca Juga : Inovasi Pembelajaran: Bagaimana IoT Mengubah Lanskap Pendidikan Modern

Penutup

Selain bidang-bidang di atas, masih banyak bidang lain yang memanfaatkan teknologi digital. Misalnya bidang kesehatan di mana saat ini rekam medis pasien sudah dapat diakses secara online. Kesimpulannya adalah bahwa saat ini hampir semua bidang sudah memanfaatkan teknologi digital untuk mempermudah pekerjaan dan aktivitas manusia.

Tentu saja, sebagai siswa SMK kamu memiliki potensi yang sangat besar untuk ikut meramaikan industri yang memanfaatkan teknologi digital. Misalnya membuat aplikasi, game, buku interaktif dan lainnya yang dapat memecahkan masalah atau mempermudah pekerjaan manusia modern.

Tapi, untuk bisa menjadi ‘pemain’ di industri yang besar ini, kamu harus memiliki skills yang mumpuni. Beruntungnya, di GAMELAB.ID kamu dapat memilih Kelas Online sesuai dengan passion atau minat kamu. 

Bahkan, jika sekolah SMK kamu sudah mengikuti Program SMK Binaan, kamu dapat mengikuti Kelas Industri yang akan menyiapkan kamu agar lebih siap untuk kerja atau berwirausaha di era digital sekarang ini. Yuk, segera daftar kelas online di GAMELAB.ID.

Hidupmu bahagia kalau pernah main game papan ini! Main game ULAR TANGGA sekarang bisa lewat HP dan bisa main rame-rame.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Selasa, 21 Februari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI