BERITA BISNIS & ADMINISTRASI Apa Itu Internet Marketing: Jenis-Jenis dan Perbedaannya dengan Digital Marketing

Apa Itu Internet Marketing: Jenis-Jenis dan Perbedaannya dengan Digital Marketing

Oleh Syamsul Arifin | Kamis, 23 Februari 2023

Apa Itu Internet Marketing: Jenis-Jenis dan Perbedaannya dengan Digital Marketing

Internet Marketing adalah strategi pemasaran dengan memanfaatkan jaringan internet. Oleh sebab itu, segala aktivitas pemasaran melalui internet disebut dengan internet marketing. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak artikel ini ya.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Buat yang memilih Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK, kamu harus tahu dan mengenal apa itu internet marketing, jenis-jenisnya hingga perbedaannya dengan digital marketing. Ini karena jurusan yang kamu pilih pun akan berhubungan dengan istilah internet marketing.

Pengertian Internet Marketing

Internet marketing adalah strategi pemasaran dengan memanfaatkan jaringan internet. Artinya, kamu akan melakukan strategi pemasaran, termasuk branding dan mengiklankan produk dengan menggunakan internet. Secara singkat, internet marketing adalah semua kegiatan pemasaran melalui jaringan internet.

Tujuan internet marketing adalah untuk promosi, meningkatkan jumlah penjualan, branding atau awareness hingga memengaruhi konsumen untuk membeli barang atau menggunakan jasa yang ditawarkan melalui jaringan internet atau secara online. Sehingga, semua kegiatan marketing di sini akan dilakukan secara online.

Jenis-Jenis (Strategi) Internet Marketing

Ada beberapa strategi atau jenis internet marketing yang biasanya digunakan oleh seorang internet marketer. Jenis internet marketing adalah strategi yang digunakan untuk melakukan pemasaran secara online. Simak ulasan berikut ya!

1. E-mail Marketing

E-mail marketing adalah salah satu jenis internet marketing yang umum digunakan. Strategi pemasaran ini menggunakan media e-mail untuk memasarkan produk baik barang atau jasa. 

Untuk menggunakan e-mail marketing, kamu membutuhkan tool atau software untuk mengirim e-mail ke banyak penerima. Sebelum kamu mengirim e-mail marketing, kamu harus memiliki database berupa alamat e-mail dari orang-orang yang menjadi target atau penerima e-mail.

E-mail marketing sangat cocok untuk meningkatkan brand awareness, menjaga loyalitas pelanggan, menjalin relasi dan lain-lain. Oleh sebab itu, e-mail marketing masih digunakan hingga saat ini.

Internet Marketing - GAMELAB.ID (5)

2. Social Media Marketing

Seperti namanya, internet marketing yang satu ini menggunakan media sosial untuk memasarkan produk baik barang atau jasa. Agar berhasil, social media marketing sangat berkaitan dengan kualitas konten.

Ada juga yang menggunakan iklan berbayar sebagai strategi pemasaran. Iklan berbayar ini diatur agar tampil atau tayang di media sosial tertentu seperti iklan berbayar di Facebook, Instagram, TikTok dan lain sebagainya.

3. Search Engine Optimization (SEO)

SEO (Search Engine Optimization) adalah strategi internet marketing dengan mengoptimalkan situs atau halaman website. Dengan SEO, halaman website bisa tayang di halaman pertama di mesin pencarian dan berpotensi untuk meningkatkan traffic ke website.

Penerapan strategi internet marketing dengan SEO ini bisa dilakukan dengan cara off-page atau on-page. Kedua cara tersebut terbukti efektif untuk meningkatkan traffic atau jumlah kunjungan website.

4. Search Engine Marketing (SEM)

SEM (Search Engine Marketing) adalah strategi pemasaran atau internet marketing dengan mengiklankan produk baik barang atau jasa melalui mesin pencari. Mungkin kamu pernah melihat iklan pada saat kamu melakukan pencarian dengan mesin pencari seperti Google Search.

5. Pay-per-Click (PPC)

PPC (Pay-per-Click) adalah strategi internet marketing dengan sistem membayar iklan setiap kali ada yang mengeklik iklan tersebut. Jadi, di sini kamu akan mengiklankan produk di internet seperti website, mesin pencari atau bahkan media sosial. Iklan ini bisa berbentuk teks, video, gambar atau lainnya.

Internet Marketing - GAMELAB.ID (3)

Tapi, kamu tidak perlu membayar iklan itu terus-menerus seperti iklan berbayar di media sosial di mana kamu harus membayar selama iklan tersebut tayang. Di sini, kamu hanya perlu membayar iklan setiap kali ada pengguna internet yang mengeklik iklan kamu.

6. Affiliate Marketing

Affiliate marketing adalah strategi internet marketing dengan melibatkan dua pihak yakni pihak merchant (brand atau perusahaan) dan affiliator atau affiliate marketer. Seorang affiliate marketer akan mengiklankan produk merchant dan setiap kali ada pembeli, affiliate marketer akan mendapatkan komisi.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membaca artikel Mengenal Apa Itu Affiliate Marketing: Definisi, Cara Kerja dan Tips Menjadi Affiliate Marketer Sukses. Di artikel tersebut kamu akan memahami lebih detail tentang affiliate marketing dan cara kerjanya.

7. Retargeting

Mungkin kamu jarang mendengar istilah retargeting. Retargeting adalah strategi internet marketing yang sangat sering digunakan. Seperti namanya, strategi ini akan menargetkan orang atau pengguna internet yang sudah berkunjung ke website kamu.

Jadi, setelah mereka berkunjung ke website kamu, mereka akan melihat iklan dari website tersebut. Nah, data mereka akan tersimpan secara otomatis oleh tools retargeting seperti Google Ads, Penargetan Ulang Facebook dan platform penargetan ulang lainnya. Nah, untuk melakukan strategi retargeting ini, kamu membutuhkan bantuan tools tersebut.

Internet Marketing - GAMELAB.ID (4)

Perbedaan Internet Marketing dan Digital Marketing

Ternyata tidak sedikit yang masih bingung tentang perbedaan internet marketing dan digital marketing. Sekilas keduanya memang tampak sama, namun dari segi penerapannya kedua strategi pemasaran ini berbeda. Perbedaan keduanya ada pada teknisnya.

Istilah digital marketing digunakan untuk strategi pemasaran melalui saluran digital secara umum seperti media sosial dan TV. Sehingga, bisa dikatakan bahwa digital marketing adalah strategi marketing yang dilakukan pada semua platform digital, tidak hanya terbatas pada platform digital yang terkoneksi ke internet.

Sedangkan internet marketing adalah bagian dari digital marketing. Internet marketing adalah strategi pemasaran yang eksklusif dengan hanya melalui saluran internet. Oleh sebab itu, strategi pemasaran melalui TV tidak termasuk ke dalam internet marketing kecuali smart TV yang sudah terkoneksi ke internet.

Baca Juga : Membangun Content Pillar, Landasan Utama dalam Mengupayakan Content Marketing!

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu kan arti dari internet marketing, jenis-jenis dan perbedaannya dengan digital marketing? Jelasnya, untuk menjalankan strategi marketing melalui internet, kamu membutuhkan skills yang berhubungan dengan internet marketing.

Kamu bisa memulai dengan mengikuti Kelas Marketing dan Kelas Bisnis di GAMELAB.ID. Di dalam Kelas Bisnis, ada banyak pilihan materi yang sesuai dengan passion. Misalnya seperti kelas Membuat Web dan Toko Online, Memasarkan Produk dan Jasa Melalui Instagram untuk Menjadi Digital Marketer dan masih banyak lagi. Yuk, segera daftar kelasnya sekarang!


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Kamis, 23 Februari 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI