BERITA PRAKERJA Ternyata Ini 10 Penyebab Gagal Lolos Daftar Program Kartu Prakerja

Ternyata Ini 10 Penyebab Gagal Lolos Daftar Program Kartu Prakerja

Oleh Syamsul Arifin | Senin, 13 Maret 2023

Ternyata Ini 10 Penyebab Gagal Lolos Daftar Program Kartu Prakerja

Penyebab gagal lolos Program Kartu Prakerja ada cukup banyak. Sebaiknya kamu hindari 10 hal berikut ini agar bisa lolos Program Kartu Prakerja 2023 dan mendapatkan insentif sebesar Rp4,2 juta.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Kamu perlu tahu jika tidak semua pendaftar Kartu Prakerja akan lolos. Artinya, sebagian pendaftar akan gagal lolos kartu Prakerja. Ternyata ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan lolos atau gagalnya pendaftar Kartu Prakerja.

Penyebab Gagal Lolos Prakerja 

Penyebab utama dari gagal lolosnya pendaftar Program Kartu Prakerja adalah masalah administrasi yang tidak lengkap atau tidak bisa diverifikasi. Yang termasuk dalam administrasi adalah seperti data diri dan berkas atau data pendukung lainnya.

Sebagai informasi, pihak Kartu Prakerja selalu melakukan sinkronisasi data pendaftar dengan database lain milik pemerintah. Misalnya seperti menyinkronkan data pendaftar dengan data dari Kemdikbud. Jika ternyata data pendaftar tidak sesuai, maka pihak Kartu Prakerja tidak bisa meloloskannya.

Kamu juga perlu tahu bahwa pihak Kartu Prakerja menerima calon peserta Kartu Prakerja secara proporsional. Penerimaan calon peserta ini berdasarkan jumlah kuota di masing-masing provinsi, kota atau kabupaten yang telah ditentukan sebelumnya.

Sehingga, jika misalnya kuota suatu kabupaten adalah 500 orang per gelombang dan pendaftarnya adalah 600 orang, maka sebanyak 100 orang bisa dipastikan gagal lolos Kartu Prakerja. Untuk itu, kamu bisa melakukan registrasi ulang untuk mengikuti gelombang berikutnya.

10 Penyebab Gagal Lolos Prakerja

Selain yang telah disebutkan di atas, setidaknya terdapat 10 penyebab gagal lolos Program Kartu Prakerja yang paling sering terjadi. Apa saja? Kamu bisa membacanya di bawah ini.

1. Data KTP Tidak Sesuai

Penyebab paling umum dari gagal lolos seleksi Kartu Prakerja adalah ketidaksesuaian antara KTP dengan data dari pemerintah. Hal ini bisa terjadi ketika kamu membuat KTP baru atau terjadi perubahan alamat.

Untuk itu, kamu harus mendatangi Dukcapil dan melakukan update data pada KTP. Tapi, bisa jadi KTP sudah benar tapi kamu tetap alami gagal login sehingga kamu tidak bisa lolos Prakerja. Cari tahu solusi gagal login padahal KTP sudah terdaftar di sini.

2. Termasuk Dalam Daftar Orang yang Dilarang

Pendaftaran Kartu Prakerja hanya boleh dilakukan oleh orang yang membutuhkan peningkatan keterampilan. Tapi, ada beberapa kelompok orang yang dilarang untuk mendaftar Kartu Prakerja walaupun secara individu bisa saja membutuhkan peningkatan keterampilan tersebut.

Misalnya adalah pejabat negara, ASN, anggota Polri/TNI, pemimpin atau anggota dewan daerah, kepala desa, perangkat desa hingga direksi atau komisaris BUMD dan BUMN. Jika kamu termasuk ke dalam kelompok tersebut, maka kamu pun akan gagal lolos Prakerja.

Penyebab Gagal Lolos Prakerja - GAMELAB.ID

3. Terdapat Lebih dari 2 Penerima dalam 1 KK (Kartu Keluarga)

Pemerintah telah menetapkan bahwa dalam 1 KK hanya dibolehkan 2 NIK KTP yang mendaftar. Jika di keluarga kamu sudah ada yang mendaftar Kartu Prakerja sebanyak 2 orang, maka yang ketiga bisa dipastikan akan gagal lolos Prakerja.

4. Tidak Memenuhi Syarat Usia

Batasan usia untuk mendaftar Kartu Prakerja adalah minimal 18 tahun dan maksimal usianya adalah 64 tahun. Jika kamu baru lulus SMK dan belum genap 18 tahun, bahkan kurang 1 hari sekalipun, kamu akan gagal lolos Prakerja alias tidak akan mendapatkan insentif Prakerja Rp4,2 juta.

5. Kuota Penerima Telah Terpenuhi

Pada saat kamu mendaftar gelombang Prakerja, ada notifikasi yang muncul yang mengatakan ‘silahkan coba lagi pada gelombang selanjutnya’ atau semisalnya, itu berarti kuota Prakerja sudah penuh. Artinya, secara administrasi kamu sudah berhasil, hanya saja kuota Prakerja telah terpenuhi. 

Jika ini terjadi, maka kamu harus selalu update dengan informasi terbaru terkait pembukaan gelombang Prakerja terbaru. Jika sudah dibuka, kamu harus segera melakukan pendaftaran dan klik ‘gabung gelombang’.

6. Hasil Tes Online Tidak Lolos

Penyebab gagal lolos Prakerja yang paling umum berikutnya adalah hasil tes online yang kamu kerjakan masih di bawah standar. Untuk itu, kamu harus mengerjakan tes online dengan sungguh-sungguh, tidak boleh asal atau sembarangan. 

Tes online yang meliputi tes motivasi dan kemampuan dasar adalah salah satu persyaratan yang harus kamu penuhi untuk menjadi penerima manfaat Kartu Prakerja. Nilai yang masih ada di bawah standar otomatis akan membuat kamu gagal lolos Prakerja.

Penyebab Gagal Lolos Prakerja - GAMELAB.ID

7. Salah Tulis Pernyataan

Pada saat kamu mendaftarkan akun Prakerja, ada pertanyaan dengan opsi jawaban ‘Ya’ dan ‘Tidak’. Misalnya adalah pertanyaan ‘Apakah kamu adalah Komisaris, Direksi atau Dewan Pengawas BUMD?’ Semestinya kamu harus menjawab ‘Tidak’. Jika kamu tidak teliti, kamu bisa saja melakukan kesalahan dengan menjawab ‘Ya’.

Jadi, dari mulai mendaftarkan akun Prakerja hingga mendaftar gelombang Prakerja, kamu harus teliti. Jika kamu salah menjawab seperti disebutkan di atas, maka kamu bisa dipastikan akan gagal lolos Prakerja.

8. Email Tidak Aktif atau Gagal Login Email

Pada saat kamu melakukan pendaftaran akun Prakerja, kamu harus menyertakan email aktif. Setelah kamu memiliki akun, kamu harus melakukan registrasi untuk join atau bergabung dengan gelombang Prakerja yang masih dibuka.

Nah, pada saat melakukan pendaftaran, untuk proses verifikasi pihak Prakerja akan mengirimkan kode OTP yang dikirim ke email kamu. Tapi, ternyata email sudah tidak aktif atau kamu lupa password dan tidak bisa login. Proses pendaftaran yang tidak diverifikasi dengan kode OTP bisa membuat kamu gagal lolos Prakerja.

9. Upload KTP Tidak Jelas

Upload atau mengunggah KTP (Kartu Tanda Penduduk) di platform Prakerja adalah sebuah keharusan. Kamu harus memfoto KTP kamu dengan jelas sehingga proses verifikasi data (administrasi) bisa lebih cepat. 

Jika hasil foto KTP buram, tidak jelas, atau KTP rusak maka dapat membuat kamu gagal lolos Prakerja. Untuk itu, pastikan foto jelas, terang dan KTP dalam keadaan yang baik.

10. Tidak Mengisi Form Pernyataan Setelah Gagal 3 Kali

Jika kamu telah mengikuti pendaftaran Kartu Prakerja selama 3 kali dan gagal berturut-turut, maka kamu harus mengisi form pernyataan gagal 3 kali. Silakan download file form surat pernyataan berikut ini dan isi datanya secara benar. 

Surat Pernyataan Gagal Daftar Prakerja 3 Kali

Jangan lupa gunakan e-materai atau materai biasa dan kirimkan form tersebut ke alamat email kepesertaan@prakerja.go.id. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa ikuti tutorialnya di link ini.

Penyebab Gagal Lolos Prakerja - GAMELAB.ID

Baca Juga : Jadi Desainer Poster Dadakan? Tips Membuat Desain Poster yang Memukau dalam Sekejap!

Penutup

Jadi, jika sebelumnya kamu gagal lolos Prakerja, tidak perlu berkecil hati. Masih ada kesempatan untuk mengikuti gelombang berikutnya. Pastikan untuk menghindari beberapa kesalahan atau penyebab gagal lolos Prakerja di atas. Gunakan juga surat pernyataan tersebut di atas jika sudah gagal 3 kali.

Selain itu, sebaiknya kamu rencanakan juga akan mengikuti kelas atau pelatihan seperti apa jika sudah diterima menjadi penerima manfaat Kartu Prakerja. Sebagai saran, ikuti pelatihan yang akan membantu kamu meningkat skills yang dibutuhkan oleh banyak perusahaan saat ini.

Misalnya dengan belajar dan meningkatkan skills untuk membuat musik digital. Skills ini dibutuhkan di berbagai industri kreatif terutama perfilman, video/animasi, channel YouTube, hingga industri game. 

Salah satu software yang digunakan untuk membuat musik digital adalah FL Studio. Kamu bisa belajar dan menguasai FL Studio dengan memanfaatkan saldo Prakerja untuk mengikut kelas Membuat Musik Digital Menggunakan FL Studio Untuk Menjadi Multimedia Designer. Yuk, segera daftar sekarang!


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Senin, 13 Maret 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI