BERITA PRAKERJA Mengenal FL Studio: Aplikasi Musik Digital yang Digunakan Alan Walker

Mengenal FL Studio: Aplikasi Musik Digital yang Digunakan Alan Walker

Oleh Syamsul Arifin | Selasa, 14 Maret 2023

Mengenal FL Studio: Aplikasi Musik Digital yang Digunakan Alan Walker

FL Studio adalah aplikasi atau software untuk membuat musik digital. Kamu bisa menciptakan berbagai jenis musik digital dari musik modern, pop, rock bahkan musik tradisional khas Indonesia.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Musik digital saat ini menjadi kebutuhan bagi perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif. Beberapa perusahaan yang sangat membutuhkan tenaga ahli di bidang musik digital adalah industri perfilman, game dan aplikasi, video/animasi dan industri kreatif digital lainnya. Bagi kamu yang memilih jurusan Multimedia di SMK atau di Perguruan Tinggi, kamu harus tahu tentang musik digital dan peluang kerjanya. 

Mengenal Apa Itu Musik Digital

Musik digital adalah jenis musik yang dibuat melalui software digital. Musik digital bisa juga berarti reproduksi suara yang didapatkan dari sinyal digital dan telah diubah ke asalnya hingga menjadi sinyal analog.

Arti lain dari musik digital adalah perekaman suara digital dengan menggunakan pengkodean angka biner yang dihasilkan dari perubahan sinyal suara analog dengan bantuan frekuensi sampling. Walau terdengar rumit, musik digital adalah industri yang sangat menyenangkan, terutama bagi kamu yang memiliki jiwa kreatif.

Apalagi, saat ini kamu dapat menggunakan software digital untuk membuat beraneka ragam jenis musik. Dengan software musik digital ini, kamu bisa membuat musik yang menyenangkan, musik instrumental, dan jenis musik lainnya.

Oleh sebab itu, skill untuk membuat musik digital ini sangat dibutuhkan di berbagai industri kreatif digital seperti rumah produksi film, animasi/video hingga rumah produksi game seperti Educa Studio. Sehingga, peluang kerjanya sangat luas sekali. Begitu juga dengan kisaran gajinya. Jika kamu ahli dalam membuat musik digital, kamu berpotensi mendapatkan gaji hingga 2 digit.

FL Studio, Software Pembuat Musik Digital Terbaik

Salah satu aplikasi terbaik untuk membuat musik digital adalah FL Studio (Fruity Loops). FL Studio adalah aplikasi untuk merekam, membuat audio (lagu) dan mengubah audio. Aplikasi atau software ini dikeluarkan oleh perusahaan kreatif bernama Image-Line.

Awalnya, FL Studio hanyalah software drum midi sederhana. Tetapi, saat ini FL Studio digunakan oleh para musisi yang menggeluti dunia musik EDM (Electronic Dance Music). Ada banyak musisi dunia yang menggunakan aplikasi FL Studio untuk bermain musik. Contohnya adalah David Guetta, Alan Walker, Martin Garrix dan lainnya.

Beberapa fitur FL Studio adalah seperti:

- Playlist Track: fitur untuk menyatukan berbagai pattern menjadi satu track

- Sequencer: fitur untuk menaruh berbagai sample musik/instrument

- Pattern Selector: fitur untuk menambahkan jumlah pattern

- Browser View: fitur untuk menaruh berbagai data penunjang FL Studio seperti packs instrument

- Mixer: fitur untuk mengecilkan atau memperbesar suara instrument/musik (equilizer)

- Tempo: fitur untuk mengubah tempo (berbentuk Beat per Minute/BPM)

FL Studio - image-line.com - GAMELAB.ID

Walau demikian, bukan berarti FL Studio hanya untuk mereka yang menjadi musisi EDM. FL Studio juga dapat kamu gunakan untuk membuat musik dengan berbagai genre seperti rock, pop dan dangdut.

Bahkan, kamu juga bisa menggunakan FL Studio untuk membuat musik dengan nuansa etnik atau tradisional. Misalnya seperti jenis musik Karawitan Jawa, Karawitan Sunda, Karawitan Bali dan musik etnik lainnya.

Menariknya lagi, kamu bisa melakukan kolaborasi musik antara musik modern dengan musik tradisional atau lainnya dengan menggunakan FL Studio. Semua tergantung skills dan kreativitas kamu dalam menggunakan aplikasi musik digital terbaik FL Studio.

Keunggulan Aplikasi FL Studio

Ada beberapa keunggulan aplikasi FL Studio untuk membuat musik digital yang perlu kamu ketahui. Silakan pembahasan berikut ini:

1. FL Studio memiliki banyak fitur yang akan membuatmu lebih mudah untuk memproduksi musik digital. 

2. Bisa untuk membuat jenis musik dari genre musik: musik modern, tradisional, pop, rock hingga musik dangdut.

3. Dapat digunakan untuk me-remake musik dengan nuansa RNB dan Hip Hop

4. Banyak pilihan plugin

5. Mendukung multi MIDI-in

6. Tampilan antarmuka responsive

7. Fleksibel

8. Mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun

9. Harganya murah dengan fitur premium

10. Kamu tidak perlu menggunakan alat-alat musik sungguhan untuk menciptakan berbagai genre musik digital

FL Studio - image-line.com - GAMELAB.ID

Baca Juga : Mengintip Dunia Programmer, Apa yang Tidak Dikatakan di Kampus!

Penutup

Tertarik untuk belajar membuat musik dengan aplikasi FL Studio? GAMELAB.ID memiliki kelas khusus untuk kamu yang ingin belajar FL Studio. Bahkan, buat kamu yang lolos sebagai peserta Kartu Prakerja, kamu bisa menggunakan saldo Prakerja kamu untuk membeli kelas ini.

Segera ikuti kelas Membuat Musik Digital Menggunakan FL Studio Untuk Menjadi Multimedia Designer. Di kelas ini, kamu akan belajar membuat musik digital dengan menggunakan FL Studio. Bahkan, kamu akan belajar membuat musik instrumental. Yuk, segera daftar kelasnya dan jika kamu punya pertanyaan seputar kelas FL Studio, silakan hubungi Tim GAMELAB.ID di sini.

 

Sumber gambar: image-line.com


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Selasa, 14 Maret 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI