BERITA PRAKERJA 6 Tips dan Cara Memilih Pelatihan Kartu Prakerja agar Tidak Menyesal!

6 Tips dan Cara Memilih Pelatihan Kartu Prakerja agar Tidak Menyesal!

Oleh Syamsul Arifin | Selasa, 21 Maret 2023

6 Tips dan Cara Memilih Pelatihan Kartu Prakerja agar Tidak Menyesal!

Tips dan cara memilih pelatihan Kartu Prakerja berikut ini dapat membantu kamu agar memilih pelatihan yang tepat dan dari platform yang tepercaya. Pastikan untuk melakukan semua tips yang ada di sini ya.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Program Kartu Prakerja adalah program yang sangat diminati masyarakat Indonesia, terutama para pencari kerja atau pekerja yang membutuhkan peningkatan keterampilan. Untuk menjadi peserta Kartu Prakerja, kamu harus melakukan pendaftaran Kartu Prakerja terlebih dahulu. Setelah itu, tunggu informasi jika kamu diterima. Selanjutnya adalah memilih pelatihan Kartu Prakerja yang tepat.

Tips Memilih Pelatihan Kartu Prakerja

Sebagai informasi, jika kamu diterima sebagai peserta Kartu Prakerja 2023, maka kamu akan mendapatkan insentif sebesar Rp4,2 juta. Dari insentif tersebut, sebanyak Rp3,5 juta harus kamu manfaatkan untuk mengikuti pelatihan Kartu Prakerja. Nah, cara memilih pelatihan Kartu Prakerja yang tepat bisa kamu lihat di bawah ini:

1. Tentukan Skill atau Bidang yang Ingin Kamu Tingkatkan

Cara memilih pelatihan Kartu Prakerja yang pertama adalah kamu tentukan terlebih dahulu skill atau bidang yang ingin kamu tingkatkan. Menentukan skill yang ingin ditingkatkan ini menjadi modal dasar untuk mengetahui potensi dan pekerjaan apa yang tepat untuk kamu.

Dengan begitu, skill yang kamu tingkatkan akan berguna saat kamu bekerja nanti. Selain itu, kamu pun bisa bersaing dengan yang lain untuk terjun di dunia industri.

2. Lakukan Riset Platform Belajar Digital

Kedua, untuk memilih pelatihan Kartu Prakerja yang tepat kamu harus melakukan riset platform digital terlebih dahulu. Ini perlu kamu lakukan sehingga kamu dapat mengetahui apakah platform atau lembaga pelatihan Kartu Prakerja tersebut dapat memenuhi kebutuhan kamu atau tidak.

Dengan melakukan riset platform ini, kamu juga akan mengetahui apakah trainer/mentor dari platform tersebut berpengalaman atau tidak. Trainer yang berpengalaman dan profesional akan membuat pembelajaran dan pelatihan lebih menyenangkan. Kamu pun dapat memahami materi pelatihan dengan baik.

3. Cek Ulasan dan Rating dari Peserta Lain

Cara memilih pelatihan Kartu Prakerja selanjutnya adalah dengan melihat ulasan serta rating platform dari peserta Kartu Prakerja lainnya. Sebenarnya, ini bagian dari riset platform seperti di atas. Hanya saja, di sini kamu perlu memastikan untuk melihat ulasan atau review dan rating platform.

Ulasan dan rating ini menjadi bukti dan ukuran, baik itu kepuasan atau ketidakpuasan peserta Kartu Prakerja lain yang sudah mengikuti pelatihan terlebih dahulu. Tentu saja, sebaiknya kamu memilih platform dengan ulasan positif dan rating tinggi.

Memilih Pelatihan Prakerja - GAMELAB.ID

4. Ikuti Pelatihannya Sampai Selesai

Sebagai peserta Program Kartu Prakerja, kamu sangat beruntung. Di luar sana ada ribuan bahkan jutaan orang yang sudah mendaftar Kartu Prakerja tapi tetap gagal. Oleh sebab itu, jangan sia-siakan untuk mengikuti pelatihan Kartu Prakerja secara serius.

Bukti keseriusan itu adalah mengikuti pelatihan sampai selesai. Ketika kamu menyelesaikan pelatihan, tentu saja kamu akan mendapatkan ilmu serta keterampilan sesuai bidang yang kamu minati. 

Jika kamu tidak menyelesaikan kelas atau pelatihan sebelumnya, maka kamu tidak akan bisa mengambil atau mengikuti pelatihan lainnya. Selain itu, kamu juga tidak akan mendapatkan insentif sebesar Rp600.000.

5. Jangan Lupa untuk Memberikan Ulasan dan Rating

Jika kamu sudah menyelesaikan kelas atau pelatihan, maka kamu harus memberikan ulasan (review) dan rating pada kelas yang kamu selesaikan. Ulasan dan rating kamu sangat berarti bagi mitra atau platform pelatihan dan peserta Kartu Prakerja lainnya yang belum mengikuti kelas tersebut.

Ulasan tersebut bisa tentang materi, penyampaian materi oleh mentor atau trainer hingga kesan lain selama mengikuti kelas tersebut. Selain untuk membantu platform pelatihan dan peserta Kartu Prakerja lain, ulasan kamu juga dibutuhkan sebagai bukti kamu telah menyelesaikan kelas tersebut.

6. Dapatkan Insentif Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja 2023 memiliki insentif yang lebih besar daripada tahun sebelumnya. Untuk saat ini, besaran insentif yang akan kamu terima adalah Rp4,2 juta. Nah, setelah kamu memberi ulasan dan rating, maka kamu bisa mencairkan dana sebesar Rp600.000.

Selain itu, kamu juga masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan insentif sebesar Rp100.000 dari setiap pengisian survei. Jadi, pastikan kamu untuk menyelesaikan kelas, menuliskan ulasan dan memberi rating untuk mendapatkan biaya pengganti transportasi dan internet sebesar Rp600.000 serta mengisi survey untuk mendapatkan Rp100.000.

Memilih Pelatihan Prakerja - GAMELAB.ID

Baca Juga : Lolos Prakerja 2024? Ketahui 17 Unsur Penunjang Desain Grafis agar Kamu Bisa Tembus Kerja di Industri Kreatif Ternama!

Penutup

Jika kamu masih bingung mau pilih pelatihan Kartu Prakerja yang tepat, pilih saja GAMELAB.ID. Program pelatihan Kartu Prakerja di GAMELAB.ID diformulasikan secara khusus untuk kamu yang membutuhkan peningkatan keterampilan agar sesuai dengan standar dunia industri saat ini.

Beberapa keunggulan kelas pelatihan Kartu Prakerja GAMELAB.ID adalah materi sesuai kurikulum industri, trainer/mentor profesional dan berpengalaman, bersertifikat resmi dan ada voucher hingga Rp500.000.

Buat kamu yang menyukai industri kreatif terutama yang berhubungan dengan musik, kamu bisa memilih Kelas Membuat Musik Digital Menggunakan FL Studio Untuk Menjadi Multimedia Designer dari GAMELAB.ID.

Di kelas ini, kamu akan belajar bagaimana membuat musik digital yang biasa digunakan oleh industri perfilman, animasi/video, game dan lainnya. Dengan menjadi ahli musik digital, kamu berpotensi untuk mendapatkan gaji hingga dua digit. Menarik sekali kan? Yuk, segera daftar kelasnya dengan menggunakan saldo Prakerja kamu. Info lebih lanjut, klik link ini ya.

Hidupmu bahagia kalau pernah main game papan ini! Main game ULAR TANGGA sekarang bisa lewat HP dan bisa main rame-rame.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Selasa, 21 Maret 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI