BERITA PRAKERJA 3 Cara Mengatasi Gagal Upload Foto KTP Kartu Prakerja

3 Cara Mengatasi Gagal Upload Foto KTP Kartu Prakerja

Oleh Syamsul Arifin | Kamis, 6 April 2023

3 Cara Mengatasi Gagal Upload Foto KTP Kartu Prakerja

Apakah kamu sedang mengalami masalah gagal upload atau unggah foto KTP saat akan mendaftar Kartu Prakerja? Jika iya, kamu berada di tempat yang tepat. Berikut ini tutorial untuk mengatasi gagal upload foto KTP saat daftar Kartu Prakerja.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

KTP atau Kartu Tanda Penduduk adalah persyaratan utama untuk bisa melakukan pendaftaran akun Kartu Prakerja. Tanpa adanya KTP, kamu tidak akan bisa melakukan pendaftaran, apalagi menjadi peserta program Kartu Prakerja. Ini karena proses verifikasi dilakukan oleh pihak Kartu Prakerja dengan mengecek data di KTP.

Cara Mengatasi Gagal Upload Foto KTP dengan Formulir Pengaduan

Sayangnya, tidak semua calon peserta Program Kartu Prakerja bisa dengan mudah mengunggah atau upload foto KTP ketika melakukan pendaftaran. Beberapa mengalami kegagalan sehingga tidak bisa melakukan pendaftaran. Untuk mengatasinya, kamu bisa coba cara berikut:

1. Silakan kunjungi situs www.prakerja.go.id/formulir-pengaduan.

2. Isi data secara benar dan lengkap untuk memudahkan pihak Kartu Prakerja menyelesaikan masalah gagal unggah foto KTP.

3. Kemudian, pilih apakah kamu termasuk Calon Peserta atau Peserta Prakerja.

4. Isi bagian nomor ponsel dengan nomor aktif yang mudah dihubungi.

5. Isi kolom selanjutnya dengan alamat email aktif.

6. Selanjutnya, pada tipe pelayanan, pilih ‘Kendala’ atau kamu juga bisa pilih menu ‘Pertanyaan’

7. Tahap selanjutnya adalah memilih ‘Kategori’ dan ‘Sub Kategori’. Pilihlah sesuai dengan pilihan tipe pelayanan pada poin sebelumnya.

8. Di tahap ini, kamu bisa mulai menuliskan kendala atau pertanyaan yang ingin kamu ajukan. Tulislah kendala kamu yang gagal unggah foto KTP di kolom deskripsi.

9. Unggah file atau foto bukti kendala kamu saat gagal upload atau unggah foto KTP. Maksimal ukuran file yang dibolehkan adalah 5 MB dengan jumlah 3 file. Adapun jenis file yang diizinkan adalah PNG atau JPEG.

10. Setelah itu, klik menu verifikasi ‘Term & Condition’.

11. Ada kolom Captcha, ketik ulang Captcha dengan benar.

12. Klik menu atau tombol ‘Kirim Pesan’.

Jika kamu sudah melakukan cara di atas, maka tunggu hingga kamu mendapatkan email balasan dari pihak Kartu Prakerja. Biasanya, pihak Kartu Prakerja akan membalas dalam beberapa hari ke depan. Jadi, sebaiknya kamu tunggu saja.

Gagal Upload KTP - GAMELAB.ID

Cara Mengatasi Gagal Upload Foto KTP dengan Live Chat

Selain cara di atas, kamu juga bisa mengatasi masalah gagal upload foto KTP dengan menghubungi Live Chat Kartu Prakerja. Bagaimana cara menghubungi Live Chat Kartu Prakerja? Berikut langkah demi langkahnya:

1. Silakan buka browser favorit dan buka situs resmi prakerja.go.id.

2. Di halaman awal website atau situs Kartu Prakerja, lihat ikon Live Chat di bagian pojok kiri bawah berwarna orange dengan tulisan ‘Butuh Bantuan?’.

3. Klik tombol ‘Butuh Bantuan?’ tersebut.

4. Setelah itu, muncul 3 pilihan menu, yaitu ‘Live Chat Feature’, ‘Form Pengaduan’ dan ‘Hubungi Kami’. Karena kamu ingin menghubungi Live Contact Center, maka pilih menu paling atas atau ‘Live Chat Feature’.

5. Sekarang kamu masuk ke halaman Live Chat. Lihat ikon Live Chat di pojok kiri bawah berwarna biru dan putih. Klik ikon tersebut.

6. Setelah kamu klik, maka akan muncul tampilan Live Chat dengan pihak Kartu Prakerja. Pilihlah menu yang tertera seperti ‘Calon Peserta Prakerja’ atau ‘Peserta Prakerja’. Pilih yang bagian ‘Calon Peserta Prakerja’.

7. Kemudian, pihak Kartu Prakerja akan bertanya info apa yang ingin kamu ketahui?

Di bawah pertanyaan, akan ada berbagai menu baru yang harus kamu pilih sesuai dengan kendala apa yang kamu alami. Nah, di sini kamu pilih menu ‘Kendala Registrasi’.

8. Pihak Kartu Prakerja akan memberikan beberapa opsi yang termasuk ke dalam menu ‘Kendala Registrasi’. Di sini, ada beberapa pilihan yang sering menjadi kendala bagi calon peserta. Jika masalah kamu adalah gagal upload foto KTP, maka pilihlah menu ‘Gagal Upload KTP’.

9. Selanjutnya, pihak Kartu Prakerja akan memberikan informasi terkait apa saja yang harus kamu lakukan. Tugas kamu adalah melakukan apa yang sudah disampaikan pihak Kartu Prakerja.

Beberapa info tersebut misalnya, unggah KTP yang sudah termasuk E-KTP, foto tidak blur atau terpotong, diunggah maksimal 5 kali dalam sehari dan lain sebagainya. Kamu juga akan diberi informasi terkait nomor WhatsApp yang bisa dihubungi jika kamu masih memiliki kendala gagal upload foto KTP.

Cara Mengatasi Gagal Upload Foto KTP dengan Call Center

Jika semua cara di atas masih belum berhasil, maka kamu bisa mencoba cara ketiga. Cara ketiga untuk mengatasi gagal upload foto KTP adalah dengan menghubungi Call Center Kartu Prakerja.

Kamu bisa bertanya apapun tentang Kartu Prakerja melalui Call Center ini, termasuk kendala gagal upload foto KTP. Berikut informasi penting yang harus kamu ketahui tentang cara menghubungi Call Center Kartu Prakerja ini:

1. Buka situs resmi prakerja.go.id.

2. Scroll ke bawah sampai kamu melihat menu Layanan ‘Contact Center Prakerja’.

3. Di dalam menu tersebut terdapat 3 pilihan. Nah, kamu pilih yang paling atas berupa angka atau nomor Call Center yaitu 0800-150-3001.

4. Kamu bisa menggunakan aplikasi Skype untuk melakukan panggilan atau dengan ponsel seperti biasa.

5. Jam operasional Call Center ini adalah dari hari Senin sampai hari Minggu atau setiap hari pada pukul 08.00-20.00 WIB. Di luar jam itu, kamu tidak akan dilayani. Jika kamu sudah menghubungi pada jam tersebut tapi Call Center belum merespon, artinya Call Center sedang sibuk. Kamu bisa mencobanya beberapa menit lagi.

Baca Juga : Panduan Lengkap: Tips Sukses di Media Sosial untuk Pemula

Gagal Upload KTP - GAMELAB.ID Penutup

Gagal unggah foto KTP adalah salah satu sebab gagalnya kamu menjadi peserta Kartu Prakerja. Nah, agar kamu tidak gagal lagi saat melakukan pendaftaran, cobalah lakukan beberapa cara yang ada di artikel Ternyata Ini 10 Penyebab Gagal Lolos Daftar Program Kartu Prakerja.

Kemudian, setelah kamu lolos menjadi Peserta Kartu Prakerja dan mendapatkan insentif Rp4,2 juta, pastikan untuk memilih pelatihan Prakerja yang tepat agar tidak menyesal. Beruntungnya, kamu bisa memilih Kelas Prakerja di GAMELAB.ID. Kelas Prakerja ini memungkinkan kamu untuk dapatkan Ekstra Voucher hingga Rp500.000.

Ada cukup banyak pilihan Kelas Prakerja di GAMELAB.ID. Kamu bisa memilih kelas Membuat Musik Digital dengan FL Studio jika ingin menjadi kreator musik digital atau ingin bekerja di industri kreatif. Dengan menguasai pembuatan musik digital, kamu berpotensi mendapatkan penghasilan hingga dua digit.

Yuk, segera daftar Kelas Prakerja di GAMELAB.ID dan pilih kelas favorit kamu. Jika masih ada pertanyaan, silakan hubungi Tim GAMELAB.ID dengan klik link ini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Kamis, 6 April 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI