BERITA PRAKERJA Cara Login Dashboard Kartu Prakerja dan Tutorial Beli Pelatihan

Cara Login Dashboard Kartu Prakerja dan Tutorial Beli Pelatihan

Oleh Syamsul Arifin | Selasa, 11 April 2023

Cara Login Dashboard Kartu Prakerja dan Tutorial Beli Pelatihan

Bagaimana cara login dashboard Kartu Prakerja? Ternyata caranya sangat mudah sekali. Kamu bisa mengikuti caranya di artikel ini. Kamu juga akan tahu cara membeli pelatihan Kartu Prakerja.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Selama program Kartu Prakerja 2023 resmi dibuka hingga tulisan ini dimuat, pemerintah telah membuka 3 gelombang Prakerja. Yaitu gelombang 48, gelombang 49 dan gelombang 50. Pekan ini, pemerintah berencana akan membuka gelombang 51. Jika kamu sudah diterima, maka kamu harus segera login dashboard Kartu Prakerja.

Cara Login Dashboard Kartu Prakerja

Login dashboard Kartu Prakerja dibutuhkan bagi kamu yang sudah daftar Kartu Prakerja dan lolos sebagai peserta atau penerima insentif Kartu Prakerja sebesar Rp4,2 juta. Dari dashboard Prakerja ini kamu bisa daftar pelatihan sesuai dengan skills atau keterampilan yang kamu butuhkan.

Jika kamu tidak segera membeli pelatihan, maka Saldo Prakerja kamu akan hangus. Saldo yang hangus akan dikembalikan lagi ke kas negara. Oleh sebab itu, pastikan untuk segera login dashboard Prakerja begitu kamu mendapatkan notifikasi atau SMS berisi pesan bahwa kamu telah diterima sebagai peserta Kartu Prakerja.

Adapun waktu pembelian pelatihan adalah 15 hari sejak kamu ditetapkan sebagai peserta Kartu Prakerja. Jika selama 15 hari kamu tidak membeli pelatihan apa pun, maka Saldo Prakerja kamu akan hangus.

Artinya, dalam waktu 15 hari kamu memiliki kesempatan untuk memilih kelas atau pelatihan Prakerja apa saja yang kamu inginkan. Jangan lupa, pastikan untuk memberi ulasan (review) dan rating setiap kali kamu menyelesaikan pelatihan Prakerja.

Nah, bagaimana cara login dashboard Prakerja? Kamu bisa ikuti tutorial berikut ini:

1. Buka situs resmi Kartu Prakerja di alamat www.prakerja.go.id.

2. Login dengan menggunakan akun Prakerja yang telah kamu daftarkan sebelumnya.

3. Masukkan email dan password akun Prakerja.

4. Tuliskan kode captcha dengan benar, kemudian klik ‘Masuk’.

5. Setelah itu, kamu harus melakukan verifikasi dengan cara memasukkan kode OTP yang telah dikirim ke alamat email kamu. Kamu bisa buka email, cek inbox (kotak masuk) atau spam untuk menemukan kode OTP tersebut.

6. Masukkan kode OTP berisi 6 digit dengan benar. Jika kamu salah memasukkan kode OTP atau sudah kadaluwarsa, kamu bisa meminta kode OTP baru maksimal 5 kali. Jika setelah 5 kali tetap gagal, kamu harus menunggu hingga 2 jam untuk meminta kode OTP baru.

7. Selanjutnya, setelah memasukkan kode OTP, klik ‘Verifikasi’. Dan kamu berhasil login dashboard Kartu Prakerja.

Cara Login Dashboard Prakerja - GAMELAB.ID

Memilih Jenis Pelatihan Kartu Prakerja

Jika sudah berhasil login dashboard Kartu Prakerja, sekarang kamu bisa memilih 3 jenis pelatihan Kartu Prakerja. Berikut penjelasannya:

1. Pelatihan Online

Pelatihan Kartu Prakerja pertama adalah pelatihan online. Di sini, pelatihan menggunakan device atau perangkat digital seperti laptop, HP atau tablet. Untuk mengikuti pelatihan jenis ini, perangkat kamu harus tersambung ke jaringan internet.

Pelatihan online ini umumnya berbentuk webinar atau seminar online. Sehingga, kamu tidak perlu datang ke lokasi seminar. Kamu bisa memilih jadwal webinar ini sesuai dengan hari dan waktu yang kamu inginkan.

2. Pelatihan Offline

Berbeda dengan pelatihan online, di sini kamu harus datang langsung ke lokasi tempat pelatihan. Artinya, pelatihan ini diadakan secara tatap muka atau langsung. Tentunya, kamu tidak perlu perangkat dan jaringan internet. Cukup datang saja ke lokasi yang ditunjuk oleh lembaga pelatihan.

3. Pelatihan Bauran

Pelatihan bauran adalah gabungan dari pelatihan online dan offline. Sehingga, kamu perlu perangkat yang terhubung ke internet untuk mengikuti pelatihan online. Setelah itu, kamu juga harus mendatangi lokasi pelatihan sesuai dengan lokasi yang ditunjuk oleh lembaga pelatihan.

Cara Login Dashboard Prakerja - GAMELAB.ID

Tutorial Beli Pelatihan Prakerja

Untuk membeli pelatihan Kartu Prakerja, kamu bisa login dashboard Kartu Prakerja atau langsung ke website lembaga pelatihan yang ditunjuk Kartu Prakerja. Berikut tutorialnya:

1. Kunjungi website pelatihan Kartu Prakerja www.gamelab.id.

2. Pilih menu ‘Program’.

3. Selanjutnya, pilih menu ‘Bootcamp’.

4. Di halaman tersebut, ada beberapa pilihan kelas atau pelatihan Kartu Prakerja.

5. Klik pada kelas yang kamu inginkan, misalnya kamu pilih kelas Membuat Musik dengan Menggunakan FL Studio.

6. Kemudian, ikuti instruksi yang ada.

7. Adapun untuk redeem voucher Kartu Prakerja, kamu bisa buka website www.gamelab.id.

8. Setelah itu, pilih menu ’Akademi’ dan klik ‘Kelas Prakerja’

9. Kamu akan melihat halaman Kelas Prakerja, masukkan kode redeem voucher di kolom yang tersedia.

10. Jika masih bingung, ikuti saja tutorial lengkapnya di artikel Tutorial Beli Pelatihan Kartu Prakerja di GAMELAB.ID.

Cara Login Dashboard Prakerja - GAMELAB.ID

Baca Juga : Mengintip Dunia Programmer, Apa yang Tidak Dikatakan di Kampus!

Penutup

Sekarang, kamu sudah memahami bagaimana cara login dashboard Kartu Prakerja hingga tutorial membeli pelatihannya. Pastikan hanya memilih pelatihan dari lembaga yang kredibel, profesional dan pastinya tepercaya seperti GAMELAB.ID.

Materi pelatihan Kartu Prakerja dari GAMELAB.ID sudah sesuai dengan kebutuhan industri. Kamu juga akan mendapatkan sertifikat resmi di akhir kelas. Pastinya, pelatihan Kartu Prakerja di GAMELAB.ID didampingi oleh trainer profesional. Adapun materinya sudah menggunakan kurikulum industri.

Yuk, segera daftar dan beli pelatihan Kartu Prakerja di GAMELAB.ID. Pastikan untuk selesaikan pelatihannya untuk dapatkan Ekstra Voucher Rp500.000. Jika kamu ada pertanyaan seputar pelatihan Kartu Prakerja di GAMELAB.ID atau program lainnya, silakan hubungi Tim GAMELAB.ID di sini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Selasa, 11 April 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI