BERITA PRAKERJA Ternyata Begini Cara Daftar dan Cek Lolos Kartu Prakerja

Ternyata Begini Cara Daftar dan Cek Lolos Kartu Prakerja

Oleh Syamsul Arifin | Senin, 17 April 2023

Ternyata Begini Cara Daftar dan Cek Lolos Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja diperkenalkan oleh pemerintah Indonesia telah menjadi pilihan populer bagi banyak orang yang ingin meningkatkan keterampilan dan memajukan karier. Kamu bisa memanfaatkan program ini untuk meningkatkan skills.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Program Kartu Prakerja telah membantu ribuan orang dengan memberikan akses ke pelatihan dan sumber daya yang diperlukan untuk mengejar karier yang lebih baik. Dalam Kartu Prakerja gelombang terbaru, pemerintah kembali menawarkan kesempatan kepada masyarakat untuk bergabung dengan program ini.

Tentang Kartu Prakerja

Kartu Prakerja menawarkan berbagai kursus pelatihan untuk meningkatkan keterampilan yang relevan dengan dunia kerja saat ini. Kursus-kursus ini mencakup berbagai topik, mulai dari keterampilan teknologi informasi hingga keterampilan bisnis dan manajemen. Program ini juga menawarkan pelatihan bahasa Inggris dan kursus sertifikasi yang diakui secara internasional.

Selain itu, Kartu Prakerja juga memberikan manfaat lainnya, seperti bantuan keuangan bagi peserta yang mengikuti kursus pelatihan. Setiap peserta akan menerima dana pelatihan sebesar Rp 4,2 juta untuk digunakan membeli  kursus (pelatihan online, offline atau campuran).

Program Kartu Prakerja juga memberikan akses ke platform kerja online, di mana peserta dapat mencari pekerjaan yang sesuai dengan keterampilan mereka. Platform ini terhubung dengan berbagai perusahaan dan pengusaha, sehingga peserta dapat menemukan peluang kerja yang cocok dengan keahlian mereka.

Kartu Prakerja adalah kesempatan yang sangat baik untuk meningkatkan keterampilan dan memajukan karier. Program ini memberikan akses ke pelatihan dan sumber daya yang sebelumnya tidak tersedia bagi banyak orang. Selain itu, manfaat keuangan dan akses ke platform kerja online juga membantu kamu untuk memanfaatkan keterampilan baru dan mencari pekerjaan yang lebih baik.

Namun, seperti halnya program lainnya, Kartu Prakerja juga memiliki beberapa tantangan yang perlu kamu hadapi. Salah satu tantangan utama adalah memastikan bahwa kamu benar-benar memanfaatkan pelatihan yang kamu terima dan menerapkan keterampilan baru dalam kehidupan profesional. Karena itu, penting bagi kamu untuk memiliki motivasi yang kuat dan tekad yang tinggi untuk mengikuti pelatihan secara serius.

Selain itu, program ini juga harus memastikan bahwa kursus pelatihan yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pasar kerja saat ini. Hal ini akan memastikan bahwa kamu mendapatkan keterampilan yang benar-benar berguna dan relevan untuk karier kamu mendatang.

Cara Daftar dan Cek Lolos Prakerja - GAMELAB.ID

Cara Daftar Kartu Prakerja

Kartu Prakerja adalah kesempatan yang menarik bagi banyak orang untuk meningkatkan keterampilan dan memajukan karier para peserta. Program ini menawarkan berbagai kursus yang kamu butuhkan. Lalu, bagaimana cara daftarnya? Berikut adalah langkah-langkah untuk mendaftar Prakerja pada gelombang 51:

1. Pastikan Anda memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan oleh program Prakerja. Beberapa syarat yang harus dipenuhi adalah Warga Negara Indonesia yang berusia minimal 18 tahun dan belum bekerja atau sedang mengalami pemutusan hubungan kerja. Kamu bisa melihatnya di sini.

2. Buka laman resmi Prakerja di www.prakerja.go.id dan klik tombol "Daftar".

3. Masukkan nomor NIK, nama lengkap, nomor telepon, dan alamat email yang aktif.

4. Setelah mengisi formulir pendaftaran, akan muncul notifikasi "Data berhasil disimpan".

5. Selanjutnya, pilih jenis pelatihan yang ingin diikuti. Terdapat berbagai macam jenis pelatihan yang disediakan, seperti pelatihan pembuatan musik digital dengan FL Studio, marketing, kewirausahaan, dan masih banyak lagi.

6. Pilih pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan dan minat Anda.

7. Setelah memilih jenis pelatihan, lengkapi profil diri dan jawab beberapa pertanyaan singkat. Hal ini bertujuan untuk membantu pihak Prakerja mengidentifikasi profil dan kebutuhan peserta.

8. Setelah selesai mengisi profil diri, klik tombol "Daftar Sekarang". Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa pendaftaran Anda sedang diproses.

9. Tunggu hingga pengumuman peserta yang lolos seleksi pada gelombang Prakerja yang sedang berlangsung.

Itulah langkah-langkah untuk mendaftar Kartu Prakerja. Pastikan Anda memperbarui profil diri secara berkala dan memantau informasi terbaru terkait program Prakerja agar dapat memperoleh manfaat dari program ini secara optimal.

Cara Cek Lolos Dashboard Kartu Prakerja

Untuk mengecek apakah kamu lolos sebagai peserta atau penerima insentif Kartu Prakerja, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Kunjungi situs resmi Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id

2. Klik tombol "Login" pada bagian kanan atas halaman, kemudian masukkan email dan password yang digunakan saat mendaftar.

3. Setelah masuk ke akun Prakerja , pilih menu "Status" pada bagian atas halaman.

4. Kamu akan melihat informasi status kamu, apakah lolos atau belum. Jika lolos, kamu akan diberikan informasi tentang waktu pelatihan dan pencairan dana. Jika belum lolos, kamu masih bisa mencoba untuk mendaftar pada gelombang berikutnya.

Selain itu, informasi lolos dan tidaknya kamu sebagai peserta Kartu Prakerja juga bisa kamu dapatkan via SMS atau email. Pihak Kartu Prakerja akan memberikan notifikasi berupa SMS berisi pesan apakah kamu diterima atau tidak sebagai peserta Kartu Prakerja.

Adapun jika kamu mengalami masalah saat memeriksa status lolos atau tidaknya sebagai peserta Kartu Prakerja, kamu dapat menghubungi tim dukungan Prakerja melalui email, nomor telepon, atau fitur chat yang tersedia di situs resmi Prakerja.

Cara Daftar dan Cek Lolos Prakerja - GAMELAB.ID

Baca Juga : Bikin Nulis Caption Cepat, 12 Copywriter AI untuk Efisiensi Waktu

Penutup

Sebagai program pemerintah yang bertujuan untuk membantu masyarakat Indonesia meningkatkan keterampilan dan kemampuan kerja, Kartu Prakerja telah memberikan dampak positif bagi ribuan pesertanya. Oleh sebab itu, rugi sekali jika kamu tidak segera mendaftar Kartu Prakerja.

Melalui berbagai pelatihan dan program pengembangan keterampilan yang tersedia di platform online, offline dan campuran, kamu dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menghadapi tantangan di dunia kerja. Kabar baiknya, sekarang kamu bisa mengikuti pelatihan Prakerja di GAMELAB.ID.

Kamu juga berkesempatan untuk dapatkan Ekstra Voucher Rp500.000 setelah menyelesaikan pelatihan Prakerja di GAMELAB.ID. Voucher tersebut bisa kamu gunakan untuk mengikuti pelatihan GAMELAB.ID lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa bertanya pada Tim GAMELAB.ID di sini.

 


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Senin, 17 April 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI