BERITA UMUM 40 Istilah di Dunia Kerja dalam Bahasa Inggris dan Artinya [Lengkap]

40 Istilah di Dunia Kerja dalam Bahasa Inggris dan Artinya [Lengkap]

Oleh Syamsul Arifin | Selasa, 18 April 2023

40 Istilah di Dunia Kerja dalam Bahasa Inggris dan Artinya [Lengkap]

Istilah di dalam dunia kerja berikut sering digunakan di lingkungan kerja. Sehingga, jika kamu berniat untuk melamar kerja, cobalah untuk memahami semua istilah berikut ini.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Kemampuan dalam bahasa Inggris akan memudahkan dan meningkatkan efektivitas komunikasi antara rekan kerja, terutama jika Anda bekerja di perusahaan asing atau perusahaan multinasional. Karena itu, penting bagi kamu untuk memahami kosakata dan istilah-istilah dalam dunia kerja dalam bahasa Inggris terlebih dahulu.

40 Istilah-Istilah di Dunia Kerja dalam Bahasa Inggris

Dengan memahami istilah berikut ini, kamu akan lebih percaya diri ketika memasuki dunia kerja. Berikut ini daftar istilah di dunia kerja dalam bahasa Inggris yang paling sering digunakan. 

1. Daily Stand Up

Daily Stand Up adalah pertemuan singkat yang dilakukan oleh sebuah tim untuk membahas kemajuan dan rencana kerja pada hari tersebut. Pertemuan ini biasanya dilakukan setiap pagi dan hanya berlangsung selama 10-15 menit saja. 

Setiap anggota tim akan menyampaikan update singkat mengenai tugas yang sedang dikerjakan, masalah yang ditemui, dan rencana kerja untuk hari itu. Pertemuan ini bertujuan untuk memperjelas arah kerja tim dan memastikan bahwa setiap anggota tim memiliki pemahaman yang sama mengenai proyek yang sedang dikerjakan. Dalam pertemuan ini, anggota tim akan berdiri agar pertemuan berlangsung lebih singkat dan fokus pada pembahasan inti.

2. Conference Call

Conference call, atau sering disebut concall, adalah kondisi di mana seseorang dapat melakukan pembicaraan dengan dua orang atau lebih dalam waktu yang bersamaan. Sebagai peserta conference call, kamu dapat mendengarkan antar peserta, berbicara atau bertukar informasi dan pendapat.

3. Weekly Sync

Weekly Sync adalah pertemuan atau rapat mingguan yang dilakukan oleh tim atau departemen dalam sebuah perusahaan untuk membahas perkembangan proyek, tujuan, dan tantangan yang dihadapi. Weekly Sync biasanya dilakukan pada awal atau akhir minggu, di mana setiap anggota tim dapat berbagi informasi dan menyelesaikan masalah bersama.

Tujuan dari Weekly Sync adalah untuk memastikan bahwa setiap anggota tim memiliki pemahaman yang sama tentang tujuan dan progres proyek, serta untuk menyelesaikan masalah atau tantangan yang muncul. Weekly Sync juga dapat membantu memperkuat kolaborasi dan komunikasi antar anggota tim dan membantu memastikan keselarasan dalam tujuan dan rencana kerja tim.

4. Overtime

Overtime atau lembur merujuk pada pekerjaan melebihi jam kerja normal yang ditetapkan oleh kantor. Ada banyak hal kenapa seorang karyawan melakukan pekerjaan lembur. Salah satunya adalah karena ada deadline dari atasan yang harus segera selesai. Namun, perlu diingat bahwa karyawan yang bekerja overtime berhak atas upah lembur.

5. Monthly Report

Monthly Report atau laporan bulanan adalah laporan yang disampaikan setiap tim pada manajer mengenai progres kerja selama satu bulan terakhir. Laporan tersebut dapat berupa dokumen seperti power point, data excel, atau laporan naratif tergantung pada job desc masing-masing.

Dalam mengembangkan karier dan memenuhi persyaratan dalam dunia kerja, memahami istilah-istilah dan kosakata dalam bahasa Inggris sangatlah penting. Dengan memahami istilah-istilah tersebut, komunikasi antar tim dan rekan kerja dapat menjadi lebih efektif dan efisien.

6. Scope of Work

Scope of Work adalah perjanjian kerja sama antara perusahaan dan influencer yang berisi instruksi terkait pekerjaan yang harus dilakukan oleh influencer. Influencer harus memperhatikan setiap detail pada Scope of Work agar tidak membuat kesalahan yang merugikan pihak perusahaan.

40 Istilah Dunia Kerja - GAMELAB.ID

7. Workflow

Workflow adalah alur kerja yang digunakan oleh seorang pegawai dalam menyelesaikan tugasnya. Sebagai contoh, seorang content writer bisa menggunakan workflow riset, drafting, finishing, dan publish. Workflow biasanya berkaitan erat dengan SOP perusahaan.

8. Self Assessment

Self Assessment/Self Review adalah penilaian kinerja diri sendiri oleh karyawan. Sebuah perusahaan yang baik selalu melihat kinerja karyawan mereka dan melakukan penilaian kinerja selama dua kali setahun atau setiap quarter. Selama periode penilaian, karyawan menilai apakah kinerja mereka sesuai dengan tujuan dan merencanakan cara untuk mencapai tujuan tersebut.

9. Peer Review

Peer Review adalah penilaian kinerja oleh rekan kerja. Setelah menilai kinerja diri sendiri, karyawan meminta penilaian dari rekan kerja mereka, khususnya rekan tim. Peer review membantu melihat apakah komunikasi karyawan dengan rekan timnya berjalan dengan baik atau tidak.

10. Performance Review

Performance Review adalah periode penilaian kinerja karyawan yang dilakukan dua kali setahun atau setiap quarter. Manajer akan melihat improvisasi yang sudah dilakukan, aspek yang masih harus ditingkatkan, serta tingkat kontribusi yang telah diberikan oleh karyawan. Hasil dari penilaian akan diakumulasi untuk mendapatkan hasil akhir. Karyawan yang mendapat hasil yang baik dapat mendapatkan reward seperti bonus atau kenaikan jabatan.

11. Annual Leave

Cuti tahunan atau annual leave sebelumnya digunakan dalam dunia militer, namun saat ini sudah menjadi hal yang umum dalam dunia kerja kantoran. Setiap perusahaan memiliki aturan yang berbeda mengenai cuti tahunan.

12. Family Gathering

Pertemuan keluarga atau family gathering adalah acara di mana seluruh tim dan keluarga berkumpul di suatu tempat. Tempat ini bisa di dalam kota maupun luar kota, yang disesuaikan dengan kondisi perusahaan. Misalnya, family gathering bisa di hotel, resto atau bahkan tempat wisata.

13. Remote Working

Bekerja jarak jauh atau remote working adalah kondisi di mana pegawai dapat bekerja dari mana saja selama dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan target dan deadline yang telah ditetapkan. Banyak perusahaan yang menerapkan sistem ini karena dianggap lebih fleksibel dan tidak membatasi karyawan untuk datang ke kantor.

14. Turnover

Tingkat putar balik atau turnover adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan dinamika pegawai dalam suatu perusahaan. Jika suatu perusahaan memiliki pegawai yang sering keluar dan masuk dalam waktu singkat, itu menandakan tingkat putar balik yang tinggi.

15. Headquarter

Kantor pusat atau headquarter adalah istilah yang digunakan untuk menyebut kantor dari perusahaan yang memiliki cabang atau gedung operasional lebih dari satu. Segala urusan administrasi dan inventaris disimpan di kantor pusat.

16. Follow Up

Tindak lanjut atau follow up adalah tindakan untuk menanyakan atau memberikan informasi lanjutan mengenai suatu pekerjaan dari atau kepada orang lain. Proses ini dapat dilakukan secara online atau offline dan biasanya dilakukan oleh kandidat yang sedang seleksi kerja atau karyawan di perusahaan.

40 Istilah Dunia Kerja - GAMELAB.ID

17. Cut Off

Batas waktu atau cut off adalah kondisi di mana data tidak dapat dimasukkan lagi untuk keperluan tertentu setelah tanggal tertentu. Misalnya, batas waktu presensi untuk periode gaji bulan ini adalah tiap tanggal 25.

18. Conversion

Konversi atau conversion adalah perubahan atau proses untuk mengubah pengunjung menjadi pembeli atau pelanggan melalui pembelian produk. Konversi sering digunakan di dalam setiap kegiatan pemasaran langsung atau tidak langsung suatu bisnis.

19. Niche

Spesialisasi produk atau niche adalah semacam fokus pada suatu produk, baik digital maupun non-digital. Contohnya, jika ingin menjadi content creator, sebaiknya menentukan niche tertentu seperti food content creator atau tutorial masak.

20. Merit Increment

Kenaikan gaji atau merit increment adalah kenaikan gaji yang diberikan kepada karyawan dengan status permanen yang telah bekerja selama masa kerja tertentu. Tentu saja, ini tergantung dengan standar dan kebijakan perusahaan.

21. Town Hall

Town hall dalam konteks perusahaan biasanya merujuk pada sebuah acara atau pertemuan yang diadakan oleh manajemen perusahaan untuk memfasilitasi dialog terbuka dan berbagi informasi dengan seluruh karyawan perusahaan. Kegiatan ini biasanya dilakukan setiap pekan atau bulan.

Town hall sering digunakan sebagai platform untuk berbagai hal. Misalnya untuk menyampaikan update terbaru, memberikan kesempatan kepada karyawan untuk menanyakan pertanyaan dan memberikan umpan balik kepada manajemen, serta membangun komunikasi yang lebih terbuka dan transparan di antara semua anggota perusahaan.

22. Onboarding

Onboarding dalam dunia kerja merujuk pada proses penerimaan dan pengenalan karyawan baru ke dalam perusahaan atau organisasi. Tujuan dari onboarding adalah untuk membantu karyawan baru beradaptasi dengan lingkungan kerja dan budaya perusahaan secara cepat dan efektif, sehingga mereka dapat memulai pekerjaan mereka dengan produktif dan nyaman.

23. Offboarding

Offboarding dalam dunia kerja merujuk pada proses ketika seorang karyawan keluar dari perusahaan atau organisasi. Tujuan dari offboarding adalah untuk memastikan bahwa proses keluarnya karyawan berjalan dengan lancar dan terorganisir, serta meminimalkan dampak negatif pada bisnis dan karyawan lainnya.

Proses offboarding meliputi pengumpulan dan penghapusan informasi penting, seperti akses sistem, informasi klien, dan informasi perusahaan lainnya yang dipegang oleh karyawan yang keluar. Selain itu, proses offboarding juga meliputi penyelesaian administrasi terkait dengan cuti dan gaji, serta pemberian umpan balik kepada karyawan yang keluar tentang kinerja mereka selama bekerja di perusahaan.

24. Revenue

Revenue dalam dunia kerja merujuk pada pendapatan atau hasil penjualan yang diterima oleh suatu perusahaan atau organisasi dari aktivitas bisnis yang dilakukan. Revenue biasanya dihitung sebagai total nilai dari semua produk atau jasa yang terjual dikurangi dengan biaya produksi dan biaya operasional yang diperlukan untuk memproduksi produk atau jasa tersebut.

Revenue sangat penting bagi suatu perusahaan. Ini karena revenue merupakan sumber utama dari pendapatan yang dapat digunakan untuk membayar biaya operasional, mengembangkan bisnis, serta memberikan keuntungan kepada pemegang saham. 

25. Profit

Profit dalam dunia kerja merujuk pada keuntungan yang dihasilkan oleh suatu perusahaan setelah dikurangi dengan biaya operasional, biaya produksi, dan pajak yang diperlukan untuk menjalankan bisnis. Profit juga dapat dianggap sebagai sisa pendapatan yang tersisa setelah semua biaya dan kewajiban telah dibayar.

40 Istilah Dunia Kerja - GAMELAB.ID

26. Best in Class

Produk best in class adalah produk yang dianggap sebagai yang terbaik di kelasnya atau yang paling unggul dalam kualitas, kinerja, dan fitur dibandingkan dengan produk sejenis dari pesaingnya. Produk ini biasanya memiliki reputasi yang sangat baik di pasaran dan diakui oleh konsumen dan ahli industri sebagai standar untuk produk sejenis lainnya.

27. Brainstorming

Brainstorming adalah sebuah teknik dalam dunia kerja untuk memperoleh ide-ide yang kreatif dan inovatif melalui diskusi kelompok yang terstruktur. Dalam sebuah sesi brainstorming, sekelompok orang akan berkumpul untuk berbagi ide-ide mereka secara bebas tanpa takut dikritik atau dihakimi. 

Tujuannya adalah untuk memperoleh berbagai ide yang mungkin tidak muncul jika seseorang bekerja sendiri atau dalam suasana yang kurang terbuka. Sesi brainstorming dapat membantu tim kerja untuk mengatasi masalah, merancang produk atau layanan baru, dan meningkatkan kinerja organisasi secara keseluruhan.

28. Funding

Funding adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sumber pembiayaan atau modal yang diperlukan oleh sebuah perusahaan untuk menjalankan operasi bisnisnya. 

Ada berbagai jenis funding yang tersedia. Beberapa di antaranya adalah pendanaan internal dari laba yang dihasilkan perusahaan, pendanaan eksternal melalui investor atau pemberi pinjaman, serta pendanaan publik melalui penawaran saham atau obligasi. 

Tujuan dari funding adalah untuk memungkinkan perusahaan untuk melakukan investasi, memperluas bisnis, meningkatkan produksi, atau membiayai operasi harian. Funding juga bertujuan untuk memastikan keberlangsungan bisnis dalam jangka panjang.

29. Brief Deck

Brief deck adalah sebuah dokumen atau presentasi yang digunakan untuk memberikan gambaran singkat dan jelas tentang proyek atau tugas yang diberikan kepada tim atau rekan kerja. Brief deck biasanya berisi informasi tentang latar belakang proyek, tujuan, target pasar, masalah yang harus diatasi, solusi yang diajukan, dan langkah-langkah yang harus diambil untuk mencapai tujuan proyek tersebut. 

Brief deck dapat membantu tim kerja memahami dengan jelas apa yang diharapkan dari mereka, mengarahkan visi dan tujuan mereka dalam proyek, serta memberikan arah bagi pekerjaan mereka selanjutnya. Brief deck dapat digunakan dalam berbagai situasi, seperti dalam proyek desain, kampanye pemasaran, atau pengembangan produk baru.

30. Timeline

Timeline adalah sebuah garis waktu atau jadwal yang menunjukkan urutan acara atau aktivitas yang harus dilakukan dalam suatu proyek atau tugas. Timeline sering digunakan dalam dunia kerja untuk memperlihatkan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah proyek atau tugas, serta untuk memastikan bahwa setiap tahapan selesai tepat waktu dan dalam urutan yang benar.

Timeline dapat membantu tim kerja untuk mengatur waktu dan sumber daya yang tersedia, memperkirakan waktu penyelesaian, serta memantau kemajuan proyek. Dalam timeline biasanya terdapat milestone atau titik penting yang menandakan pencapaian tertentu dalam proyek atau tugas, sehingga memudahkan tim untuk memonitor kemajuan proyek dan membuat perubahan jika diperlukan.

31. Happy Hour

Acara happy hour dapat diadakan sebagai bagian dari upaya manajemen untuk meningkatkan produktivitas dan membangun hubungan antar tim, mempererat hubungan antara rekan kerja, dan menciptakan lingkungan yang lebih santai dan menghibur setelah jam kerja. Misalnya dengan bermain game, bercerita atau makan bersama.

Happy hour biasanya dijadwalkan pada hari kerja tertentu, dan mungkin dibatasi untuk waktu tertentu. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa karyawan masih dapat tiba di rumah dengan aman dan pada waktu yang tepat.

32. Hybrid

Hybrid work dalam dunia kerja adalah sebuah model kerja yang menggabungkan antara bekerja dari kantor dan bekerja dari luar kantor atau dari rumah. Dalam model kerja hybrid, karyawan memiliki fleksibilitas untuk memilih tempat kerja yang paling cocok untuk mereka, tergantung pada jenis tugas yang harus mereka lakukan dan preferensi pribadi mereka. 

Beberapa perusahaan menerapkan model hybrid work sebagai tanggapan terhadap pandemi COVID-19, dimana karyawan diizinkan untuk bekerja dari rumah untuk menjaga jarak sosial dan meminimalkan risiko penularan. Hybrid work dapat memberikan manfaat seperti mengurangi waktu dan biaya transportasi, meningkatkan fleksibilitas kerja, dan meningkatkan produktivitas karyawan.

40 Istilah Dunia Kerja - GAMELAB.ID

33. Confidental

Confidential merujuk pada informasi atau data yang dianggap rahasia atau sensitif dan harus dijaga kerahasiaannya. Hal ini sering terkait dengan informasi yang berhubungan dengan bisnis, seperti rincian produk atau layanan, strategi bisnis, keuangan, atau informasi pelanggan. 

Confidentiality merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga privasi dan keamanan data perusahaan, serta dapat melindungi perusahaan dari ancaman keamanan seperti pencurian identitas atau kebocoran informasi yang tidak sah. Oleh karena itu, karyawan diharapkan untuk mengikuti kebijakan kerahasiaan dan tidak membagikan informasi rahasia kepada pihak yang tidak berwenang atau tidak diizinkan.

34. Pitching

Pitching adalah proses presentasi ide, produk, atau layanan bisnis kepada klien, investor, atau calon pelanggan dengan tujuan untuk meyakinkan mereka untuk membeli atau menginvestasikan dana pada perusahaan. Pitching dilakukan oleh tim penjualan atau perwakilan perusahaan yang memiliki pengetahuan tentang produk atau layanan yang ditawarkan.

Proses pitching biasanya melibatkan persiapan yang matang, seperti riset pasar dan persiapan presentasi yang efektif, serta memastikan bahwa pesan yang disampaikan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan atau investor. Pitching yang baik dapat membantu perusahaan untuk memenangkan kepercayaan dan minat dari calon pelanggan atau investor, sehingga meningkatkan peluang untuk sukses dalam bisnis.

35. Payroll

Payroll merujuk pada proses penggajian karyawan secara rutin dan teratur. Payroll mencakup perhitungan gaji karyawan berdasarkan jumlah jam kerja, tunjangan, bonus, potongan, dan pajak yang dikenakan. 

Proses penggajian biasanya dilakukan oleh departemen keuangan atau HR dan memerlukan perhitungan yang cermat dan tepat waktu untuk memastikan bahwa karyawan dibayar dengan benar dan tepat waktu. Payroll juga melibatkan administrasi dan manajemen data karyawan, termasuk informasi pribadi dan data keuangan, seperti rekening bank dan informasi pajak.

36. Toolbox Meeting atau Safety Talk 

Toolbox Meeting atau Safety Talk adalah pertemuan singkat yang dilakukan oleh tim atau karyawan di tempat kerja untuk membahas isu-isu keselamatan dan kesehatan yang terkait dengan pekerjaan mereka. Pertemuan ini biasanya dilakukan secara berkala dan dilakukan sebelum memulai pekerjaan pada hari tersebut. 

Tujuan meeting ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan karyawan terhadap potensi risiko atau bahaya dalam pekerjaan, serta memberikan informasi tentang praktik keselamatan kerja yang aman dan efektif. Dengan demikian, Safety Talk dapat membantu meningkatkan kesadaran keselamatan dan kesehatan di tempat kerja, sehingga dapat meminimalkan risiko dan mencegah kecelakaan kerja.

37. Layoff

Layoff dalam dunia kerja adalah pengurangan jumlah karyawan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengurangi biaya atau mengatasi kondisi ekonomi yang sulit. Layoff biasanya dilakukan ketika perusahaan mengalami penurunan permintaan atau pendapatan yang signifikan, atau mengalami tekanan finansial yang serius. 

Layoff atau PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dapat mempengaruhi karyawan secara emosional dan finansial, serta dapat memengaruhi reputasi perusahaan. Namun, dalam beberapa kasus, layoff dapat membantu perusahaan untuk mempertahankan keberlanjutan dan stabilitas bisnis dalam jangka panjang.

38. Benchmarking

Benchmarking dalam dunia kerja adalah proses membandingkan kinerja perusahaan dengan standar industri atau praktik terbaik dari perusahaan lain yang sejenis atau sebidang. Tujuan dari benchmarking adalah untuk mengidentifikasi praktik terbaik dan kelemahan di perusahaan, serta untuk memperbaiki kinerja bisnis dan efisiensi operasional. 

Benchmarking dapat dilakukan dalam berbagai bidang, seperti kualitas produk, efisiensi operasional, manajemen sumber daya manusia, dan inovasi. Proses benchmarking melibatkan pengumpulan dan analisis data dari perusahaan lain atau dari sumber lain, seperti publikasi dan laporan industri.

39. Allowance

Allowance adalah tunjangan yang diberikan di luar gaji utama sebagai bentuk penghargaan atau apresiasi dari perusahaan atas kinerja karyawan di kantor. Beberapa tunjangan yang umum adalah tunjangan lembur, tunjangan hari libur agama, tunjangan makan, dan sebagainya.

40. Work Life Balance 

Work Life Balance adalah keseimbangan antara waktu dan energi yang dihabiskan untuk pekerjaan dan kehidupan pribadi. Work Life Balance penting bagi karyawan untuk menjaga kesehatan mental dan fisik mereka, serta untuk meningkatkan produktivitas dan kepuasan kerja. 

Work Life Balance juga dapat didukung oleh perusahaan dengan menyediakan program kesejahteraan karyawan, seperti perawatan kesehatan, program olahraga, dan dukungan psikologis. Dengan menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, karyawan dapat menghindari stres, kelelahan, dan burnout, serta meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.

40 Istilah Dunia Kerja - GAMELAB.ID

Baca Juga : Membiasakan Hidup Sehat dengan Diet

Penutup

Ketika terjun ke dunia kerja, kamu akan sering mendengar istilah-istilah yang mungkin kamu belum familiar. Sehingga, memahami arti dan penggunaan istilah-istilah tersebut sangat penting untuk memperluas pengetahuan dan memperbaiki keterampilan profesional kamu. 

Sebagai karyawan, kamu perlu beradaptasi dengan perubahan lingkungan kerja dan teknologi yang semakin maju, sehingga dapat menjaga kualitas pekerjaan dan produktivitas. Dengan memahami istilah-istilah yang umum digunakan di dunia kerja, kamu dapat lebih mudah berkomunikasi dengan rekan kerja dan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. 

Tapi, kamu harus memahami bahwa yang lebih penting adalah mempersiapkan diri agar siap bekerja. Caranya adalah dengan meningkatkan keterampilan. Kamu bisa mengikuti program Magang Online Bersertifikat di GAMELAB.ID. Kamu juga bisa bergabung dengan program Kelas Akademi dengan pilihan materi yang sesuai passion. Yuk, segera daftar sekarang. Jika ada pertanyaan, silakan hubungi Tim GAMELAB.ID di sini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Selasa, 18 April 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI