BERITA PRAKERJA Mengenal Apa Itu Instagram Ads: Pengertian dan Manfaatnya!

Mengenal Apa Itu Instagram Ads: Pengertian dan Manfaatnya!

Oleh Syamsul Arifin | Selasa, 2 Mei 2023

Mengenal Apa Itu Instagram Ads: Pengertian dan Manfaatnya!

Instagram Ads adalah salah satu fitur di Instagram yang sangat berguna untuk menargetkan calon pelanggan baru, meningkatkan brand awareness atau meningkatkan penjualan. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa baca artikel ini.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif setiap bulannya, Instagram telah menjadi platform media sosial yang sangat potensial untuk memasarkan produk atau jasa. Apalagi, Instagram memiliki fitur seperti Instagram Ads yang berfungsi untuk mengiklankan produk atau jasa agar menjangkau pengguna Instagram secara lebih luas.

Apa Itu Instagram Ads?

Instagram Ads adalah fitur iklan yang disediakan oleh Instagram, salah satu platform media sosial terbesar di dunia. Dalam hal ini, Instagram Ads memungkinkan pengiklan memasarkan bisnis melalui media sosial Instagram dan menjangkau audiens yang lebih luas.

Layanan ini memungkinkan pengiklan (advertiser atau marketer) untuk memasarkan bisnis atau produk mereka dengan cara menampilkan iklan dalam berbagai format. Misalnya seperti foto, video, carousel, dan story yang ditampilkan pada feed Instagram atau Instagram Stories.

Dengan Instagram Ads, kamu juga bisa membuat kampanye iklan yang lebih menarik dan berinteraksi dengan audiens. Misalnya, fitur video Instagram Ads memungkinkan kamu membuat video iklan yang menarik dan kreatif, sementara fitur Instagram Story Ads dapat dimanfaatkan untuk membuat iklan dalam bentuk story yang menarik.

Selain itu, Instagram Ads dapat menargetkan audiens tertentu berdasarkan kriteria seperti lokasi, usia, jenis kelamin, minat, perilaku, dan lain-lain. Lebih dari itu, Instagram Ads juga menyediakan fitur pengukuran kinerja iklan, sehingga kamu dapat mengukur hasil kampanye iklan dan mengoptimalkannya untuk meningkatkan ROI (Return On Investment).

Namun, untuk memaksimalkan potensi Instagram Ads, kamu perlu memiliki strategi pemasaran yang tepat dan mengoptimalkan kampanye iklan secara terus-menerus. Oleh karena itu, memiliki pemahaman yang cukup tentang fitur dan fungsi Instagram Ads adalah sebuah keharusan jika kamu ingin berhasil memanfaatkan fitur ini.

Instagram Ads - GAMELAB.ID

Tujuan atau Manfaat Instagram Ads

Apa saja tujuan utama dari Instagram Ads? Bagaimana seorang advertiser atau marketer dapat mengoptimalkan penggunaannya untuk mencapai tujuan pemasaran? Penjelasan lengkapnya bisa kamu baca di bawah ya.

Meningkatkan Kesadaran Merek (Brand Awareness)

Tujuan pertama dari Instagram Ads adalah meningkatkan kesadaran merek (brand awareness). Ketika kamu memulai bisnis baru atau meluncurkan produk baru, sangat penting untuk memperkenalkan merek atau produk tersebut kepada pasar yang tepat. 

Instagram Ads dapat membantu kamu memperkenalkan merek kepada audiens yang tepat dan mendapatkan perhatian. Melalui penggunaan gambar atau video iklan yang menarik, kamu sebagai pengiklan (advertiser), dapat membuat audiens lebih sadar tentang merek atau produk yang dipromosikan.

Selain itu, Instagram Ads juga dapat membantu kamu memperkenalkan produk baru kepada pasar yang tepat. Misalnya, jika kamu meluncurkan produk baru untuk pengguna instagram usia 15-20 tahun, maka kamu dapat menargetkan audiens di usia 15-20 tahun melalui Instagram Ads dan menampilkan produk tersebut di depan mereka. 

Cara seperti ini akan membantu memperkenalkan merek dan produk kepada audiens yang relevan dan meningkatkan kesadaran merek secara signifikan.

Meningkatkan Jangkauan (Reach)

Tujuan lain dari Instagram Ads adalah meningkatkan jangkauan. Jangkauan adalah jumlah orang yang melihat iklan. Makin besar jangkauannya, makin besar kemungkinan iklan akan menarik perhatian lebih banyak orang dan memperoleh lebih banyak prospek pelanggan. 

Dengan Instagram Ads, kamu dapat menjangkau audiens yang lebih luas dan lebih terfokus secara geografis dan demografis. Misalnya, jika bisnis kamu berbasis di Jakarta dan ingin menargetkan audiens di kota tersebut, kamu dapat menyesuaikan pengaturan iklan untuk menampilkan iklan hanya di kota tersebut dan sekitarnya. 

Hal ini dapat membantu menghemat biaya iklan digital dan memastikan bahwa iklan hanya ditampilkan kepada orang-orang yang paling berpotensi tertarik dengan produk atau layanan. Menarik sekali kan?

Meningkatkan Interaksi dengan Pelanggan (Engagement)

Instagram Ads dapat meningkatkan konversi karena platform ini memiliki fitur yang memungkinkan pengiklan menargetkan audiens yang lebih relevan. Sebagai pengiklan, kamu juga dapat memilih jenis kampanye iklan yang paling sesuai dengan tujuan iklan.

Dengan Instagram Ads, kamu dapat menargetkan audiens berdasarkan data demografis dan perilaku. Cara ini membantu kamu menjangkau audiens yang paling berpotensi tertarik dengan produk atau layanan yang kamu iklankan yang dapat meningkatkan peluang konversi. 

Misalnya, jika kamu menjual produk kecantikan, kamu dapat menargetkan wanita usia 18-35 tahun yang telah menunjukkan minat dalam produk kecantikan sebelumnya. Minat ini dapat diketahui ketika kamu akan menentukan target iklan.

Selain itu, Instagram Ads juga menawarkan fitur retargeting. Fitur ini dapat membantu menargetkan orang yang telah melakukan tindakan tertentu di platform, seperti mengunjungi halaman website atau menonton video iklan sebelumnya. Dengan retargeting, kamu dapat meningkatkan peluang konversi karena iklan ditargetkan pada mereka yang sudah menonton video, memberikan ‘like’ atau mengunjungi website.

Meningkatkan Brand Loyalty

Instagram Ads dapat membantu meningkatkan brand loyalty dengan menampilkan iklan yang menarik dan relevan kepada pelanggan yang sudah familiar dengan merek tersebut. Ini adalah salah satu cara untuk memperkuat keterikatan mereka terhadap merek.

Misalnya, kamu dapat menggunakan video iklan untuk memperlihatkan produk ketika digunakan atau membuat iklan berupa kisah (storytelling) untuk memperkuat citra merek pada pelanggan relevan. Menampilkan produk atau layanan dengan cara yang menarik dan interaktif dapat membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan dan memperkuat hubungan mereka dengan merek.

Instagram Ads - GAMELAB.ID

Baca Juga : Pertanyaan Dasar Tentang Digital Marketing yang Wajib Diketahui Pemula!

Penutup

Instagram Ads adalah alat pemasaran yang efektif untuk bisnis dari segala jenis dan ukuran. Dengan menargetkan audiens yang relevan, menampilkan produk dengan cara yang menarik, memperkenalkan produk baru, menggunakan CTA (Call to Action) yang jelas, dan mengoptimalkan kampanye iklan, kamu dapat meningkatkan interaksi dengan pelanggan, meningkatkan konversi, memperkuat loyalitas merek, dan meningkatkan penjualan. 

Tentunya, kamu juga harus memahami tujuan dari iklan yang kamu kampanyekan dan mengembangkan strategi atau rencana pemasaran yang efektif untuk memaksimalkan potensi Instagram Ads. Dalam era digital yang semakin maju, Instagram Ads dapat membantu bisnis untuk mencapai kesuksesan dan memperkuat posisi mereka di pasar.

Apakah kamu tertarik untuk menjadi pemasar handal di Instagram (Instagram Marketer)? Kabar baiknya, kamu bisa mengikuti pelatihan tentang Instagram Marketing dengan menggunakan Saldo Prakerja. Yuk, segera beli pelatihan Memasarkan Produk dan Jasa Melalui Instagram dengan Saldo Prakerja kamu. Informasi lebih lanjut, silakan tanya ke Tim GAMELAB.ID di sini ya.

 


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Selasa, 2 Mei 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI