BERITA PRAKERJA 6 Cara Jualan di Instagram dengan Mudah dan Efektif untuk Pemula

6 Cara Jualan di Instagram dengan Mudah dan Efektif untuk Pemula

Oleh Syamsul Arifin | Senin, 8 Mei 2023

6 Cara Jualan di Instagram dengan Mudah dan Efektif untuk Pemula

Ada banyak fitur yang disediakan Instagram untuk memudahkan kamu berbisnis. Nah, kamu bisa coba 6 cara jualan di Instagram yang efektif di artikel ini untuk tingkatkan jualan atau bisnis.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Banyak orang menggunakan Instagram untuk terhubung dengan teman, keluarga dan idola. Banyak pula yang menggunakannya sebagai tempat untuk mempromosikan bisnis dan menjual produk. Jika kamu ingin memulai bisnis di Instagram, berikut adalah beberapa cara jualan di Instagram yang dapat membantu kamu meraih kesuksesan.

6 Cara Jualan di Instagram

Berikut ini 6 cara jualan di Instagram yang bisa kamu coba sebagai pemula agar cepat laris:

Membuat Akun Bisnis

Membuat akun bisnis di Instagram merupakan langkah penting untuk mempromosikan bisnis kamu dan menjual produk kamu di platform media sosial yang populer ini. Untuk proses dan langkah-langkahnya, kamu bisa membaca artikel Membuat Instagram Business.

Akun Instagram Business merupakan fitur khusus yang ditawarkan oleh Instagram bagi para pengguna yang ingin memanfaatkan platform ini untuk bisnis mereka. Akun Instagram Business memiliki fitur tambahan yang tidak tersedia pada akun reguler, seperti statistik pengunjung dan iklan Instagram.

Jika kamu ingin menjual produk atau jasa di Instagram, disarankan untuk membuat akun Instagram Business untuk bisnismu. Berikut adalah beberapa langkah membuat akun Instagram Business untuk jualan:

1. Unduh aplikasi Instagram dan buka aplikasi tersebut.

2. Buat akun Instagram baru atau gunakan akun yang sudah ada jika kamu memiliki akun Instagram pribadi.

3. Buka profilmu dan klik 'tombol tiga garis' di sudut kanan atas untuk membuka menu.

4. Klik tombol Pengaturan.

5. Gulir ke bawah dan klik "Beralih ke Akun Bisnis".

6. Pilih kategori bisnismu, seperti Restoran atau Produk Elektronik.

7. Isi informasi bisnis, seperti alamat email dan nomor telepon dan lalu klik "Lanjutkan".

8. Tambahkan foto profil dan deskripsi bisnismu.

9. Klik "Selesai".

Setelah membuat akun Instagram Business, kamu dapat mengoptimalkan profilmu dengan menambahkan informasi tambahan, seperti jam operasional, alamat dan informasi produk atau jasa yang kamu tawarkan. Selain itu, kamu juga dapat menghubungkan akun Instagram Business dengan halaman Facebook bisnismu untuk meningkatkan visibilitas bisnismu.

Dengan memiliki akun Instagram Business, kamu dapat memanfaatkan berbagai fitur dan layanan tambahan yang ditawarkan. Misalnya seperti promosi iklan Instagram, mengakses statistik pengunjung dan menyediakan tombol "Kontak" untuk pelanggan. Selain itu, kamu juga dapat memanfaatkan platform ini untuk membangun keterlibatan dengan pengikutmu dan meningkatkan keuntungan bisnismu.

6 Cara Jualan di Instagram - GAMELAB.ID

Memilih Niche Pasar yang Tepat

Memilih niche pasar yang tepat di Instagram sangat penting untuk kamu sebagai pemilik bisnis, karena dapat membantumu menjangkau target audiens yang tepat, meningkatkan pengikut dan memaksimalkan penjualan. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantumu memilih niche pasar yang tepat di Instagram:

Kenali Produk atau Jasa yang Kamu Tawarkan

Sebelum memilih niche pasar, pastikan bahwa kamu benar-benar memahami produk atau jasa yang kamu tawarkan dan siapa yang merupakan target audiens utama kamu.

Lakukan Riset Pasar

Lakukan riset tentang pasar kamu dan pelanggan potensial kamu, termasuk demografi, preferensi dan perilaku belanja. Hal ini dapat membantumu memahami siapa target audiens kamu dan bagaimana kamu dapat menjangkaunya.

Analisis Pesaing

Analisis pesaing dapat membantumu memahami apa yang bekerja dan tidak bekerja dalam strategi pemasaran yang kamu terapkan. Cari tahu niche pasar pesaing kamu dan apa yang mereka tawarkan untuk menarik pelanggan.

Tentukan  Niche yang Spesifik

Alih-alih mencoba menjangkau audiens yang sangat luas, fokus pada niche pasar yang spesifik dan relevan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Misalnya, jika kamu menjual produk perawatan kulit, fokus pada niche pasar yang terkait dengan perawatan kulit seperti kulit berminyak atau kulit sensitif.

Perhatikan Tren Pasar

Perhatikan tren pasar dan gaya hidup yang berkembang untuk menemukan ide niche pasar baru. Misalnya, jika tren veganisme sedang berkembang, kamu dapat fokus pada niche pasar vegan.

Lakukan Uji Coba

Setelah menentukan niche pasar yang tepat, lakukan uji coba dengan membuat postingan dan melihat respons dari pengikut kamu. Jika responsnya positif, kamu dapat terus memperkuat niche pasar kamu.

Memilih niche pasar yang tepat di Instagram membutuhkan waktu dan upaya, namun dapat membantumu menjangkau target audiens yang tepat dan meningkatkan keuntungan bisnis kamu. Ingatlah untuk selalu mengoptimalkan profil kamu dengan konten berkualitas tinggi dan membangun keterlibatan dengan pengikut kamu.

Membuat Konten yang Menarik

Konten Instagram yang menarik adalah konten yang dapat menarik perhatian pengguna Instagram dan memotivasi mereka untuk berinteraksi dengan akunmu. Berikut adalah beberapa ciri-ciri konten Instagram yang menarik:

Berkualitas Tinggi

Konten Instagram yang menarik memiliki kualitas yang baik dalam hal tampilan visual. Misalnya seperti foto atau video yang diambil dengan resolusi tinggi dan cahaya yang baik.

Relevan

Konten Instagram yang menarik harus relevan dengan niche pasar bisnismu. Pastikan konten yang kamu buat dapat menarik perhatian target audiensmu.

Menghibur

Konten Instagram yang menarik harus dapat menghibur pengguna Instagram. Contohnya seperti membuat video lucu atau menyajikan konten yang menarik untuk dilihat.

Interaktif

Konten Instagram yang menarik harus dapat memicu keterlibatan pengguna Instagram. Misalnya seperti bertanya kepada pengikut atau mengajak mereka untuk memberikan pendapat mereka.

Edukatif

Konten Instagram yang menarik dapat memberikan edukasi atau tips yang berguna bagi pengguna Instagram. Contohnya seperti memberikan informasi tentang produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Berbeda

Konten Instagram yang menarik harus berbeda dari konten lainnya yang ada di platform. Cobalah menciptakan konten yang unik dan menarik perhatian pengguna.

Konsisten

Konten Instagram yang menarik harus konsisten dalam hal kualitas dan tema. Pastikan kontenmu tetap konsisten dengan brand identity bisnismu.

6 Cara Jualan di Instagram - GAMELAB.ID

Menggunakan Hashtag Relevan

Menggunakan hashtag relevan di Instagram adalah salah satu cara efektif untuk menjangkau target audiens dan meningkatkan jangkauan bisnismu. Berikut adalah beberapa tips untuk menggunakan hashtag relevan untuk jualan di Instagram:

1. Gunakan hashtag yang spesifik dan relevan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Misalnya, jika kamu menjual produk kecantikan, gunakan hashtag seperti #skincare, #beauty atau #makeup.

2. Cari tahu hashtag yang populer dan terkait dengan niche pasar bisnismu kamu. Kamu dapat menggunakan fitur pencarian Instagram untuk mencari hashtag terkait dengan kata kunci yang relevan.

3. Gunakan campuran hashtag yang populer dan yang kurang populer. Hashtag yang populer dapat membantu meningkatkan jangkauanmu, sementara hashtag yang kurang populer dapat membantumu menjangkau audiens yang lebih terfokus.

4. Batasi jumlah hashtag yang kamu gunakan. Terlalu banyak hashtag dapat membuat kontenmu terlihat spam atau mengganggu. Sebaiknya gunakan 5-10 hashtag yang relevan dan berkualitas tinggi.

5. Selalu update hashtag kamu untuk mencocokkan dengan kontenmu. Kamu dapat menambahkan atau mengubah hashtag sesuai dengan tren pasar atau kontenmu yang terbaru.

Gunakan hashtag dalam bahasa yang sesuai dengan niche pasar bisnismu. Misalnya, jika kamu menjual produk lokal, kamu dapat menggunakan hashtag dalam bahasa daerahmu untuk menjangkau audiens yang lebih terfokus.

Dengan menggunakan hashtag yang relevan, kamu dapat meningkatkan jangkauanmu di Instagram dan menjangkau target audiens yang lebih terfokus. Pastikan untuk mengoptimalkan kontenmu dengan hashtag berkualitas tinggi dan sesuai dengan niche pasar bisnismu kamu. 

Membuat Caption yang Menarik

Membuat caption yang menarik dan informatif di Instagram sangat penting untuk mempromosikan produk atau jasa yang kamu tawarkan dan menarik minat calon pembeli. Berikut adalah beberapa tips untuk membuat caption yang menarik untuk jualan di Instagram:

1. Buat caption yang singkat, padat dan informatif. Hindari membuat caption yang terlalu panjang dan sulit dibaca.

2. Gunakan kata kunci yang relevan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Ini dapat membantu meningkatkan visibilitas kontenmu di Instagram dan menarik minat calon pembeli.

3. Gunakan bahasa yang mudah dipahami dan sesuai dengan audiensmu. Jangan gunakan bahasa formal atau sulit dipahami jika target audiensmu adalah orang-orang yang lebih muda atau yang tidak berprofesi di bidang tertentu.

4. Jangan ragu untuk menambahkan emoji untuk memberikan nuansa emosional pada captionmu dan memperkuat pesan yang ingin kamu sampaikan.

5. Jangan terlalu sering mengiklankan produkmu dalam caption. Sebaiknya, fokuslah pada memberikan nilai tambah pada audiensmu dengan memberikan tips, saran atau informasi yang relevan dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

6. Berikan panggilan untuk tindakan pada akhir captionmu. Misalnya, ajak audiensmu untuk membeli produkmu atau kunjungi situs web bisnismu.

7. Gunakan gaya penulisan yang konsisten dengan merekmu. Jangan terlalu sering mengubah gaya penulisan atau nada yang digunakan.

Dengan membuat caption atau copywriting yang menarik, informatif dan sesuai dengan merekmu, kamu dapat meningkatkan keterlibatan pengikutmu dan memperkuat citra merek bisnismu di Instagram. Pastikan juga untuk selalu mengoptimalkan kontenmu dengan visual yang menarik dan berkualitas tinggi.

6 Cara Jualan di Instagram - GAMELAB.ID

Membuat CTA (Call to Action) yang tepat

Membuat CTA (Call to Action) yang tepat merupakan hal penting dalam strategi pemasaran di Instagram. CTA yang baik dapat mempengaruhi pengikut untuk melakukan tindakan yang diinginkan, seperti mengklik tautan atau membeli produk. Berikut beberapa tips dalam membuat CTA yang tepat untuk jualan di Instagram:

1. Gunakan kata aksi yang jelas dan spesifik: Gunakan kata aksi yang jelas dan spesifik seperti "Beli Sekarang", "Daftar Sekarang" atau "Dapatkan Diskon". Pastikan untuk tidak menggunakan kata ambigu atau yang tidak jelas.

2. Buat CTA yang relevan dengan konten postingan: Pastikan CTA kamu relevan dengan konten postingan. Misalnya, jika postingan kamu tentang produk baru, maka CTA bisa "Beli Sekarang" atau "Cek Link di Bio untuk Melihat Detail Produk".

3. Tampilkan keuntungan bagi pengikut: Jelaskan keuntungan yang akan didapatkan oleh pengikut jika melakukan tindakan yang diinginkan. Misalnya, “Diskon 10% khusus 100 pembeli pertama” atau “Daftar sekarang dan dapatkan diskon spesial”.

4. Buat CTA yang mudah dipahami dan mudah diakses: Pastikan CTA mudah dipahami dan mudah diakses. Letakkan CTA di tempat yang mudah dilihat dan gunakan tautan yang mudah diakses.

5. Buat CTA yang mengikuti tujuan akun bisnis kamu: Tentukan tujuan akun bisnis kamu dan buat CTA yang sesuai dengan tujuan tersebut. Misalnya, jika tujuan kamu adalah meningkatkan penjualan, maka CTA bisa "Beli Sekarang" atau "Kunjungi Toko Online Kami".

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat membuat CTA yang tepat dan efektif untuk meningkatkan penjualan di Instagram. Selalu ingat untuk menguji dan memperbaiki strategi CTA kamu untuk hasil yang lebih baik.

6 Cara Jualan di Instagram - GAMELAB.ID

Baca Juga : Pertanyaan Dasar Tentang Digital Marketing yang Wajib Diketahui Pemula!

Penutup

Dalam era digital saat ini, Instagram telah menjadi salah satu platform pemasaran online yang paling populer. Jika kamu ingin memulai bisnis kecil atau menengah, menjual produk atau jasa di Instagram bisa menjadi cara yang efektif untuk mencapai target pasar kamu. 

Untuk berhasil jualan di Instagram, penting untuk membangun strategi pemasaran yang tepat dan membuat konten visual yang menarik. Selain itu, manfaatkanlah fitur-fitur seperti hashtag dan Instagram Stories, Instagram Ads serta menjaga interaksi dan hubungan yang baik dengan pelanggan. 

Kamu bisa mencoba mengikuti pelatihan Memasarkan Produk dan Jasa Melalui Instagram dengan menggunakan saldo Prakerja. Di dalam pelatihan ini, kamu akan belajar banyak tentang strategi berjualan atau berbisnis di Instagram dari awal seperti membuat konten hingga membuat copywriting yang menjual.

Jadi, cara jualan di Instagram bisa kamu lakukan dengan beberapa hal di atas termasuk mengikuti pelatihan Memasarkan Produk dan Jasa Melalui Instagram. Yuk, segera gunakan saldo Prakerja kamu untuk membeli pelatihan Instagram marketing di GAMELAB.ID. Jika ada pertanyaan, silakan klik link ini ya.

 


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Senin, 8 Mei 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI