BERITA TEKNOLOGI Mengenal Augmented Reality: Pengertian, Penerapan dan Perkembangannya

Mengenal Augmented Reality: Pengertian, Penerapan dan Perkembangannya

Oleh Syamsul Arifin | Rabu, 31 Mei 2023

Mengenal Augmented Reality: Pengertian, Penerapan dan Perkembangannya

Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan antara dunia nyata dan virtual (digital). Yuk, kenali lebih jauh apa itu AR mulai dari pengertian hingga perkembangannya di artikel ini.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Augmented Reality (AR) adalah salah satu teknologi yang semakin mendapatkan perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Dengan kemampuannya untuk menggabungkan dunia nyata dengan elemen virtual, AR telah membuka pintu bagi berbagai aplikasi di berbagai industri.

Apa Itu Augmented Reality?

Augmented Reality (AR) adalah teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan elemen virtual secara real-time. Ini berarti kamu dapat melihat dan berinteraksi dengan elemen virtual yang tumpang tindih atau terintegrasi dengan lingkungan fisik sehari-hari.

AR menciptakan pengalaman yang memperkaya realitas yang ada dengan menambahkan elemen digital, seperti gambar, suara atau objek 3D, ke dalam pandangan nyata pengguna. Perangkat seperti smartphone, tablet atau headset AR khusus digunakan untuk memberikan pengalaman menggunakan AR.

Bagaimana AR bekerja tergantung pada perangkat yang digunakan. Sebagai contoh, dalam kasus smartphone, kamera di perangkat digunakan untuk melihat dan memindai lingkungan sekitar. 

Perangkat lunak khusus mengenali pola dan fitur di lingkungan tersebut dan menambahkan elemen virtual ke pandangan kamera. Kamu dapat melihat elemen virtual ini melalui layar perangkat, yang terlihat seperti "hologram" dan mengambang di atas dunia nyata.

Selain itu, AR juga dapat mengintegrasikan elemen sensorik seperti gerakan atau lokasi untuk menciptakan interaksi yang lebih imersif. Misalnya, dengan menggunakan sensor gerak pada perangkat, kamu dapat berinteraksi dengan objek virtual dengan menggunakan gerakan tangan atau gerakan tubuh.

AR digunakan dalam berbagai aplikasi. Dalam game seperti Pokémon GO, sebagai pemain, kamu dapat melihat karakter Pokémon yang terlihat seperti mereka ada di dunia nyata, bergerak di lingkungan sekitar. 

Dalam aplikasi belanja, AR memungkinkan kamu untuk melihat produk secara virtual dalam lingkungan nyata sebelum membelinya. Tentu, ini dapat memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan.

Perkembangan AR terus berlanjut, dengan teknologi semakin canggih dan aplikasi yang semakin inovatif. Peningkatan kecerdasan buatan dan komputasi yang lebih kuat memungkinkan AR untuk memberikan pengalaman yang lebih realistis dan kompleks. 

Selain itu, perkembangan perangkat keras seperti headset AR juga dapat memberikan pengalaman penggunaan teknologi AR dengan cara yang lebih imersif dan praktis.

Dengan kemampuannya untuk menggabungkan dunia nyata dengan elemen virtual, AR memiliki potensi besar dalam berbagai industri. Ini termasuk game, pendidikan, desain, e-commerce, perawatan kesehatan dan banyak lagi. 

AR tidak hanya meningkatkan pengalaman pengguna, tetapi juga dapat membantu meningkatkan efisiensi, produktivitas dan kolaborasi di berbagai bidang.

Dengan demikian, Augmented Reality menjadi salah satu teknologi yang menarik dan terus berkembang, memberikan potensi baru dalam cara kita berinteraksi dengan dunia sekitar kita dan membuka pintu bagi berbagai aplikasi dan inovasi di masa depan.

Augmented Reality - GAMELAB.ID

Penerapan Teknologi Augmented Reality

Tentu! Berikut adalah penjelasan tentang penerapan Augmented Reality (AR) dalam beberapa bidang:

1. Industri Gaming

Augmented Reality telah menghadirkan pengalaman bermain game yang lebih menarik dan imersif. Contohnya adalah Pokémon GO, di mana pemain dapat menggunakan perangkat mereka untuk melihat karakter Pokémon yang seolah terlihat di lingkungan nyata yang ada di sekitar. 

Jika kamu pernah melakukan Kunjungan Industri di GAMELAB.ID, kamu juga bisa mencoba bermain game Labirin karya Educa Studio dengan menggunakan kacamata AR/VR. Teknologi ini dapat menciptakan pengalaman bermain yang unik dan memadukan dunia nyata dengan elemen virtual.

2. Pendidikan

Augmented Reality digunakan dalam pendidikan untuk meningkatkan pembelajaran dengan cara yang interaktif dan menarik. Dengan AR, kamu dapat melihat model 3D interaktif dari objek atau konsep yang kompleks, visualisasi yang menarik atau konten edukatif lainnya. 

Hal ini membantu kamu memvisualisasikan dan memahami konsep dengan cara yang lebih nyata dan praktis, meningkatkan pemahaman dalam berbagai subjek.

3. Arsitektur dan Desain

Dalam industri arsitektur dan desain, Augmented Reality digunakan untuk memvisualisasikan konsep dan desain bangunan secara real-time. Para profesional dapat menggunakan AR untuk menunjukkan klien bagaimana ide desain mereka akan terlihat di lokasi yang sebenarnya. 

Ini memungkinkan klien untuk mendapatkan pemahaman yang lebih jelas tentang proyek yang diusulkan dan memfasilitasi kolaborasi yang lebih efisien antara arsitek, desainer dan klien.

4. Perdagangan dan E-Commerce

Augmented Reality telah mengubah cara orang berbelanja secara online. Dengan AR, konsumen dapat melihat produk dalam lingkungan nyata mereka sebelum membelinya. 

Misalnya, dengan menggunakan aplikasi AR pada smartphone, kamu dapat "memasang" furnitur virtual di dalam suatu ruangan untuk melihat bagaimana furnitur itu akan terlihat dan cocok dalam ruangan tersebut. 

Ini membantu mengurangi ketidakpastian dan meningkatkan pengalaman berbelanja online dengan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang produk sebelum pembelian.

5. Perawatan Kesehatan

Augmented Reality juga digunakan dalam bidang perawatan kesehatan. Dalam penerapan AR di bidang medis, dokter dapat menggunakan visualisasi medis yang terintegrasi dengan gambar medis pasien secara real-time. 

Misalnya, saat melakukan prosedur bedah atau perawatan medis lainnya, dokter dapat melihat struktur tubuh pasien secara langsung melalui perangkat AR. Ini membantu dokter dalam navigasi yang lebih tepat dan memperbaiki akurasi dalam prosedur medis.

Penerapan AR tidak terbatas pada bidang-bidang ini saja. AR juga digunakan dalam industri pariwisata, hiburan, industri otomotif dan banyak lagi. 

Potensi AR dalam meningkatkan pengalaman pengguna dan menciptakan solusi inovatif telah menginspirasi banyak pengembang dan profesional di berbagai bidang untuk menjelajahi dan memanfaatkan teknologi ini.

Augmented Reality - GAMELAB.ID

Perkembangan Teknologi Augmented Reality

Perkembangan Augmented Reality (AR) dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi semakin pesat, terutama karena adanya kemajuan dalam teknologi dan integrasi dengan teknologi lain. Berikut adalah penjelasan mengenai perkembangan terkini dalam AR:

1. Teknologi AR Lebih Canggih dan Mudah Diakses

Dengan kemajuan perangkat mobile yang menakjubkan, seperti smartphone dan tablet, AR telah menjadi lebih mudah diakses oleh pengguna secara luas. Perangkat-perangkat ini dilengkapi dengan kamera yang berkualitas tinggi dan pemrosesan grafis yang mengesankan.

Kemajuan perkembangan perangkat mobile ini memungkinkan aplikasi AR berjalan dengan baik. Selain itu, perangkat AR khusus seperti headset AR juga sudah tersedia secara luas dan dapat diakses oleh konsumen.

2. Pelacakan Posisi dan Pengenalan Objek Lebih Baik

Perkembangan dalam teknologi pelacakan posisi dan pengenalan objek telah meningkatkan akurasi dan realisme dalam aplikasi AR. Kemampuan untuk melacak posisi perangkat dan objek secara akurat di sekitarnya memungkinkan elemen virtual dapat dengan tepat terintegrasi dengan lingkungan nyata pengguna.

3. Integrasi dengan AI dan IoT

Augmented Reality  juga telah berintegrasi dengan teknologi lain seperti kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) dan Internet of Things (IoT). Integrasi ini membuka peluang baru dalam pengembangan aplikasi AR yang lebih cerdas dan terhubung. 

Misalnya, dalam bidang perawatan kesehatan, AR dapat digabungkan dengan sensor IoT untuk memantau parameter vital pasien secara real-time. Data yang dikumpulkan oleh sensor IoT dapat ditampilkan melalui AR, memberikan informasi yang berguna kepada para profesional medis.

4. Pengembangan Aplikasi AR yang Cerdas

Dengan adanya integrasi AI, aplikasi AR dapat menjadi lebih cerdas. AI dapat digunakan untuk pengenalan wajah, pengenalan suara dan pemrosesan bahasa alami, yang memungkinkan interaksi yang lebih alami antara pengguna dan elemen virtual dalam lingkungan AR. 

Misalnya, kamu dapat berkomunikasi dengan karakter virtual dalam aplikasi AR menggunakan suara kamu sendiri atau melakukan perintah berdasarkan perintah suara.

Perkembangan ini telah membuka berbagai peluang dalam pengembangan aplikasi AR yang lebih maju dan kompleks. AR tidak hanya memperkaya pengalaman pengguna, tetapi juga memungkinkan integrasi dengan teknologi lain untuk menciptakan solusi yang lebih cerdas dan terhubung. 

Augmented Reality - GAMELAB.ID

Baca Juga : Debugging: Definisi, Tujuan, dan Cara Kerjanya!

Penutup

Augmented Reality (AR) telah membawa inovasi yang menarik dan memiliki potensi yang terus berkembang di berbagai bidang. AR telah mengubah cara kita berinteraksi dengan dunia di sekitar kita dan memperkaya pengalaman kita dalam berbagai konteks.

Jika kamu memiliki minat di bidang teknologi, ada baiknya untuk mempelajari teknologi AR termasuk bagaimana menggunakannya di era digital seperti saat ini. Misalnya, kamu mengikuti kelas seputar pembuatan game di GAMELAB.ID dan menggabungkan game buatan kamu dengan teknologi AR.

Jika kamu menyukai pembuatan program, bisa juga dengan mengikuti Kelas Koding di GAMELAB.ID. Selanjutnya, integrasikan program tersebut dengan teknologi AR. Dengan demikian, manfaat dari program tersebut akan semakin lebih besar. Pastinya, kamu juga bisa dapatkan keuntungan dari program tersebut.

Jadi, setelah mengetahui apa itu Augmented Reality (AR) dan beberapa poin di atas, selanjutnya kamu perlu belajar bagaimana menerapkannya atau menggabungkannya dengan teknologi lain. Yuk, segera ikuti Kelas Akademi dan pilih materi sesuai passion. Info lengkapnya, silakan tanyakan di sini ya.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Rabu, 31 Mei 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI