BERITA PRAKERJA 10 Keuntungan Pelatihan Prakerja untuk Fresh Graduate

10 Keuntungan Pelatihan Prakerja untuk Fresh Graduate

Oleh Syamsul Arifin | Selasa, 27 Juni 2023

10 Keuntungan Pelatihan Prakerja untuk Fresh Graduate

Bagi fresh graduate, mengikuti pelatihan Prakerja dapat memberikan 10 keuntungan. Misalnya seperti meningkatkan skills, mendapatkan sertifikat dan banyak lagi. Yuk, cari tahu lebih lengkapnya di artikel ini.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Pelatihan Prakerja telah menjadi program yang populer di kalangan fresh graduate dan pencari kerja baru. Program ini menawarkan banyak keuntungan yang dapat membantu mempersiapkan dan meningkatkan peluang karier kamu sebagai fresh graduate. Berikut ini adalah 10 keuntungan yang dapat diperoleh oleh fresh graduate ketika mengikuti pelatihan Prakerja:

10 Keuntungan Program Prakerja

Sebagai fresh graduate, berikut ini 10 keuntungan yang akan kamu dapatkan ketika mengikuti program Prakerja:

1. Penyempurnaan Keterampilan

Dalam dunia kerja yang terus berkembang dan berubah, terkadang pendidikan formal saja tidak cukup untuk memenuhi tuntutan pekerjaan. Pelatihan Prakerja memberikan kesempatan bagi fresh graduate untuk menyempurnakan keterampilan yang spesifik dan relevan dengan kebutuhan pasar kerja saat ini. 

Program pelatihan ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang topik atau bidang tertentu, seperti teknologi informasi, keahlian digital, manajemen proyek atau keterampilan komunikasi. Fresh graduate dapat mempelajari metode terbaru, alat dan teknik yang diperlukan dalam pekerjaan sehari-hari. 

Mereka juga dapat belajar langsung dari praktisi yang berpengalaman dalam industri terkait, mendapatkan wawasan berharga tentang tren terkini dan menguasai keterampilan yang dibutuhkan untuk berhasil. Dengan mengikuti program ini, fresh graduate dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan praktis yang tidak diajarkan dalam lingkungan akademik tradisional.

2. Peningkatan Daya Saing

Dalam dunia kerja yang kompetitif, memiliki keterampilan tambahan dan keahlian yang relevan sangat penting. Pelatihan Prakerja memberikan kesempatan bagi fresh graduate untuk mempelajari keterampilan baru yang dapat membuat kamu menjadi lebih unggul dan menonjol di antara para pelamar lainnya.

Dengan memiliki keunggulan kompetitif ini, kamu memiliki peluang lebih besar untuk diterima di perusahaan dan posisi yang diinginkan. Artinya, kamu berkesempatan untuk mendapatkan kontrak kerja sesuai keinginan.

Selain itu, pelatihan Prakerja juga membantu fresh graduate dalam mengisi kesenjangan antara pendidikan formal yang mereka terima dan kebutuhan pasar kerja yang terus berkembang. Dalam pendidikan formal, seringkali fokus diberikan pada teori dan konsep dasar, sedangkan pelatihan Prakerja memberikan pemahaman yang lebih praktis dan aplikatif terhadap dunia kerja.

Dengan mengikuti program pelatihan Prakerja, kamu memiliki kesempatan untuk mempelajari keterampilan spesifik yang sesuai dengan kebutuhan industri atau pekerjaan yang mereka minati. Mereka dapat mengasah keterampilan teknis seperti pemrograman komputer, desain grafis, manajemen proyek, analisis data atau keterampilan sektor lainnya yang dibutuhkan di pasar kerja.

3. Mendapatkan Sertifikat

Setelah menyelesaikan pelatihan, kamu akan mendapatkan sertifikat. Mendapatkan sertifikat setelah menyelesaikan pelatihan Prakerja memberikan beberapa manfaat yang signifikan bagi fresh graduate.

Pertama, sertifikat tersebut dapat menjadi bukti konkret tentang kompetensi dan kemampuan yang dimiliki oleh peserta pelatihan. Sertifikat ini dapat memberikan kepercayaan kepada pengusaha bahwa fresh graduate memiliki keterampilan yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar.

Kedua, sertifikat yang diakui secara resmi juga dapat menjadi poin penting dalam membedakan diri dari para pesaing. Dalam proses seleksi kerja yang kompetitif, memiliki sertifikat yang menunjukkan keberhasilan dalam mengikuti program pelatihan Prakerja dapat membuat fresh graduate lebih menonjol di antara pelamar lainnya.

Selain itu, sertifikat pelatihan Prakerja juga dapat meningkatkan kredibilitas fresh graduate di mata pengusaha dan calon pemberi kerja. Sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga atau institusi yang terpercaya akan memberikan keyakinan bahwa fresh graduate telah menguasai materi pelatihan dan memiliki kualifikasi yang diakui oleh industri. 

4. Peningkatan Networking

Melalui pelatihan Prakerja, fresh graduate memiliki kesempatan untuk bertemu dengan para profesional dan rekan sejawat di bidang yang sama. Kamu dapat memperluas jaringan profesional dan membangun hubungan (network) yang berharga. Jaringan yang kuat dapat membantu dalam mencari peluang kerja, mendapatkan referensi dan berbagi informasi serta pengalaman di industri yang diminati.

Peningkatan networking melalui pelatihan Prakerja merupakan salah satu keuntungan yang sangat berharga bagi fresh graduate. Melalui jaringan yang kuat, kamu dapat membuka pintu ke peluang-peluang baru, mendapatkan informasi industri yang berharga, dan memperluas pengetahuan serta pemahaman tentang dunia kerja. 

5. Akses ke Mentor dan Ahli

Program pelatihan Prakerja sering melibatkan mentor dan ahli industri yang berpengalaman sebagai pengajar. Peserta dapat belajar langsung dari pengalaman dan pengetahuan mereka. Mentor dan ahli ini dapat memberikan wawasan berharga, membagikan kisah sukses, memberikan arahan yang bermanfaat dan membimbing fresh graduate dalam membangun karier yang sukses.

 

10 Keuntungan Pelatihan Prakerja - GAMELAB.ID

6. Meningkatkan Skills Secara Gratis

Mengikuti pelatihan Prakerja memberikan keuntungan yang signifikan dalam meningkatkan keterampilan secara gratis. Program ini menyediakan akses ke berbagai pelatihan berkualitas tanpa biaya bagi pesertanya. Dengan memanfaatkan pelatihan Prakerja, kamu dapat mengembangkan keterampilan baru atau meningkatkan keterampilan yang sudah ada dalam berbagai bidang, mulai dari teknologi informasi hingga keterampilan kreatif

Pelatihan ini dilengkapi dengan materi, modul pembelajaran, dan bimbingan dari para ahli di industri terkait. Dengan menambahkan keterampilan yang diperoleh melalui pelatihan Prakerja ke dalam CV atau resume kamu, kamu dapat menunjukkan kepada calon pemberi kerja bahwa kamu memiliki kemampuan yang relevan dan siap untuk menghadapi tantangan di dunia kerja.

7. Pemahaman Industri yang Lebih Mendalam

Pelatihan Prakerja sering kali mencakup modul atau materi yang berfokus pada pemahaman industri tertentu. Peserta akan mendapatkan wawasan yang lebih mendalam tentang industri yang diminati, seperti tren terbaru, perkembangan teknologi dan praktik terbaik. Ini membantu fresh graduate untuk memahami lingkungan kerja yang akan dihadapi dan mempersiapkan diri dengan pengetahuan yang relevan.

8. Pengembangan Keterampilan Soft Skills

Selain keterampilan teknis, pelatihan Prakerja juga memberikan penekanan pada pengembangan keterampilan soft skills. Keterampilan seperti komunikasi efektif, kepemimpinan, kerja tim, adaptabilitas dan kemampuan berpikir kritis sangat penting dalam dunia kerja. Dengan mengikuti pelatihan ini, kamu dapat meningkatkan keterampilan ini, yang akan membantu berinteraksi dengan baik di lingkungan kerja yang beragam dan dinamis.

9. Melengkapi CV/Resume

Mengikuti pelatihan Prakerja merupakan keuntungan signifikan dalam melengkapi CV/resume kamu, karena program ini memberikan kesempatan untuk mengembangkan keterampilan baru, memperoleh sertifikat yang diakui dan mendapatkan pengalaman praktis yang berharga. 

Dengan mencantumkan pelatihan Prakerja di CV/resume, kamu dapat menunjukkan kepada calon pemberi kerja bahwa kamu memiliki motivasi untuk terus belajar dan meningkatkan diri, serta memiliki keterampilan yang relevan dengan bidang pekerjaan yang kamu minati. 

Selain itu, sertifikat yang kamu peroleh juga dapat memberikan bukti konkret tentang kemampuan dan kualifikasi yang kamu miliki, meningkatkan kepercayaan calon pemberi kerja terhadap potensi kamu sebagai kandidat yang berkualitas.

10. Memperbesar Peluang Karier

Salah satu keuntungan utama mengikuti pelatihan Prakerja adalah memperluas peluang karier. Dengan menguasai keterampilan dan pengetahuan tambahan yang diperoleh dari program ini, fresh graduate memiliki kesempatan untuk memilih jalur karier yang lebih baik dan lebih luas. 

Mereka dapat memasuki industri yang diminati, bergerak ke posisi yang lebih tinggi atau bahkan memulai karier sebagai profesional independen. Pelatihan ini memberikan pondasi yang kuat untuk bersaing di pasar kerja yang kompetitif dan mencapai tujuan karier yang diinginkan.

 

10 Keuntungan Pelatihan Prakerja - GAMELAB.ID

Baca Juga : Mengintip Dunia Programmer, Apa yang Tidak Dikatakan di Kampus!

Penutup

Jadi, mengikuti pelatihan Prakerja merupakan langkah yang sangat penting bagi para fresh graduate dalam membangun karier yang sukses dan memperoleh keunggulan di dunia kerja yang kompetitif saat ini. Pelatihan ini memberikan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan, memperluas jaringan, mendapatkan pengetahuan industri yang mendalam dan mendapatkan bimbingan dari mentor berpengalaman.

Bagi fresh graduate, kamu dapat mengikuti pelatihan Prakerja yang disediakan di GAMELAB.ID. Dengan bergabung di GAMELAB.ID, kamu akan memiliki akses ke materi pembelajaran berkualitas, kesempatan praktik kerja dan mendapatkan bimbingan dari para ahli yang berpengalaman.

Di GAMELAB.ID, kamu bisa menggunakan saldo Prakerja untuk membeli pelatihan Mengoperasikan CorelDRAW Untuk Menjadi Designer GrafisMembuat Musik Digital Menggunakan FL Studio Untuk Menjadi Multimedia Designer dan  Memasarkan Produk dan Jasa Melalui Instagram.

Yuk, segera daftar pelatihan Prakerja di GAMELAB.ID. Jika menyelesaikan salah satu pelatihan di atas, kamu berkesempatan untuk dapatkan Ekstra Voucher Rp500.000 dari GAMELAB.ID. Info lebih lengkapnya, bisa kamu tanyakan di sini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Selasa, 27 Juni 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI