BERITA KARIR Hal yang diperlukan Ketika Memasuki Dunia Kerja.

Hal yang diperlukan Ketika Memasuki Dunia Kerja.

Oleh Hanifah Prandita | Rabu, 23 September 2020

Hal yang diperlukan Ketika Memasuki Dunia Kerja.

Setelah lulus dari sekolah, tentunya kita akan bingung. Apakah kita akan melanjutkan ke Perguruan Tinggi, atau memilih melanjutkan ke dunia kerja sesuai dengan passion. Ada beberapa persiapan sebelum memasuki Dunia Kerja.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Lulus sekolah bukanlah akhir dari sebuah pembelajaran. Justru ketika lulus dari sekolah, akan ada banyak hal yang akan kita pelajari. Dunia kerja secara nyata, tak semudah ketika kita bekerja di tempat magang. Kita harus pintar dalam mengatur strategi, supaya kita lolos di tempat kerja yang kita inginkan. Nyatanya, terkadang harapan tersebut hilang. Karena pekerjaan yang kita inginkan, ternyata memiliki saingan yang sangat banyak. Kita pun memerlukan usaha yang lebih, supaya perusahaan memilih kita sebagai karyawannya.

Jaman sekarang, banyak sekali calon pelamar kerja yang umurnya masih sangat muda. Terkadang mereka merasa yakin, bermodalkan ilmu yang mereka punya disekolah atau perkuliahan, dapat meloloskannya sebagai karyawan di perusahaan impian. Jika kalian sudah di dunia kerja, pasti merasakan bagaimana rasanya bersaing dengan beberapa orang, atau bahkan ratusan orang untuk memasuki suatu perusahaan.

Tapi jika kalian belum masuk ke dalam dunia kerja, tentu pastinya ada beberapa ketakutan, seperti takut jika tidak sesuai dengan minat yang disenangi, gaji tidak sesuai harapan, tidak cocok dengan lingkungan sekitar, atau tidak bisa menerima berbagai macam karakter pegawai yang ada di kantor. Maka dari itu, ada beberapa langkah supaya kita siap untuk memasuki dunia kerja.

Baca Juga : Mau Bisnis Laku? Analisis SWOT Dulu, Baru Deh Buka Gerai!

Langkah-langkah memasuki dunia kerja :

  • Mental pelamar kerja. Nyatanya, ketika akan memasuki dunia kerja, kita sudah merasa berkecil hati dengan kritikan-kritikan yang ada disekitarmu. Selalu berpikir positif, jangan merasa lemah ketika mendapatkan kritikan. Jadikan kritikan sebagai motivasi diri, untuk jadi yang lebih baik dari sebelumnya.
  • Mengasah dan mengembangkan kemampuan. Pada saat di sekolah, tentunya kita mendapatkan dasar-dasar dalam bidang yang akan kita tekuni di tempat kerja. Ketika kita lulus, ada baiknya mengasah kemampuan diri, sehingga kita bisa lebih percaya diri dengan kemampuan yang kita punya. Kita pun sadar akan kelemahan diri kita, dan mulai memperbaikinya sedikit demi sedikit.
  • Ubah penampilan. Pada saat sekolah atau kuliah, tentunya kita akan lebih nyaman menggunakan kaos oblong, celana jeans sobek dan sepatu keds. Ketika akan memasuki duni kerja, rubahlah sedikit penampilan, sehingga calon atasan akan yakin jika kamu adalah calon pegawai terbaik yang dibutuhkan oleh perusahaan. Itu juga akan berpengaruh pada saat kalian diterima di tempat kerja. Kamu terkesan lebih rapi, sehingga mungkin suatu saat, atasan akan meminta anda untuk menemui klien-klien penting dari perusahaan ternama. Tapi ada juga beberapa perusahan yang membebaskan kita dalam hal berpakaian, asalkan rapi.
  • Berperilaku baik. Suatu saat, anda mendapatkan pekerjaan, karena prestasi anda yang sangat cemerlang, dan kemampuan anda diatas rata-rata teman sekantor. Dengan kemampuan tersebut, anda terkadang bertindak semaunya di tempat kerja. Menyepelekan pekerjaan yang mudah karena anda merasa mampu mengerjakan dalam waktu singkat, lalu iseng membuka media sosial. Belajarlah menjaga attitude ketika di tempat kerja. Jika ingin membuka media sosial, bukalah pada saat jam istirahat.
  • Terus Belajar. Ketika lulus dari sekolah, mungkin anda merasa tidak perlu lagi belajar. Buang-buang pemikiran itu, karena di tempat kerja pun, pasti kita akan menemukan hal yang baru. Lalu atasan akan meminta kita untuk mempelajarinya. Banyak sekali hal baru yang akan kalian temukan di tempat kerja. Maka dari itu, jangan bosan-bosan untuk selalu belajar, dan mengembangkan kemampuan yang dimiliki.

Sumber :

 


Hanifah Prandita

Hanifah Prandita

Rabu, 23 September 2020

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI