Menjadi Lebih Produktif dengan KAIZEN

BERITA SELF DEVELOPMENT Menjadi Lebih Produktif dengan KAIZEN

Menjadi Lebih Produktif dengan KAIZEN

APA ITU KAIZEN?
Kaizen adalah suatu filosofi dari Jepang yang memfokuskan diri pada pengembangan dan penyempurnaan secara terus menerus atau berkesinambungan dalam perusahaan bisnisKaizen berasal dari Bahasa Jepang yaitu kai artinya perubahan dan zen artinya baik. Filsafat kaizen berpandangan bahwa hidup kita hendaknya fokus pada upaya perbaikan terus-menerus. Pada penerapannya dalam perusahaan, kaizen mencakup pengertian perbaikan berkesinambungan yang melibatkan seluruh pekerjanya, dari manajemen tingkat atas sampai manajemen tingkat bawah.

Dalam bahasa Jepang terdiri dari 2 kata yaitu kata KAI [?] dan ZEN [?]. Kata “KAI” yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia memiliki arti “berubah” sedangkan “ZEN” yang artinya adalah “Baik”. Kalau teman-teman pernah mendengar istilah LEAN STARTUP di sini, nah KAIZEN ini jika diterapkan di dalam perusahaan mirip-mirip.

BAGAIMANA MENERAPKAN KAIZEN?
Hal yang paling mudah untuk menerapkan Kaizen contohnya adalah senam kecil pagi selama 10 menit setiap hari. Mengapa cukup 10 menit? Yang paling penting adalah konsistensinya. Dengan melakukan pencapaian kecil setiap harinya, kita akan merasa puas dan mempengaruhi psikologi kita selama 1 hari penuh. Atau penerapan yang lebih kecil lagi yang biasa saya lakukan adalah merenung dan merencanakan apa yang bermakna di hari itu. Biasa saya lakukan sehabis shalat subuh ketika kondisi masih sunyi dan tenang. Saya menulis 1 hal yang paling bermakna dan bisa saya lakukan di hari itu. Kemudian, saya merealisasikannya. Mungkin 1 hal tersebut bukanlah hal yang besar, tetapi konsistensi untuk bertumbuh itulah yang paling penting. Setelah menyelesaikan 1 hal dengan baik, besoknya saya bisa memperbaiki. Small Changes, perbaikan kecil konsisten setiap harinya.

BAGAIMANA MENERAPKAN KAIZEN DALAM PERUSAHAAN?
Penerapan Kaizen di dalam perusahaan diperlukan kerja sama dari semua elemen. Baik dari level terendah sampai pada pucuk pimpinan dan pengambil keputusan. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan apabila KAIZEN akan diterapkan di dalam perusahaan. Mengacu pada artikel di sini (IlmuManajemenIndustri.com) terdapat 4 standarisasi penerapan Kaizen sebagai berikut:
1. Standarisasi Teknik – Metode Proses Pengerjaan (Work Technique)
2. Standarisasi Siklus Waktu Pengerjaan (Cycle Time)
3. Standarisasi Urutan Kerja (Work Sequence)
4. Standarisasi Produk Dalam Proses (Work In Progress)

MANFAAT PENERAPAN KAIZEN SECARA PERSONAL
Terus Bertumbuh
Dengan menerapkan Kaizen, kita akan terus bertumbuh setiap harinya. Walau perbaikan kecil, tetapi dilakukan setiap hari dan konsisten. Pada titik tertentu, kita akan mendapatkan pencapaian yang mungkin tidak akan pernah kita pikirkan sebelumnya.

Menghindari Stress
Melakukan banyak hal dan besar sekaligus akan membuang banyak energi kita. Efeknya kita bisa menjadi stress dan bahkan menghentikan segala upaya yang sebelumnya sudah kita lakukan. Kaizen menghilangkan hal tersebut, menjadikan proses besar dipecah kecil-kecil dan kita menyelesaikannya dengan energi terbaik.

MANFAAT PENERAPAN KAIZEN DALAM PERUSAHAAN
Menghindari Pemborosan
Dengan menerapkan perbaikan kecil namun konsisten, maka pemborosan dapat dihindarkan. Perusahaan akan terus bertumbuh setiap hari tanpa melakukan hal-hal yang tidak perlu.

Menyelesaikan Produk Lebih Cepat
Dalam implementasi Kaizen, proses pengiriman produk ke pelanggan dapat dilakukan lebih cepat. Hal itu dikarenakan dalam prosesnya cukup berfokus pada hal-hal yang paling penting dan dibutuhkan pelanggan. Selanjutnya, apabila sudah memenuhi syarat minimal maka produk dapat diluncurkan kemudian dilakukan perbaikan yang secara konsisten. Terlebih pada produk digital, hal ini sangat mungkin untuk dilakukan. Untuk produk fisik, agak sedikit berbeda strateginya.

Berubah dengan Cepat
Kadang-kadang perusahaan terlebih startup butuh untuk pivot secara cepat. Dengan penerapan Kaizen, maka hal tersebut mudah dilakukan.

PENUTUP
Baik teman-teman, sekian artikel dari saya semoga dapat bermanfaat. Jangan lupa share ya, supaya bermanfaat juga buat orang lain. Terima Kasih ?

Artikel ini sudah sebelumnya diterbitkan di : 

http://www.anditaru.com/230/mengenal-konsep-dan-filosofi-kaizen

 

kaizen produktifitas manajemen self development produktif bisnis
Andi Taru

Andi Taru

Senin, 27 Agustus 2018