BERITA KARIR Pilih jadi Freelancer atau Kerja Kantoran?

Pilih jadi Freelancer atau Kerja Kantoran?

Oleh Hanifah Prandita | Jumat, 25 September 2020

Pilih jadi Freelancer atau Kerja Kantoran?

Sebagian besar, orang akan memilih menjadi pegawai kantoran, karena merasa akan mendapatkan penghasilan tetap, dibandingkan menjadi freelancer. Tetapi, di masa modern ini, peluang menjadi freelancer dirasa cukup menjanjikan.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Menjadi pekerja kantoran, merupakan idaman bagi sebagian orang, karena penghasilan yang cukup menjanjikan. Dari masa ke masa, teknologi semakin berkembang. Dampak yang diberikan pun cukup signifikan, sehingga terciptalah peluang kerja. Dan pekerjaan yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan pun semakin beragam. Beruntung jika kalian bisa memasuki salah satu perusahaan impian, akan tetapi akan membuat sedih jika kita tidak masuk kriteria dari perusahaan.

Membayangkan setiap hari mempunyai kegiatan rutin di kantor, dengan suasana kantor yang menyenangkan, dan tentunya gaji yang cukup menjanjikan dari perusahaan sesuai dengan prestasimu di kantor. Ketika kamu tidak mendapatkan kesempatan untuk kerja kantoran, masih ada peluang untuk menjadi freelancer. Menjadi freelancer pun akan melatih kita untuk belajar kantoran, meskipun dengan management yang berbeda. Jika di kantor segala sesuatunya telah diatur oleh perusahaan, maka ketika menjadi freelancer, kamu harus mampu memanagement waktu sendiri, supaya klien tidak kabur.

Freelancer

  • Waktu Fleksibel. Ketika memilih jadi freelancer, time management ada di tangan kita. Kita bisa bekerja kapan pun yang kita mau. Meskipun begitu, tetap ada target yang harus kalian pasang, supaya klien tidak kecewa dengan hasil kerja kita.
  • Kemampuan yang mumpuni. Dibutuhkan kemampuan yang sangat bagus dan dapat diandalkan, karena semua pekerjaan, kita yang menangani.
  • Menguasai berbagai macam teknologi. Kita harus selalu belajar, karena itu berjuang sendiri, sehingga di wajibkan untuk memahami teknologi modern. Dengan memahami beberapa sosial media, sebagai salah satu jalan untuk memasarkan produk atau jasa yang kalian tekuni.
  • Dapat memilih klien. Saat mendapatkan beberapa klien, maka kalian akan menemui berbagai macam karakter. Tak heran jika kalian akan kewalahan menghadapinya. belum lagi orderan yang tidak jelas. Maka kalian dapat memilih klien, yang sekiranya sesuai dengan hati dan kemampuan kalian.
Baca Juga : Jadi Desainer Poster Dadakan? Tips Membuat Desain Poster yang Memukau dalam Sekejap!

Kerja Kantoran

  • Waktu bekerja telah ditentukan. Jika kita kerja kantoran, maka tak perlu susah-susah untuk menentukan waktu bekerja. Di perusahaan pun sudah ada jadwal waktu kerja.
  • Pendapatan setiap bulan. Ketika kita kerja kantoran, setiap bulan akan mendapatkan pendapatan tetap, jika kita masih dalam tahapan kontrak. Selain itu, kita pun akan mendapatkan THR.
  • Dapat fasilitas gratis dari kantor. Perusahaan yang kita tempati, biasanya memberikan fasilitas seperti asuransi bagi para pegawainya, memberikan ruangan dan lemari khusus untuk menyimpan barang-barang pribadi pegawai, ada juga pantry jika pegawainya ingin membuat minuman instan, serta menyediakan biaya pengobatan.
  • Mengembangkan skill komunikasi. Pada saat di kantor, kita akan sering mengadakan meeting. Di sana kita pasti diminta untuk memberikan pendapat, jadi secara tidak langsung akan melatih skill berkomuikasi kita. Apalagi jika atasan menunjuk kita untuk menemui beberapa kliennya. Skill komunikasi sangat dibutuhkan, jika tidak, klien-klien besar pasti akan pergi.

Itu beberapa kelebihan dari freelancer atau kerja kantoran. Entah kalian tertarik untuk menjadi freelancer ataupun kerja kantoran, pasti ada resikonya. Jika kalian memilih jadi freelancer, ada beberapa web yang menyediakan situs freelancer. Disana kalian cukup membuat akun, lalu pilih pekerjaan sesuai dengan produk atau jasa yang ingin kalian tawarkan. Apabila kalian mengingkan kerja kantoran, kalian akan mendapatkan beberapa kemudahan, karena perusahaan akan memberikan beberapa fasilitas. Cukup mencari lowongan pekerjaan di sosial media, cari perusahaan atau kantor yang sesuai dengan kemampuanmu.

Sumber :


Hanifah Prandita

Hanifah Prandita

Jumat, 25 September 2020

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI