BERITA KUNJUNGAN INDUSTRI Siswa-Siswi SMKN 2 Cimahi Menyerbu Kantor Gamelab Indonesia, Ada Apa Ya?

Siswa-Siswi SMKN 2 Cimahi Menyerbu Kantor Gamelab Indonesia, Ada Apa Ya?

Oleh Vincentius Dimas | Senin, 20 November 2023

Siswa-Siswi SMKN 2 Cimahi Menyerbu Kantor Gamelab Indonesia, Ada Apa Ya?

Siswa-siswi serta guru SMKN 2 Cimahi melakukan kunjungan industri ke PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Lewat kegiatan ini mereka memperoleh pengetahuan baru melalui seminar industri, berdiskusi dengan expert industri, dan mencoba produk game dari Educa.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Kalian bertanya-tanya? Kenapa siswa-siswi SMKN 2 Cimahi menyerbu Gamelab Indonesia? Stop, jangan berpikiran yang macam-macam dulu. Sebetulnya siswa-siswi SMKN 2 Cimahi ini datang dengan maksud baik-baik, kok.

Jadi, SMKN 2 Cimahi ini hanya sedang mendagakan Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia pada Rabu, 15 November 2023. Namun, dalam kesempatan ini yang berkunjung adalah siswa-siswi pada kompetensi Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

Perlu diketahui, Kunjungan Industri ini bermaksud agar adik-adik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mendapat gambaran bagaimana aktivitas dan proses industri ketika menghasilkan sebuah produk. Dengan begitu, nantinya mereka dapat mengambil pelajaran dan pengalaman yang relevan untuk diterapkan di sekolah.

Seminar Industri

Sesampai di Gamelab Indonesia, adik-adik SMKN 2 Cimahi akan mengikuti Seminar Industri terlebih dahulu. Pada sesi ini, mereka akan diperkenalkan pada teknik-teknik animasi terkini serta langkah-langkah dalam mengelola alur kerja game development

Maka, adanya Seminar Industri ini, harapannya mereka mendapat wawasan mendalam mengenai animasi dan workflow pada pengembangan game. Selain itu, juga memperoleh pengetahuan praktis yang dapat diterapkan dalam mengejar karier di bidang animasi dan game development.

Dok. Tim Gamelab - Seminar Animation & Game Development Workflow

Diskusi dengan Expert Industri

Setelah itu, adik-adik SMKN 2 Cimahi juga akan diberi kesempatan diskusi bersama trainer Gamelab Indonesia. Pada sesi ini, trainer akan menjelaskan tahapan-tahapan proses produksi hingga sampai ke hasil.

Meski pembelajaran diselenggarakan secara daring atau dikemas seperti webinar. Ternyata suasana pembelajaran tetap berlangsung seru dan selalu ada umpan balik antara trainer dengan adik-adik SMKN 2 Cimahi. 

Selain itu, mereka juga akan mendapat bekal ilmu terkait keahlian apa saja yang dibutuhkan di era industri sekarang. Jadi, dengan begitu mereka akan terus termotivasi untuk mengasah skill-nya di tengah perkembangan zaman sekarang.

Dok. Tim Gamelab - Siswa SMKN 2 Cimahi Mendapat Hadiah Voucher Berkat Aktif Diskusi

Explorasi Karya

Usai diskusi bersama trainer, biasanya momen ini paling ditunggu-tunggu oleh mitra SMK yang berkunjung ke Gamelab Indonesia. Pada sesi ini, adik-adik SMKN 2 Cimahi akan mencoba permainan Virtual Reality (VR) hasil dari Educa Studio dan Gamelab Indonesia.

Ringkasnya, VR merupakan teknologi yang menciptakan pengalaman interaktif dan imersif bagi pengguna ketika di dalam lingkungan simulasi. Jadi, teknologi ini memang perlu melibatkan penggunaan headset VR yang dikenakan di kepala. Nah, setelah mengenakan headset, nantinya pengguna dapat merasakan dan bisa berinteraksi dengan objek-objek lingkungan 3D.

Melalui pengalaman ini tentunya adik-adik SMKN 2 Cimahi secara tidak langsung mendapatkan kesan tersendiri dalam dunia fantasi digital. Ditambah, mereka juga berkesempatan menengok karya-karya animasi yang keren dari peserta Magang/PKL dan Kelas Industri di Gamelab Indonesia.

Dok. Tim Gamelab - Eksplorasi AR/VR Educa

Dok. Tim Gamelab - Eksplorasi Game Edukasi Educa

Tentang SMKN 2 Cimahi

SMKN 2 Cimahi telah didirikan sejak tahun 2007. Saat ini SMKN 2 Cimahi  juga sudah memiliki enam kompetensi khusus bagi siswa-siswi. Meliputi dari Animasi, Multimedia, Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Kimia Industri, Teknik Mekatronika, dan Teknik Pemesinan.

Selain itu, SMKN 2 Cimahi juga memiliki fasilitas yang cukup memadai dengan 11 laboratorium. Fasilitas pembelajaran tersebut berupa  2 Lab. Animasi, 3 Lab. Multimedia, 1 Lab. Mekatronika, 1 Lab. Mesin, 1 Lab. Kimia, dan 3 Lab. Rekayasa Perangkat Lunak.

Dok. Tim Gamelab - Siswa-Siswi SMKN 2 Cimahi

Baca Juga : Mendapat Pemahaman Langsung dari Trainer Expert, SMKN 1 Buahdua Sumedang Kunjungan Industri ke Educa Studio

Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia

PT. Educa Sisfomedia Indonesia merupakan perusahan yang memiliki tiga unit bisnis yaitu Educa Studio, Gamelab Indonesia, dan Educa Academy. Ketiga unit bisnis tersebut memiliki fokus yang sama yaitu dunia digital.

Gamelab Indonesia saat ini telah memiliki macam-macam program. Meliputi Program Magang/PKL, Prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), dan Bootcamp. Sementara itu, Educa Studio secara konsisten sudah memproduksi beragam game dan animasi untuk anak-anak. Contohnya, Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Teladan Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Sedangkan, Educa Academy ini mempunyai fokus sendiri yakni memberikan wadah pelatihan dan peningkatan kompetensi kepada guru.

Jika ingin merasakan apa yang dirasakan oleh teman-teman SMKN 2 Cimahi, kamu bisa membujuk sekolah atau kampus kamu untuk bekerja sama dengan Gamelab Indonesia. Tentunya dari kegiatan ini kamu bisa memperoleh banyak hal, yakni dapat 'bocoran' informasi baru seputar dunia industri, memahami cara kerja alat-alat industri modern, dan masih ada banyak lagi. Yuk, hubungi langsung Gamelab Indonesia, supaya kita bisa segera adakan Kunjungan Industri.


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Senin, 20 November 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI