BERITA MSIB Gamelab Indonesia dan Universitas Ivet Menjalin Kerjasama dalam Program Studi Independen Bersertifikat

Gamelab Indonesia dan Universitas Ivet Menjalin Kerjasama dalam Program Studi Independen Bersertifikat

Oleh Vincentius Dimas | Selasa, 5 Desember 2023

Gamelab Indonesia dan Universitas Ivet Menjalin Kerjasama dalam Program Studi Independen Bersertifikat

Gamelab Indonesia dan Universitas Ivet menjalin kerjasama untuk berpartisipasi pada program MSIB dari Kampus Merdeka. Program ini akan berlangsung secara daring dengan waktu selama 6 bulan. Tentunya lewat program ini akan menciptakan simbiosis mutualisme.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Gamelab Indonesia dan Universitas Ivet resmi mengukuhkan kemitraan strategis pada Senin, 4 Desember 2023. Kemitraan ini berlangsung karena sebagai langkah awal dalam partisipasi program Studi Independen Bersertifikat (Batch 6). Nantinya program tersebut akan dilaksanakan pada 16 Februari - 30 Juni 2024.

Dengan demikian, mahasiswa yang terlibat dalam program ini akan mendapatkan akses tidak hanya pada pengetahuan teoritis dari kurikulum universitas saja. Melainkan juga pengalaman praktis di Gamelab Indonesia. Maka harapannya, lewat kemitraan ini dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa serta membantu memenuhi kebutuhan industri yang terus berkembang.

Apa Studi Independen Bersertifikat?

Program Studi Independen Bersertifikat merupakan salah satu rangkaian dari MSIB (Magang dan Studi Independen Bersertifikat) yang diusung oleh Kampus Merdeka. Inisiatif ini dirancang dengan tujuan untuk menyiapkan karier secara menyeluruh dan memberikan peluang kepada mahasiswa untuk belajar di luar bidang studi mereka. Program ini juga menjamin konversi 20 SKS oleh perguruan tinggi, sehingga menciptakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih luas dan beragam.

Salah satu keunggulan program Studi Independen Bersertifikat adalah pemberian modul pembelajaran yang sangat relevan serta dibimbing oleh mentor profesional. Oleh karena itu, proses pembelajaran didesain dengan cermat agar mencakup aspek synchronous yang memungkinkan mahasiswa berinteraksi langsung dengan pengajar, mentor, dan sesama mahasiswa lainnya. Ditambah, program ini nantinya tidak hanya menitikberatkan pada pengembangan kompetensi teknis, tetapi juga melibatkan pengembangan soft skill yang terkait erat dengan bidang ilmu yang diajarkan.

Lalu, mahasiswa yang mengikuti program ini juga akan memiliki kesempatan untuk memperoleh sertifikasi setelah lulus dari evaluasi. Maka ini bisa menjadi bukti konkret atas pencapaian serta memberikan nilai tambah signifikan pada karier mereka di masa depan. Selain sertifikasi, mahasiswa juga diberikan peluang untuk mendapatkan rekomendasi kepada perusahaan atau organisasi mitra dari penyedia Studi Independen Bersertifikat.

Do. Tim Gamelab - Gamelab Indonesia dengan Universitas Ivet Resmi Bermitra

Tujuan Kemitraan

Adanya Studi Independen Bersertifikat ini menciptakan simbiosis mutualisme antara Universitas Ivet dengan Gamelab Indonesia. Sebab nantinya mahasiswa Universitas Ivet akan mendapatkan kesempatan unik untuk mendalami praktek dunia kerja di industri. Selain itu, mereka juga memiliki akses langsung ke lingkungan industri sehingga memungkinkan untuk dapat mengembangkan keterampilan praktis serta memahami dinamika industri secara mendalam.

Maka lewat kemitraan ini akan membuka peluang bagi pengembangan profesionalisme mahasiswa dan membentuk pondasi kuat untuk meningkatkan daya saing di dunia industri. Selain itu, pemberdayaan sumber daya manusia yang terampil dan terlatih akan mewakili langkah maju yang signifikan serta membawa dampak positif pada lanskap pendidikan dan industri di masa mendatang. Dengan begitu, fokus pada pertumbuhan kompetensi dan kolaborasi yang berkelanjutan akan membentuk visi positif bagi kemajuan bersama.

Dok. Tim Gamelab - Kedua Belah Pihak Sedang Menandatangani Kesapakatan Kerjasama

Mengenal Universitas Ivet

Universitas Ivet ini merupakan penyatuan dua perguruan tinggi swasta, yaitu IKIP Veteran Semarang dan Akademik Teknik Perkapalan (ATP) Veteran Semarang. Sebagai tambahan informasi, universitas ini berada di bawah naungan Yayasan Pembina IKIP Veteran Semarang dan kini telah memiliki peringkat akreditasi perguruan tinggi peringkat B, yang dikeluarkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi pada tanggal 3 Desember 2019. 

Kini, Universitas Ivet sudah memiliki 25 Program Studi (Prodi) keilmuan. Namun, pada kesempatan ini, Universitas Ivet mengajukan mahasiswa pada jurusan Pendidikan Informatika, Sistem & Teknologi Informasi, dan Bisnis Digital. Lalu, nantinya para mahasiswa ini akan memilih kelas apa yang mereka minati di Gamelab Indonesia. Kelas tersebut meliputi: Web Back-End, Web Front-End, dan Web Full Stack.

Dok. Tim Gamelab - Siap Menggebrak Masa Depan!

Baca Juga : SIB Gamelab Indonesia: Mengubah Mindset, Membangun Skill

Mengenal Gamelab Indonesia

Gamelab Indonesia adalah lembaga pendidikan dan pelatihan yang diinisiasi oleh Educa Studio (PT. Educa Sisfomedia Indonesia). Saat ini Gamelab Indonesia telah beroperasi selama 12 tahun di sektor teknologi dan industri kreatif. Secara khusus di bidang web developer, animasi, dan game. 

Sebagai tambahan informasi, Studi Independen Bersertifikat di Gamelab Indonesia akan diselenggarakan secara daring (online) selama 6 bulan. Lalu, untuk total durasi pembelajaran mencapai 900 jam dan tentunya setara dengan 20 SKS. Ditambah, Gamelab Indonesia juga berkomitmen memberikan pendekatan intensif yang didukung oleh mentor ahli industri. Oleh karena itu, nantinya setiap 1 mentor akan mengajar 25 mahasiswa yang bertujuan memberikan bimbingan yang efektif.

Menariknya lagi, Proyek Akhir sebagai bagian integral Studi Independen Bersertifikat, yang diberikan kepada mahasiswa diperkenankan untuk dijadikan bahan portofolio guna memasuki dunia kerja nanti. Dengan begitu, Gamelab Indonesia bisa menjadi tempat yang penuh tantangan dan peluang bagi mereka yang ingin mengukir karier di industri. Yuk, gelar masa depanmu dengan mengembangkan keterampilan teknis dan non-teknis di Gamelab Indonesia.


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Selasa, 5 Desember 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

TAGS

MSIB

KATEGORI