BERITA PERGURUAN TINGGI Mengenal Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka

Mengenal Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka

Oleh Ayu Larasati | Jumat, 1 Juli 2022

Mengenal Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) angkatan 3 resmi dibuka dan Gamelab terdaftar sebagai salah satu mitra industri. Yuk daftar programnya sekarang juga!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) angkatan 3 telah resmi dibuka. Dilansir dari laman Dikti Kemendikbud, Nadiem Anwar Makarim, selaku Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) menyatakan bahwa MSIB bukanlah program magang atau studi independen biasa.

Mitra industri yang menjadi rekanan untuk program ini adalah perusahaan dan organisasi kelas dunia yang memiliki kredibilitas terjamin. Sehingga, mahasiswa bisa mendapatkan mentoring atau bimbingan dari para ahli yang berpengalaman.

Gamelab Indonesia resmi menjadi mitra industri program MSIB. Dengan begitu, kamu bisa mendaftar magang online di Gamelab pada program ini.

Sebetulnya, apa itu Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB)? Lalu, bagaimana cara mendaftar magang di program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB), khususnya untuk program magang online di Gamelab?

Berikut penjelasan lengkapnya untukmu. Simak baik-baik ya.

Mengenal Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB)

Dilansir dari laman Kemendikbud, program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) adalah salah satu program Kampus Merdeka yang dirancang untuk memastikan para mahasiswa mendapatkan kompetensi terbaik, kompetensi terkini, dan kompetensi terdepan untuk menghadapi dunia masa depan.

Program MSIB Angkatan 3 ini dapat diikuti oleh mahasiswa yang terdaftar di program Diploma II minimal pada jenjang semester 3, mahasiswa yang terdaftar di program Diploma II, minimal pada jenjang semester 4, dan mahasiswa program Sarjana atau Sarjana Terapan, minimal pada jenjang semester 5 pada saat program MSIB ini dimulai.

Program MSIB Kampus Merdeka memberikan mahasiswa kesempatan untuk mengasah skill dengan belajar dan bekerja secara langsung di dunia industri. Program ini akan berlangsung selama 16-24 minggu, dan kegiatannya dapat dikonversikan dalam 20 hingga 40 SKS.

Terdiri dari Dua Program

Program MSIB ini terdiri dari 2 program, yakni Magang dan Studi Independen. Di program magang, mahasiswa akan bekerja di organisasi mitra sebagai trainee.

Tolok ukur kegiatan magang di program MSIB  adalah sebagai berikut:

  • Peserta magang diberikan real project atau proyek riil yang mempunyai nilai strategis untuk pihak industri
  • Peserta magang diberi modul pembelajaran yang berkaitan dengan persoalan proyek
  • Proyek dikerjakan secara berkelompok dengan peserta lain yang lintas disiplin ilmu
  • Peserta magang mendapatkan pendampingan oleh mentor profesional
  • Adanya peluang menjadi Full Time Employee bagi peserta magang setelah performa dinilai
  • Sertifikasi keterampilan dari industri akan memberikan nilai tinggi untuk mahasiswa

Sementara itu, Studi Independen merupakan program pembelajaran non-gelar yang dilaksanakan di sebuah industri atau organisasi. Di program ini, pengetahuan dan keterampilan yang relevan di dunia kerja disediakan untuk pesertanya.

Program ini berupa short course (kursus singkat), bootcamp, Massive Open Online Course (MOOC), dan lain sebagainya. Kemudian, akan ada kegiatan kerja sama atau kolaborasi dengan sesama peserta ataupun personel dari industri untuk mengerjakan dan menyelesaikan sebuah studi kasus atau proyek.

Berikut beberapa indikator kegiatan program Studi Independen:

  • Dikerjakan secara berkelompok, metode pembelajaran berbasis proyek nyata
  • Modul pembelajaran yang diberikan kepada peserta harus relevan
  • Peserta Studi Independen didampingi oleh mentor profesional
  • Adanya interaksi langsung antara mentor, pengajar, dan peserta di dalam pembelajaran
  • Kurikulum pembelajaran juga melingkupi pengembangan soft skill yang berkaitan dengan bidang yang diajarkan
  • Apabila peserta Studi Independen lolos evaluasi, maka akan memperoleh sertifikasi dan direkomendasikan ke mitra industri penyedia Studi Independen.

Gamelab Indonesia Menjadi Mitra Industri MSIB

Gamelab Indonesia siap membantumu untuk belajar dengan standar industri dan mendapatkan konversi hingga 20 SKS.

Gamelab Indonesia adalah lembaga pendidikan dan pelatihan yang didirikan oleh Educa Studio (PT Educa Sisfomedia Indonesia) yang sudah 10 tahun berpengalaman di bidang teknologi dan industri kreatif (komik, games, dan animasi). Dapatkan pengalaman belajar dan transfer pengetahuan dari para expert yang telah berkecimpung di Industri sekaligus konversi hingga 20 SKS melalui program Kampus Merdeka - Studi Independen Bersertifikat.

Gamelab Indonesia berkomitmen untuk menjalankan program Studi Independen Bersertifikat berkualitas tinggi yang meliputi:

  • 900 jam belajar (setara dengan konversi hingga 20 SKS)
  • Mentor (rasio 1 mentor : 25 mahasiswa)
  • Proyek Akhir (boleh dijadikan portofolio)

Gamelab Indonesia merupakan mitra lembaga pelatihan resmi dalam program Studi Independen Bersertifikat untuk menyediakan pelatihan secara daring (online).

Cara Mendaftar Program Studi Independen Kampus Merdeka di Gamelab Indonesia

Gamelab telah resmi menggelar Open Bootcamp untuk Studi Independen pada program MSIB Kampus Merdeka yang terdiri dari 4 Track:

  • Web Frontend
  • 3D Animation
  • Illustrator
  • Game Developer

Berikut cara mendaftar Program Studi Independen Kampus Merdeka di Gamelab Indonesia

  • Klik program “Studi Independen”
  • Cari “Gamelab” di kolom pencarian perusahaan. Lalu, klik cari.

  • Pilih kelas yang kamu sukai.
  • Lalu, klik “daftar”.

  • Jika kamu sudah memiliki akun, kamu tinggal login dengan alamat email dan kata sandi yang sebelumnya sudah terdaftar.
  • Sedangkan jika belum memiliki akun, kamu dapat membuat akun terlebih dahulu dengan mengikuti step-step yang ada di laman tersebut.
Baca Juga : Kunjungan dan Diskusi SMK IT Nur Hasan ke GAMELAB.ID

Penutup

Itu dia penjelasan mengenai program MSIB yang perlu kamu tahu. Tertarik untuk mendaftar program MSIB dan mengikuti Studi Independen di Gamelab? Klik di sini sekarang juga.

 


Referensi:

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2022/06/magang-dan-studi-independen-bersertifikat-msib-angkatan-3-resmi-dibuka#:~:text=MSIB%20merupakan%20salah%20satu%20program,untuk%20menghadapi%20dunia%20masa%20depan

https://dikti.kemdikbud.go.id/festival-kampus-merdeka/mendikbudristek-msib-bukan-program-magang-biasa/ 

https://tirto.id/magang-kampus-merdeka-jadwal-syarat-daftar-msib-batch-3-2022-gsSk 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Jumat, 1 Juli 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI