BERITA DESAINER GRAFIS Macam-Macam Profesi di Bidang Desain Grafis

Macam-Macam Profesi di Bidang Desain Grafis


#belajardesain #mengenalprofesidesain
Macam-Macam Profesi di Bidang Desain Grafis

Pada era digital saat ini Industri Desain Grafis sangat berkembang pesat dan banyak diminati oleh anak-anak muda. Sehingga muncul beberapa jenis profesi di bidang desain grafis.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Dalam desain grafis, ada beberapa jenis kemampuan orang untuk membuat sebuah desain. Ada yang awalnya membuat dengan memanfaatkan media 2 dimensi. Namun, seiring perkembangan teknologi, kini desain grafis juga bisa ditampilkan dengan media 3 dimensi. Hal ini turut mempengaruhi klasifikasi desain grafis dalam bidang profesi. Kira-kira apa saja ya? Yuk langsung saja kita baca artikel dibawah ini.

1. Drafter

Drafter adalah seorang desainer grafis yang memfokuskan dirinya dalam membuat rancangan arsitektur dan juga rancangan bangun yang simetris. Drafter ini biasanya bekerja dalam bidang arsitektur dan indutri. Seorang drafter haruslah seseorang yang memiliki fokus yang kuat karena pekerjaannya ini menuntut ketelitian yang tinggi dan rancangan yang sesuai. Software yang dibutuhkan oleh seorang drafter adalah Autocad, Archicad, dan 3d revit architecture.

2. Editor

Editor adalah seorang desainer grafis yang memfokuskan dirinya untuk membuat karya-karya desain grafis seperti cover buku, brosur, banner, kartu nama, pin, logo , dan lain-lain. Tipe desainer ini dibutuhkan dalam dunia periklanan atau publikasi. Software yang dibutuhkan untuk seorang editor adalah Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Freehand.

3. Layouter

Layouter adalah seorang desainer grafis yang memfokuskan dirinya untuk pembuatan majalah, buku, korang dan alat publikasi lainnya. Layouter ini bertugas untuk mengatur tata letak tulisan agar enak untuk dilihat. Beberapa software yang harus dikuasai yaitu Adobe Page Maker, MS.publisher, dan Adobe InDesign. Pekerjaan yang cocok untuk layouter ini adalah di percetakan buku, koran, majalah dan sebagainya.

4. Art Director

Art director adalah seorang desain grafis yang membuat karya seni nya di komputer baik untuk visual effect maupun sebagai hiasan saja. Misalnya adalah membuat gambar vektor, wpap, low poly, dan lain-lain. Tidak sembarang orang bisa menjadi seorang art director. Hanya orang-orang yang memiliki kretifitas tinggi lah yang mampu menjadi seorang art director. Orang-orang seperti ini pantas untuk bekerja didunia perfilman, editing effect, dan sebagainya. Software yang dibutuhkan oleh seorang Art Director adalah CorelDraw, Photoshop, Photo Paint, dan Art creator.

5. Fotografer

Fotografer adalah orang-orang yang lihai dalam memainkan kamera. Selain pandai memotret, seorang fotografer juga harus pandai dalam mengedit gambar-gambar hasil potretannya agar gambar terlihat lebih bagus dan lebih meyakinkan. Biasanya fotografer dalam mengedit fotonya menggunakan software Adobe Photoshop. Orang-orang seperti ini dibutuhkan didalam dunia fotografi, foto editor, wartawan, dan lainnya.

6. Animator

Animator adalah desainer grafis yang bergelut dibidang motion graphic, iklan atau animasi fantasi. Seorang animator haruslah orang yang memiliki pengetahuan yang tinggi dan imajinasi yang luas  dan harus menguasai software Macromedia Flash, Adobe Flash, After Effect, 3d maya, gif animator, dan corel rave.   Orang-orang seperti ini dibutuhkan didunia advertising, perfilman, pertelevisian, dan lainnya.

7. Visualisator

Visualisator adalah seorang desainer grafis yang khusus membuat gambaran dari sebuah produk yang akan dikeluarkan. Hasil gambar visualisasi ini haruslah terlihat real atau 3d. Orang-orang seperti ini dibutuhkan didunia visualisasi produk.

8. Video Editor

Video editor adalah seorang desainer yang memfokuskan dirinya untuk vidio editing. Namun tidak hanya video editing saja, editor video juga harus bisa menshoot video. Orang-orang seperti ini biasanya dibutuhkan didalam dunia perfilman dan industri musik. Software yang dibutuhkan untuk seorang editor video adalah Adobe Premier, Sony Vegaz, After Effect, Pinneacle, Ulead Video Studio, dan lainnya.

9. Integrated Desainer