BERITA UMUM Mengapa Engagement Penting dalam Media Sosial? Berikut Penjelasannya dan Tipsnya!

Mengapa Engagement Penting dalam Media Sosial? Berikut Penjelasannya dan Tipsnya!

Oleh Vincentius Dimas | Selasa, 6 Februari 2024

Mengapa Engagement Penting dalam Media Sosial? Berikut Penjelasannya dan Tipsnya!

Jika kamu seorang pebisnis yang melakukan promosi dalam media sosial, kamu juga harus memperhatikan bagaimana engagement kontenmu. Yuk, ketahui betapa pentingnya engagement dalam artikel berikut!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Dalam era digital saat ini, media sosial telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari. Maka bila disimpulkan, media sosial kini bukanlah sebagai platform untuk berkomunikasi saja melainkan juga menjadi wadah untuk berbagai informasi dan konten. Nah, salah satu elemen kunci yang memainkan peran besar dalam keberhasilan kampanye atau kehadiran online adalah "engagement."

Apa Itu Engagement?

Engagement dalam konteks media sosial bukanlah sekadar angka atau statistik, namun ini lebih menekankan mengenai indikator penting dari seberapa baiknya konten berinteraksi dengan audiens. Hal tersebut mencakup segala bentuk partisipasi pengguna seperti likes, komentar, shares, dan tindakan lain yang menunjukkan keterlibatan mereka dengan konten yang dibagikan. Berikut penjelasan lebih lanjutnya terkait indikator partisipasi pengguna:

Likes (Suka)

Likes tidak hanya sebagai bentuk apresiasi, tetapi juga indikator awal seberapa menariknya konten yang telah dipublikasikan ke media sosial. Maka semakin tinggi jumlah likes, semakin besar potensi konten untuk muncul di beranda pengguna lainnya. Dengan begitu, likes yang banyak akan menciptakan semacam efek domino sehingga memperkuat visibilitas untuk meningkatkan peluang konten mendapat apresiasi dari audiens yang lebih luas.

Komentar

Komentar adalah tanggapan aktif dari pengguna yang ingin berkontribusi dalam diskusi. Melalui komentar yang ada pada konten akan memperkaya perspektif dan membuka pintu untuk dialog lebih dalam. Selain itu, jumlah komentar juga bisa menjadi tolok ukur seberapa baik konten  merangsang pemikiran dan berinteraksi dengan audiens.

Shares (Pembagian Konten):

hares juga membuka pintu untuk potensi viralitas. Mengapa demikian? Karena shares adalah indikator tingkat keberhasilan konten dalam menarik perhatian audiens serta memperluas jangkauan dan dapat memberikan dampat positif untuk promosi online.

Tindakan Lain (Klik Tautan, Melihat Video, dan lain-lain)

Tindakan tambahan seperti mengklik tautan yang disematkan atau menonton video, juga menunjukkan tingkat keterlibatan yang lebih tinggi. Artinya, menandakan bahwa konten yang dibagikan telah berhasil memotivasi pengguna untuk mengambil langkah-langkah lebih lanjut, karena membuka peluang untuk mengarahkan mereka ke situs web atau konten tambahan.

Konversi dan Pembelian

Engagement yang kuat pada akhirnya dapat mengarah pada konversi dan pembelian. Dalam arti lain, audiens yang merasa terlibat dengan suatu merek, biasanya mereka akan mengambil tindakan lebih lanjut seperti pembelian produk atau layanan yang  ditawarkan. Maka bisa disimpulkan, pada indikator inilah puncak keberhasilan dari sebuah konten promosi melalui media sosial.

Sumber Freepik: Engagement - Gamelab.ID

Mengapa Engagement Penting dalam Ranah Media Sosial?

Seperti apa yang dikatakan sebelumnya, bahwasanya media sosial sudah tidak lagi hanya tentang menyiarkan pesan melainkan panggung interaktif di mana hubungan antara merek dan audiens dibangun. Oleh karena itu, engagement memiliki peran penting dalam mengukur aktifitas dan partisipasi pengguna serta keberhasilan strategi media sosial. Berikut adalah beberapa alasan mengapa engagement penting dan mendalam dalam ranah media sosial:

Membangun Koneksi dan Keterlibatan

Engagement menciptakan saluran dua arah antara merek dan pengguna. Melalui komentar dan interaksi langsung dari pengguna akan memungkinkan konten membangun koneksi yang lebih personal. Karena semakin besar tingkat keterlibatan, semakin kuat pula ikatan yang terbentuk dan membantu membangun komunitas yang setia.

Meningkatkan Kesadaran Merek

Dengan tingkat engagement yang tinggi, memungkinkan konten lebih dilihat dan diingat oleh audiens. Jadi ini tidak hanya membantu meningkatkan kesadaran merek, tetapi juga membangun citra positif dan mengukuhkan identitas merek di benak pengguna.

Algoritma Platform Memberi Prioritas

Algoritma media sosial memberi prioritas pada konten dengan tingkat engagement tinggi. Dengan demikian, semakin banyak interaksi yang didapatkan, semakin besar peluang konten dipromosikan oleh algoritma serta menghasilkan efek domino dalam meningkatkan jangkauan konten.

Feedback dan Insight Pengguna

Mendapat feedback melalui komentar dari pengguna pada konten bukan berarti negatif, melainkan sarana untuk menambah wawasan atau strategi konten selanjutnya. Maka dengan menganalisis feedback tersebut, kamu dapat memberikan wawasan lebih lanjut tentang perasaan dan preferensi audiens. Dengan begitu, informasi dapat menjadi berharga untuk peningkatan konten dan strategi komunikasi berikutnya.

Memotivasi Tindakan Selanjutnya

Engagement yang kuat dapat menjadi pendorong untuk tindakan selanjutnya. Maka pengguna yang terlibat secara intens memungkinkan untuk mengunjungi situs web, mendaftar ke newsletter, atau bahkan melakukan pembelian. Oleh karena itu, engagement bukan hanya tentang pengakuan, tetapi juga tentang mengarahkan audiens ke langkah-langkah lebih lanjut dalam perjalanan konversi.

Sumber Freepik: Media Sosial - Gamelab.ID

Apa Saja yang Mempengaruhi Engagement Rate?

Setelah mengetahui indikator dan alasan betapa pentingnya melihat engagement, langkah selanjutnya adalah mengetahui apa saja yang mempengaruhi engagement rate. Berikut faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan pengguna:

Kualitas Konten

Kualitas konten adalah fondasi utama dari engagement yang tinggi. Maka konten yang benar-benar berkualitas tidak hanya memberikan informasi, tetapi juga merangsang emosi dan memecahkan masalah bagi audiens. Oleh karena itu, menyajikan konten yang segar, informatif, dan kreatif merupakan sebuah keharusan agar meningkatkan daya tarik dan kemungkinan interaksi pengguna.

Visual Konten

Daya tarik visual sangat berpengaruh terhadap engagement. Pengguna media sosial cenderung menanggapi konten yang disertai dengan gambar dan video yang menarik. Maka menciptakan visual yang estetis dan relevan dengan pesan yang ingin disampaikan dapat meningkatkan tingkat keterlibatan dan memicu respons positif.

Interaksi dengan Pengikut

Berinteraksi secara aktif dengan pengikut adalah kunci untuk membangun komunitas yang terlibat. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menanggapi komentar, bertanya kepada pengikut, dan mengakui kontribusi mereka. Dengan begitu, engagement rate dapat meningkat dan memperkuat hubungan merek dengan audiens.

Waktu Posting

Memikirkan waktu dalam memposting konten juga memiliki dampak langsung pada engagement rate. Sebab tindakan ini memastikan konten yang dibagikan dapat muncul di feed pengguna pada saat waktu yang tepat agar audiens aktif terlibat.

Penggunaan Hashtag 

Hashtag bukan hanya alat untuk meningkatkan visibilitas, tetapi juga mempengaruhi engagement rate. Maka dengan menggunakan hashtag yang relevan dapat menarik perhatian pengguna untuk mencari informasi terkait. Selain itu, membuka peluang untuk mendapatkan interaksi dari pengguna yang mungkin belum mengikuti akun media sosial bisnismu.

Sumber Freepik: Engagement Rate - Gamelab.ID

Baca Juga : Mengoptimalkan Kinerja 10 Strategi Marketing dalam Media Sosial yang Wajib Diketahui Perintis Bisnis!

Cara Meningkatkan Engagement dalam Media Sosial

Meningkatkan tingkat engagement dalam media sosial memerlukan pendekatan yang strategis dan konsisten. Berikut adalah tujuh cara yang dapat kamu terapkan untuk meningkatkan interaksi dan keterlibatan pengguna:

Berika Kualitas Konten yang Terbaik

Kualitas konten adalah kunci utama dalam menarik perhatian pengguna. Maka fokuslah pada pembuatan konten yang informatif, relevan, dan kreatif. Misalnya, menggunakan strategi storytelling untuk membangun narasi yang menarik dan berfokus pada memberikan nilai tambah kepada audiens Anda.

Visual yang Menarik dan Beragam

Visual memiliki daya tarik yang besar, jadi pastikan untuk menyertakan gambar dan video yang menarik. Misal, dengan meggunakan grafis yang estetis dalam video konten yang informatif, dan eksplorasi format visual lainnya. Sebab varian visual dapat memperkaya pengalaman pengguna dan merangsang keterlibatan.

Berinteraksi Langsung dengan Pengikut

Berinteraksi secara langsung dengan pengikut adalah cara efektif untuk membangun koneksi. Maka tanggapi komentar dengan penuh perhatian, ajukan pertanyaan, dan buat diskusi. Dengan begitu, membuat pengikut merasa didengar dan dihargai sehingga terciptanya pula rasa kepemilikan mereka terhadap kontenmu.

Gunakan Call-to-Action (CTA)

Call-to-Action (CTA) memberikan arahan jelas kepada pengguna untuk melakukan tindakan tertentu. Maka ajaklah mereka untuk memberikan like, komentar, atau membagikan konten. Dengan demikian, CTA yang menarik dan relevan dapat merangsang partisipasi aktif dan meningkatkan tingkat engagement.

Adakan Kontes dan Giveaway

Kontes dan giveaway menciptakan kegembiraan dan insentif untuk berpartisipasi.  Jadi ini bukan hanya meningkatkan engagement, tetapi juga memperluas jangkauan konten melalui pembagian dan partisipasi.

Pertimbangkan Waktu Posting yang Tepat

Waktu posting dapat memengaruhi seberapa banyak pengguna yang melihat dan berinteraksi dengan kontenmu. Maka analisis waktu yang terbaik untuk audiens dan jadwalkan posting pada saat yang paling efektif. Sehingga ini membantu memaksimalkan potensi jangkauan dan respons.

Gunakan Analisis Data untuk Peningkatan Terus Menerus

Pantau dan analisis data engagement secara teratur. Kemudian identifikasi jenis konten yang paling berhasil dan pelajari tren perilaku pengguna. Maka dengan memahami data tersebur, kamu dapat membuat konten berkelanjutan untuk meningkatkan strategi dan mempertahankan engagement yang tinggi.

Itu dia penjelasan mengenai betapa pentingnya engagement media sosial dalam suatu bisnis. Jika kamu ingin meningkatkan mengingkatkan skill dalam bisnis, kamu bisa ikut kelas Strategi Menghasilkan Pendapatan Melalui TikTok atau Belajar Branding dan Marketing untuk Pemula dari Gamelab Indonesia. Keuntungannya mengikuti kelas tersebut adalah, kamu akan dibimbing oleh trainer expert dari industri yang relevan, kelasnya sangat murah alias tidak sampai menyentuh nominal seratus ribu, dan bisa diikuti secara daring. Yuk, buruan ikuti kelasnya karena lagi ada promo!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Selasa, 6 Februari 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI