BERITA UMUM Demi Menciptakan Pendidikan Vokasi Unggul, SMK Farmasi Majenang Seminar Industri dengan Gamelab Indonesia

Demi Menciptakan Pendidikan Vokasi Unggul, SMK Farmasi Majenang Seminar Industri dengan Gamelab Indonesia

Oleh Vincentius Dimas | Selasa, 6 Februari 2024

Demi Menciptakan Pendidikan Vokasi Unggul, SMK Farmasi Majenang Seminar Industri dengan Gamelab Indonesia

SMK Farmasi Majenang adakan Seminar Industri ke PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Lewat kegiatan ini, mereka memperoleh pengetahuan baru melalui seminar industri, berdiskusi dengan expert industri, serta eksplorasi karya Educa dan Gamelab.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Demi menciptakan pendidikan vokasi yang unggul, SMK Farmasi Majenang menggelar Seminar Industri bersama Gamelab Indonesia pada Selasa, 6 Februari 2024. Sekolah tersebut mendatangkan sebanyak 34 siswa dan 2 guru. Lalu untuk jurusan yang menghadiri seminar adalah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

Sekilas informasi, Seminar Industri adalah salah satu kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang industri yang lebih komprehensif kepada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Terlebih memperkenalkan aktivitas atau proses kreatif yang telah diusung oleh dunia industri saat ini. Dengan begitu, para siswa SMK akan memporelah pengetahuan dan pengalaman yang dapat diterapkan secara relevan dalam konteks lingkungan sekolah.

Seminar Industri

Sesampai di Gamelab Indonesia, serangkaian kegiatan dimulai dengan penyelenggaraan Seminar Industri. Pada sesi ini, siswa SMK Farmasi Majenang akan diajak untuk mengenali visi, misi, dan budaya kerja yang diterapkan oleh PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Selain itu, mereka akan diberikan informasi mendalam mengenai keterampilan yang sedang dibutuhkan oleh industri game dan animasi.

Tak hanya itu, selama seminar juga akan dijelaskan konsep-konsep proses produksi dan tren terkini dalam industri kreatif secara detail. Lalu mereka juga diberikan studi kasus agar mendapat gambaran konkret mengenai tantangan dan pencapaian yang mungkin akan dihadapi kelak nanti di industri. Dengan demikian, mereka memperoleh pengetahuan yang relevan mengenai perkembangan terbaru di dunia game dan animasi.

Dok. Tim Gamelab: Seminar Industri - Gamelab.ID

Diskusi dengan Trainer Expert dari Industri

Nah, untuk sesi kedua, siswa SMK Farmasi Majenang akan mendapatkan kesempatan menarik karena mereka akan berdikusi secara daring dengan trainer expert dari Gamelab Indonesia. Hal yang didiskusikan adalah mengenai proses kreatif dalam pembuatan game dan animasi.

Proses kreatif tersebut meliputi dari perencanaan, desain, pengkodean, hingga pengujian dan peluncuran produk. Maka dengan adanya diskus ini mereka mendapatkan pemahaman tentang berbagai tahapan yang menjadi fokus utama industri dalam menciptakan produk, dan memperoleh pengetahuan praktis yang dapat diterapkan untuk mengejar karier di bidang pilihan masing-masing individu.

Dok. Tim Gamelab: Diskusi Daring dengan Trainer Expert Gamelab - Gamelab.ID

Eksplorasi Karya Game Educa dan Gamelab

Setelah diskusi daring dengan trainer, momen yang sangat dinanti oleh peserta Seminar Industri adalah Eksplorasi Karya. Pada sesi ini, siswa SMK Farmasi Majenang akan mencoba bermain Virtual Reality (VR) hasil karya dari Educa Studio. Selain itu, mereka juga diberikan kesempatan untuk mengeksplor karya-karya animasi yang keren hasil dari peserta Program Magang/PKL dan Kelas Industri di Gamelab Indonesia.

Dengan demikian, dalam sesi eksplorasi ini, mereka dapat merasakan sensasi bermain sambil memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai keterampilan dan inovasi dalam dunia animasi dan game. Lebih dari itu, mereka juga memiliki peluang untuk mengevaluasi kreativitas dan kualitas karya yang dihasilkan oleh industri, sehingga dapat menjadi sumber inspirasi dan panduan untuk mengembangkan bakat mereka sendiri.

Dok. Tim Gamelab: Eksplorasi Karya - Gamelab.ID

Tentang SMK Farmasi Majenang

SMK Farmasi Majenang terletak di Jalan Dokter Wahidin No.288, Muktisari, Sindangsari, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Saat ini sekolah tersebut telah memiliki tiga jurusan yakni:

  • Rekayasa Perangkat Lunak
  • Farmasi
  • Analis Kimia

Dok. Tim Gamelab: SMK Farmasi Majenang - Gamelab.ID

Baca Juga : SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo Seminar Industri ke Gamelab Indonesia

Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia

PT. Educa Sisfomedia Indonesia saat ini mengelola tiga sektor bisnis utama, yaitu Educa Studio, Gamelab Indonesia, dan Educa Academy. Semua tiga sektor bisnis ini memiliki tujuan yang senada terkait perkembangan dunia pendidikan dan teknologi digital.

Sebagai informasi, Gamelab Indonesia kini telah berhasil merintis beberapa program seperti Magang/PKL, Prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), dan Bootcamp. Di samping itu, Educa Studio bertanggung jawab atas aspek kreatif dalam menciptakan permainan digital dan animasi edukatif untuk anak-anak, termasuk Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Teladan Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Sedangkan, Educa Academy fokus pada pelatihan dan peningkatan kompetensi bagi pendidik atau guru.

Apakah kamu tertarik dengan pengalaman yang telah dialami oleh SMK Farmasi Majenang? Jika iya, ajaklah sekolah atau kampus kamu untuk menjalin kerja sama dengan Gamelab Indonesia. Tentunya kerja sama ini menawarkan berbagai keuntungan seperti pemahaman mendalam tentang dunia industri, wawasan baru mengenai peralatan industri modern, dan manfaat lainnya. Yuk, segera menyelenggarakan Kunjungan Industri yang menarik dan bermanfaat bersama Gamelab Indonesia!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Selasa, 6 Februari 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI