BERITA UMUM CEO PT. Educa Sisfomedia Indonesia Mengenalkan Game Edukasi ke Siswa SMA Unggulan RUSHD

CEO PT. Educa Sisfomedia Indonesia Mengenalkan Game Edukasi ke Siswa SMA Unggulan RUSHD

Oleh Vincentius Dimas | Senin, 19 Februari 2024

CEO PT. Educa Sisfomedia Indonesia Mengenalkan Game Edukasi ke Siswa SMA Unggulan RUSHD

Andi Taru, CEO PT. Educa Sisfomedia Indonesia menjadi pembicara Seminar Industri di SMA Unggulan RUSHD. Dalam kegiatan tersebut, para siswa sangat interaktif dan bisa mengetahui budaya industri kreatif secara komprehensif.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Andi Taru NNW, S.Kom., M.Cs., CEO PT. Educa Sisfomedia Indonesia berkesempatan menjadi pemapar materi saat Seminar Industri di SMA Unggulan RUSHD pada Jumat, 16 Februari 2024. Dalam seminar ini, Pak Andi Taru menyampaikan banyak hal seputar bagaimana dirinya menjadi seorang pemimpin, karya kreatif dari sebuah industri, dan perkembangan game edukasi berbasis teknologi.

Mengenal Industri

Di dunia yang terus berkembang dengan cepat, penting bagi generasi muda untuk memahami pentingnya mengenal industri sejak dini. Masa-masa pelajar adalah waktu yang tepat untuk mulai menggali pengetahuan tentang dunia kerja dan industri yang mungkin menjadi landasan bagi karier masa depan.

Salah satu alasan utama mengapa mengenal industri sejak dini begitu penting adalah untuk mempersiapkan diri menghadapi persaingan yang semakin ketat di pasar kerja global. Dengan memahami bagaimana industri beroperasi, pelajar dapat mengidentifikasi minat dan bakat mereka serta menyesuaikan pendidikan mereka sesuai dengan kebutuhan industri yang mereka minati.

Pak Andi Taru, selaku CEO, tentunya tak luput dalam menyampaikan bagaimana PT. Educa Sisfomedia Indonesia bisa berdiri hingga saat ini. Perlu diketahui, PT. Educa Sisfomedia Indonesia merupakan sebuah industri game dan animasi yang memiliki spirit menciptakan proses belajar yang CEMUMU (Cepat Tepat, Mudah Murah, dan Muenyenangkan). Secara khusus, memanfaatkan teknologi untuk menghasilkan produk pendidikan yang bermanfaat. Dengan demikian, mereka bisa memperoleh pengetahuan mengenai perkembangan sebuah industri.

Dok. Tim Educa: CEO PT. Educa Sisfomedia Indonesia - Gamelab.ID

Game Edukasi

Dalam era di mana teknologi semakin meresap ke dalam kehidupan sehari-hari, menjadi semakin penting untuk memanfaatkannya secara positif, terutama dalam hal pendidikan anak-anak. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, juga muncul potensi penyalahgunaannya.

Menanggapi hal tersebut, Pak Andi menyampaikan, bahwa game edukasi berbasis digital yang diproduksi oleh PT. Educa Sisfomedia Indonesia merupakan terobosan untuk membantu meningkatkan pendidikan di zaman sekarang. Lebih dari itu, game edukasi juga memungkinkan anak-anak untuk belajar secara mandiri dan dalam lingkungan yang aman dan terkendali. Dalam arti lain, mereka dapat menjelajahi konsep-konsep baru dengan cara yang interaktif dan eksploratif, sembari mendapatkan umpan balik yang langsung dari permainan itu sendiri.

Dok. Tim Educa: Menonton Hasil Karya Industri - Gamelab.ID

Tentang SMA Unggulan RUSHD

SMA Unggulan RUSHD terletak di Kebayanan 1, Jati, Masaran, Daerah Sragen, Jawa Tengah. Menariknya, sekolah ini memiliki 7 program unggulan yang bertujuan untuk mengembangkan minat dan bakat siswa agar menjadi pribadi yang siap berprestasi pada akademik. Sebagai berikut:

  • Olympiad Program: Dalam program ini, semua murid akan menerima pembinaan khusus serta berpartisipasi dalam berbagai kompetisi, baik yang diadakan di tingkat nasional maupun internasional.
  • Science Project: Dalam program ini, siswa akan mendapat arahan dari guru atau dosen dari universitas terkait saat mereka melakukan penelitian ilmiah. Hasil dari program ini adalah produksi karya ilmiah yang kemudian dipertandingkan dalam berbagai ajang kompetisi proyek sains, baik di tingkat nasional maupun internasional.
  • Communication Skill: Menguasai kemampuan berkomunikasi yang efektif memiliki manfaat besar dalam berbagai bidang kehidupan, terutama bagi pelajar atau siswa. Karena itu, memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik sangatlah penting agar siswa dapat merasa percaya diri saat menyampaikan pendapat atau ide kepada orang lain.
  • STEAM Education: Pendekatan STEAM Education akan mendorong siswa untuk belajar dan mengeksplorasi berbagai kemampuan yang dimiliki secara unik. Maka tujuan dari pendekatan ini adalah untuk mengembangkan kemampuan berpikir, penalaran, kerja tim, investigasi, dan keterampilan kreatif yang dapat diterapkan oleh siswa dalam berbagai konteks kehidupan mereka.
  • Entrepreneurship Program: Dalam program ini, siswa dipersiapkan untuk mengembangkan kemandirian, keberanian mengambil risiko, dan keterampilan dalam mengambil keputusan secara mandiri. Melalui pembelajaran kewirausahaan ini, diharapkan siswa dapat membentuk sikap mental yang mirip dengan seorang pengusaha dalam diri mereka.
  • Basic Coding: Dengan mengenalkan dunia coding sejak dini, harapannya siswa dapat mengembangkan keterampilan problem solving, computational thinking, kreativitas, komunikasi dan digital literacy.
  • University Preparation: Dalam program ini, siswa akan diberikan panduan untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi serta menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan untuk pendaftaran, baik di dalam maupun di luar negeri. Mereka juga akan diberi informasi tentang perguruan tinggi melalui seminar atau kunjungan langsung ke kampus. 

Dok. Tim Educa: SMA Unggulan RUSHD - Gamelab.ID

Baca Juga : SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo Seminar Industri ke Gamelab Indonesia

Tentang PT. Educa Sifomedia Indonesia

PT. Educa Sisfomedia Indonesia saat ini mengelola tiga sektor bisnis utama, yaitu Educa Studio, Gamelab Indonesia, dan Educa Academy. Semua tiga sektor bisnis ini memiliki tujuan yang senada terkait perkembangan dunia pendidikan dan teknologi digital.

Sebagai informasi, Gamelab Indonesia kini telah berhasil merintis beberapa program seperti Magang/PKL, Prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), dan Bootcamp. Di samping itu, Educa Studio bertanggung jawab atas aspek kreatif dalam menciptakan permainan digital dan animasi edukatif untuk anak-anak, termasuk Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Teladan Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Sedangkan, Educa Academy fokus pada pelatihan dan peningkatan kompetensi bagi pendidik atau guru.

Apakah kamu ingin mengetahui budaya industri kreatif secara menyeluruh? Jika kamu ingin merasakan apa yang dirasakan oleh SMK Unggul RUSHD, kamu bisa ajak sekolah atau kampus kamu untuk menjalin kerja sama dengan Gamelab Indonesia. Tentunya kerja sama ini menawarkan berbagai keuntungan seperti pemahaman mendalam tentang dunia industri, wawasan baru mengenai peralatan industri modern, dan manfaat lainnya. Yuk, segera menyelenggarakan Kelas Industri yang menarik dan bermanfaat bersama Gamelab Indonesia!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Senin, 19 Februari 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI