BERITA UMUM Gamelab Indonesia dan SMK Gema Nusantara Wonoso Kerja Sama dalam Uji Kompetensi Keahlian (UKK)

Gamelab Indonesia dan SMK Gema Nusantara Wonoso Kerja Sama dalam Uji Kompetensi Keahlian (UKK)

Oleh Vincentius Dimas | Jumat, 23 Februari 2024

Gamelab Indonesia dan SMK Gema Nusantara Wonoso Kerja Sama dalam Uji Kompetensi Keahlian (UKK)

Gamelab Indonesia bekerja sama dengan SMK Gema Nusantara Wonosobo dalam rangka menguji kompetensi siswa melalui Uji Kompetensi Keahlian (UKK). Yuk, simak pentingnya program tersebut!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Gamelab Indonesia dan SMK Gema Nusantara Wonosobo telah menjalin kerja sama dan penandatangan dalam rangka menyelenggarakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) pada Senin, 19 Februari 2024. Pada kesempatan ini, SMK Gema Nusantara mengajukan siswa-siswanya pada jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL). Mari sima lebih lanjut artikel ini supaya mendapat gambaran betapa pentingnya UKK untuk pendidikan kejuruan.

Tentang Uji Kompetensi Keahlian (UKK)

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan metode evaluasi yang diterapkan pada tingkat pendidikan kejuruan, khususnya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan institusi pelatihan kejuruan lainnya. Tujuan utama dari UKK adalah untuk mengukur kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan siswa atau peserta pelatihan dalam bidang keahlian spesifik yang mereka pelajari.

Selain sebagai alat evaluasi, UKK juga memiliki peran penting dalam menentukan kelulusan siswa, di mana hasilnya menjadi acuan untuk standar kompetensi kelulusan. Melalui UKK, siswa akan diberikan sertifikat kompetensi yang menegaskan kemampuan yang dimiliki. Sertifikasi ini memberikan informasi yang berharga tentang kompetensi yang dimiliki oleh siswa SMK.

Selanjutnya, UKK yang melibatkan asesmen dari pihak industri merupakan proses penilaian yang dilakukan oleh para ahli atau perwakilan dari industri terkait terhadap siswa atau peserta pelatihan dari lembaga pendidikan atau pelatihan. Proses ini memastikan bahwa siswa memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja dan memperkuat hubungan antara dunia pendidikan dengan industri. Dengan demikian, UKK tidak hanya mengukur kemampuan siswa, tetapi juga memastikan relevansi kurikulum dengan tuntutan pasar kerja.

Dok. Tim Gamelab: UKK - Gamelab.ID

Benefit UKK bersama Gamelab Indonesia

Seperti apa yang diucapkan sebelumnya, program ini tidak hanya memberikan manfaat langsung bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), tetapi juga membantu menyempurnakan hubungan antara pendidikan dan dunia industri. Maka, melalui UKK bersama Gamelab Indonesia, siswa nantinya dapat mengukur secara jelas pencapaian kompetensi mereka setelah menyelesaikan proses pembelajaran sesuai dengan bidang keahlian yang dipelajari. Berikut benefit yang akan didapati oleh sekolah:

  • Melalui partisipasi dalam UKK bersama Gamelab Indonesia, siswa SMK dapat mengukur pencapaian kompetensi setelah menyelesaikan proses pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi keahlian yang dipelajari.
  • Gamelab Indonesia memfasilitasi siswa SMK yang akan menyelesaikan pendidikannya untuk mendapatkan sertifikat yang telah diverifikasi secara Nasional, sehingga membuka pintu menuju kesempatan kerja yang lebih luas.
  • Gamelab Indonesia berkomitmen untuk mengoptimalkan pelaksanaan sertifikasi kompetensi dengan memperhatikan capaian kompetensi lulusan SMK sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia.
  • Gamelab Indonesia juga memfasilitasi kerjasama antara SMK dengan dunia usaha, industri, dan kerja (DUDIKA) untuk menyelaraskan Uji Kompetensi sesuai kebutuhan pihak terkait.
  • Materi UKK disusun berdasarkan skema sertifikasi yang mencakup kemampuan melaksanakan pekerjaan spesifik, operasional, dan penjaminan mutu sesuai dengan jenjang kualifikasi peserta uji/asesi.
  • Ujian dilaksanakan secara berbasis komputer melalui LMS Gamelab Indonesia, sehingga memudahkan akses dan mendapatkan sertifikat kompetensi dalam bentuk digital bagi peserta.

Dok. Tim Gamelab: UKK - Gamelab.ID

Tentang SMK Gema Nusantara

SMK Gema Nusantara terletak di Jalan Pemuda No.142, Wonosobo Timur, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Saat ini sekolah tersebut telah memiliki dua komptensi keahlian untuk siswanya:

  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  • Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL)

Dok. Tim Gamelab: SMK Gema Nusantara - Gamelab.ID

Baca Juga : Menuju Ahli Web Front-End Developer, SMK IT Rabbi Radhiyya Adakan UKK bersama Gamelab Indonesia

UKK bersama Gamelab Indonesia

Gamelab Indonesia merupakan salah satu perusahaan industri yang siap mendukung peningkatan kualitas lulusan SMK. Saat ini, Gamelab Indonesia telah menjalin kerja sama 300+ SMK dan perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Berikut ini adalah daftar sekolah kejuruan yang memiliki kemampuan untuk mengadakan UKK bersama Gamelab Indonesia:

  • Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPGL)
  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  • Multimedia (MM)
  • Desain Komunikasi Visual (DKV)
  • Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
  • Bisnis Daring Pemasaran (BDP)
  • Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran (OTKP)
  • Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL)

Tertarik untuk melaksanakan UKK bersama Gamelab seperti SMK Gema Nusantara? Mari kita bersama-sama menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih baik, relevan, dan sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Tentunya kolaborasi ini tidak hanya akan memperkaya pengalaman belajar siswa, tetapi juga akan memberikan kontribusi positif untuk kemajuan pendidikan kejuruan di Indonesia. Yuk, berkolaborasi untuk membentuk masa depan pendidikan kejuruan yang lebih baik dengan mengadakan UKK bersama Gamelab Indonesia!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Jumat, 23 Februari 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI