BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA 3 Langkah Mudah Membuat Ukuran Objek Sama Dengan Aslinya di Blender

3 Langkah Mudah Membuat Ukuran Objek Sama Dengan Aslinya di Blender

Oleh Juli Astama | Sabtu, 12 Desember 2020

3 Langkah Mudah Membuat Ukuran Objek Sama Dengan Aslinya di Blender

Seperti yang kita ketahui, didalam 3D modelling tentunya kita bisa membuat sebuah objek 3D yang kita inginkan, misalnya meja, namun kita ingin membuat meja itu memiliki ukuran yang pas yang dapat di ukur sama dengan objek meja aslinya, apakah hal itu dapa

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

3 Langkah Mudah Membuat Ukuran Objek Sama Dengan Aslinya di Blender

Seperti yang kita ketahui, didalam 3D modelling tentunya kita bisa membuat sebuah objek 3D yang kita inginkan, misalnya meja, namun kita ingin membuat meja itu memiliki ukuran yang pas yang dapat di ukur sama dengan objek meja aslinya, apakah hal itu dapat di lakukan? Tentu saja bisa.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips menggunakan software blender dengan menggunakan addons yang bernama measureit untuk melihat atau membuat ukuran yang presisi, yang mana sering digunakan untuk kebutuhan arsitektural meja atau bangunan yang presisi dan tepat.

Kita akan menggunakan blender 2.79

Tahap Pertama

didalam tampilan awal blender klik file-user preferences-pilih menu addons-lalu di menu pencarian ketik measureit-lalu centang pilihan 3D view: Measureit, jangan lupa klik save user setting.

Tahap Kedua

Tekan tombol t pada keyboard untuk memunculkan property , apabila sudah maka tampilan seperti gambar dibawah ini

Tahap Ketiga

pilih menu yang ada pada properti yaitu display , lalu masuk ke edit mode-pilih edge select, seleksi edge pada cube-klik segment pada tool display-klik show maka ukuran dari objek yang telah kita seleksi tadi akan muncul, terlihat bahwa ukuran objek cube itu sebesar 2 meter.

Anda dapat mengubah satuan ukuran pada menu unit pada properti measureit di sebalah kanan dangan berbagai ukuran mulai dari meter,inch,feet,mimlimeter,centimeter, dan dapat mengubah warna dari tampilan ukuran tersebut agar dapat dilihat dengan baik, dan masih banyak pilihan pada tool measureit yang harus anda coba sendiri dengan klik tombol n untuk memunculkan properti tersebut.

Baca Juga : Mau Bisnis Laku? Analisis SWOT Dulu, Baru Deh Buka Gerai!

Saran

Bila ingin menambahkan ukuran pada edge yang lain cara nya sama seperti diatas, dan anda bisa menseleksi banyak edge sekaligus dengan tahan shift lalu klik edge-egde yang anda inginkan, lalu klik menu segment pada tool display, dan klik show, maka semua   tampilan ukuran yang telah anda seleksi akan terlihat, dan bila ingin menyembunyikan ukuran bisa dengan klik tombol hide pada tool display, terus mencoba jangan pernah takut untuk memulai kalau salah anda hanya tinggal close blender nya saja dan mulai dari awal lagi.

Semoga bermanfaat, terima kasih.

Referensi

Youtube: Dody Priyatmono

Sumber Gambar

freepik.com


Juli Astama

Juli Astama

Sabtu, 12 Desember 2020

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI