Siswa dari Griya Quran Village melakukan kegiatan belajar di luar kelas dengan mengunjungi GAMELAB pada Jumat, 27 Desember 2024,. Ini merupakan pengalaman pertama mereka menginjakkan kaki di tempat ini. Kegiatan ini dirancang untuk mengenalkan teknologi kepada siswa melalui pendekatan yang edukatif dan menyenangkan. Yuk, kita simak perjalanan inspiratif mereka di GAMELAB!
Mengenal Industri Digital: Langkah Awal Menuju Dunia Teknologi
Setibanya di GAMELAB, para siswa Griya Quran Village disambut oleh konsultan pendidikan GAMELAB. Sesi pertama ini dimulai dengan pengenalan PT. Educa Sisfomedia Indonesia, sebuah perusahaan yang menaungi Educa Studio dan GAMELAB. Kedua entitas ini bergerak di bidang pengembangan produk digital edukatif dan kreatif, seperti aplikasi pembelajaran berbasis gim, animasi edukasi, hingga platform pelatihan daring.
Melalui sesi ini, siswa diajak memahami bahwa teknologi digital memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah mengedukasi generasi muda dengan cara yang lebih modern. Penjelasan yang diberikan sangat relevan dengan kebutuhan siswa zaman sekarang, di mana teknologi menjadi bagian tidak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari.
Konsultan pendidikan GAMELAB juga membagikan cerita tentang perjalanan PT. Educa Sisfomedia Indonesia dalam menciptakan produk-produk digital berkualitas. Ini memberikan gambaran nyata bagi siswa tentang bagaimana teknologi bisa dimanfaatkan secara positif, sekaligus menanamkan inspirasi bahwa mereka pun bisa berkontribusi di industri ini di masa depan.
Belajar Bersama Expert Trainer: Memantik Kreativitas Siswa
Setelah memahami dunia industri, sesi berikutnya membawa siswa ke pengalaman yang lebih interaktif. Mereka dipandu oleh expert trainer GAMELAB untuk belajar cara membuat karya digital. Di sinilah suasana belajar berubah menjadi sangat seru dan dinamis.
Trainer GAMELAB, yang sudah berpengalaman di bidangnya, memandu siswa melalui langkah-langkah sederhana dalam menciptakan ilustrasi digital. Ia memberikan contoh perangkat lunak atau software yang mudah dipahami oleh pemula, sehingga siswa tidak merasa kewalahan.
Selain itu, siswa diajarkan dasar-dasar cara berpikir kreatif dalam menciptakan karya digital. Misalnya, bagaimana memilih warna yang menarik, membuat animasi dasar, hingga tips untuk meningkatkan keterampilan desain. Hal ini sangat bermanfaat bagi siswa, terutama mereka yang tertarik dengan dunia seni dan teknologi.
Menariknya, trainer juga memberikan motivasi kepada siswa agar tidak takut mencoba hal baru. “Karya besar selalu dimulai dari langkah kecil,” ujar trainer. Pesan ini memberikan semangat bagi siswa untuk terus belajar dan mengembangkan kreativitas mereka, baik di sekolah maupun di luar kelas.
Menelaah Gim VR dan Animasi: Teknologi dalam Genggaman
Kegiatan terakhir yang tak kalah seru adalah mencoba gim Virtual Reality (VR) dan animasi buatan Educa Studio dan GAMELAB. Dalam sesi ini, siswa diberikan headset VR untuk merasakan langsung pengalaman bermain gim edukatif.
Salah satu gim VR yang dicoba siswa adalah mencari koin di sebuah arena, di mana mereka bisa belajar konsep-konsep tertentu melalui dunia digital yang terasa nyata. Misalnya, gim ini mengajak siswa menjelajahi lingkungan virtual sambil mempelajari gerak-gerik menarik yang dikemas dalam bentuk permainan.
Selain VR, siswa juga dikenalkan pada berbagai animasi edukasi yang telah diproduksi oleh Educa Studio. Animasi ini tidak hanya menarik secara visual, tetapi juga menyisipkan pesan moral dan edukatif yang sesuai dengan nilai-nilai budaya Indonesia. Hal ini menjadi bukti bahwa teknologi bisa digunakan untuk melestarikan budaya sambil tetap relevan dengan perkembangan zaman.
Pengalaman mencoba teknologi VR dan animasi ini memberikan kesan yang sangat mendalam bagi siswa. Banyak dari mereka yang merasa kagum dengan kecanggihan teknologi tersebut dan menyatakan ingin belajar lebih dalam tentang cara membuatnya. Ini membuktikan bahwa teknologi tidak hanya menghibur, tetapi juga mampu membuka wawasan baru dan memotivasi generasi muda untuk berkarya.
Tentang Griya Quran Village
Griya Quran Village, yang berdiri pada 4 Juni 2020, di Perum Griya Selaras No. 4, Desa Karangtengah, Kelurahan Winong, Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, adalah pusat kegiatan dakwah Islam yang berfokus pada pendidikan berbasis Al-Qur'an dan Hadis. Dengan visi berorientasi pada kemajuan, sekolah ini menjadi tempat bagi generasi muda untuk mendapatkan pembelajaran agama yang mendalam sekaligus membentuk karakter Islami yang kuat.
Baca Juga : SMK Negeri Kebonagung Mengunjungi GAMELAB untuk Mengenal Dunia Industri dan Keterampilan yang Dibutuhkan
Ekskul Coding Bersama GAMELAB
GAMELAB telah hadir sebagai lembaga pelatihan sejak tahun 2011, dan hingga kini, lebih dari 500 sekolah telah bekerja sama dengan GAMELAB untuk mendukung pengembangan keterampilan digital para siswanya. Salah satu program unggulan yang ditawarkan adalah Ekskul Coding. Program ini dirancang khusus bagi siswa SD hingga SMP yang memberikan benefit, seperti:
- Live session mingguan.
- Sertifikat kompetensi untuk setiap pencapaian.
- Akses modul pembelajaran 24 jam melalui LMS.
- Penilaian keterampilan ekskul.
- Pembelajaran berbasis proyek (project-based learning).
- Kesempatan memamerkan hasil proyek di platform GAMELAB.
Inilah saat yang tepat bagi kamu dan teman-teman di sekolah untuk meningkatkan keterampilan digital dan merasakan pengalaman belajar yang mendukung kemampuan berpikir kritis. Dengan keterampilan ini, kamu akan lebih siap menghadapi dunia kerja, ditambah bimbingan dari trainer profesional di GAMELAB. Segera hubungi kami dengan klik tautan di sini!