GAMELAB melakukan visitasi Kelas Industri ke SMK Negeri 8 Semarang pada 10 Desember 2024. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dengan fokus pengembangan kompetensi di bidang 2D artwork. Sementara tujuan dari Kelas Industri ini adalah untuk menjembatani siswa SMK ke dunia kerja yang sesungguhnya.
Mengenal Kelas Industri SMK
Kelas Industri adalah inovasi pembelajaran berbasis kolaborasi antara sekolah dan dunia usaha/industri (DUDI). Program ini dirancang untuk memberikan pengalaman belajar langsung melalui praktik kerja di industri yang relevan dengan jurusan siswa.
Seperti yang dijelaskan dalam buku Program SMK Pusat Keunggulan (2023) oleh Wahjusaputri, Kelas Industri tidak hanya membantu siswa menguasai kompetensi sesuai kurikulum, tetapi juga memperkenalkan mereka pada dinamika dunia kerja sejak dini.
Maka, melalui Kelas Industri, siswa tidak hanya belajar teori tetapi juga mengasah keterampilan praktis yang relevan. Ringkasnya, program ini menjadi solusi nyata bagi siswa SMK untuk meningkatkan kesiapan mereka menghadapi tantangan dunia kerja yang terus berkembang.
Pentingnya Pengetahuan dari Praktisi Industri
Salah satu keunggulan utama Kelas Industri adalah keterlibatan praktisi berpengalaman dari dunia industri. Jadi, dalam Kelas Industri GAMELAB, siswa DKV SMK Negeri 8 Semarang mendapat kesempatan untuk belajar langsung dari praktisi di bidang desain dan 2D artwork.
Oleh karena itu, pengetahuan dan wawasan yang diberikan praktisi menjadi sangat berharga karena berbasis pengalaman nyata, serta memberikan siswa panduan tentang bagaimana mengaplikasikan keterampilan mereka di dunia kerja.
Selain itu, interaksi dengan praktisi membuka wawasan siswa tentang tren dan kebutuhan terkini di industri kreatif. Hal ini membantu mereka untuk mempersiapkan portofolio yang relevan dan meningkatkan peluang sukses di masa depan.
Manfaat Kelas Industri untuk SMK
Kelas Industri memberikan berbagai manfaat penting, terutama bagi siswa jurusan DKV yang ingin fokus pada 2D artwork.
1. Pengaplikasian Materi Pembelajaran
Siswa DKV dapat menerapkan teori desain yang mereka pelajari ke dalam praktik nyata. Proses ini membantu mereka memahami konsep desain lebih mendalam dan kontekstual.
2. Pengembangan Keterampilan Praktis
Program ini menjadi wadah untuk mengasah keterampilan teknis. Misalnya, siswa dapat belajar menggunakan perangkat lunak desain seperti CorelDRAW atau Adobe Illustrator secara profesional, sesuai standar industri.
3. Menjadi Lulusan Berkualitas
Dengan mengikuti Kelas Industri, siswa memiliki keunggulan kompetitif. Mereka menjadi lulusan yang lebih siap kerja, dengan keterampilan yang relevan dan diakui oleh industri.
4. Relasi dengan Industri
Keterlibatan industri memberikan siswa akses langsung ke dunia kerja. Mereka bisa menjalin relasi dengan para profesional, yang dapat menjadi peluang karier di masa depan.
5. Kompetensi Diakui Industri
Keterampilan yang diperoleh melalui Kelas Industri dirancang sesuai kebutuhan pasar, sehingga siswa mendapatkan pengakuan kompetensi yang dapat meningkatkan daya saing mereka.
6. Peluang Kerja Langsung
Beberapa siswa beruntung bahkan bisa mendapatkan tawaran kerja sebelum mereka lulus, berkat program ini. Ini membuktikan efektivitas Kelas Industri dalam membangun jembatan ke dunia kerja.
Tentang SMK Negeri 8 Semarang
SMK Negeri 8 Semarang adalah sekolah kejuruan yang memiliki sejarah panjang, awalnya berdiri sebagai Sekolah Pekerja Sosial Atas (SPSA) pada tahun 1961. Kini, sekolah ini dikenal sebagai pelopor Pendidikan Sistem Ganda (PSG) sejak tahun 1994/1995, yang memadukan pendidikan teori di sekolah dengan pengalaman kerja langsung di industri. Dengan empat jurusan unggulan—Pekerjaan Sosial, Rekayasa Perangkat Lunak, Multimedia, dan Teknik Komputer Jaringan—SMKN 8 Semarang terus mencetak prestasi, seperti meraih berbagai penghargaan di lomba fotografi dan aktif dalam pengembangan IT di Kota Semarang.
Baca Juga : SMK Ngeri 1 Gempol Meningkatkan Keterampilan Siswa dan Guru dengan Kelas Industri ToT bersama GAMELAB
Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia
PT. Educa Sisfomedia Indonesia telah menjalani 13 tahun perjalanan di dunia pendidikan dan teknologi digital. Dengan fokus pada inovasi dan solusi terbaik, perusahaan ini memiliki tiga unit bisnis utama: Educa Studio, GAMELAB, dan Educa Academy.
GAMELAB menawarkan berbagai program, seperti magang, pelatihan prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), hingga Bootcamp. Educa Studio mendukung pembelajaran dan hiburan anak-anak dengan produk kreatif seperti Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Inspiratif Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Sementara itu, Educa Academy berfokus pada pelatihan profesional untuk guru, membantu mereka mengembangkan kompetensi demi mencetak generasi unggul.
Mari cetak lulusan SMK yang berkompeten dan memiliki keterampilan yang relevan dengan kondisi industri terkini. Hubungi MinLab sekarang untuk info pendaftaran Kelas Industri di sini.