Perkembangan teknologi yang semakin modern ini membuat semua kalangan usia bisa mengaksesnya. Bahkan, anak-anak masa kini lebih melek teknologi, karena mungkin beberapa dari antara mereka sudah diberikan gawai oleh orang tuanya. Tentu ada banyak alasannya ketika ditanya menggunakan gawai tersebut untuk apa.
Salah satu alasan yang sering terdengar adalah untuk bermain gim. Maka dari itu SD Negeri Ngargoloka, Boyololi, Jawa Tengah, melakukan outing class ke GAMELAB pada 12 Juni 2025. Tujuannya untuk mengenalkan siswa-siswinya bagaimana cara membuat gim dengan harapan bisa menumbuhkan minat dan kreativitas anak-anak di bidang teknologi.
Mengenal Dunia Profesi dan Teknologi
Mengenalkan dunia profesi dan teknologi sejak usia dini sangat penting agar anak-anak memiliki gambaran luas tentang berbagai pekerjaan yang ada di masa depan. Karena saat anak diperkenalkan dengan berbagai profesi seperti programmer, desainer gim, atau animator, mereka jadi tahu bahwa di balik aplikasi atau gim yang mereka gunakan, sebenarnya ada proses kreatif dan teknis yang kompleks. Sebab, dengan pemahaman ini, mereka bisa menumbuhkan rasa ingin tahu, semangat belajar, dan bahkan memunculkan cita-cita baru.
Selain itu, mengenalkan teknologi secara langsung melalui aktivitas seperti outing class di GAMELAB membuat proses belajar terasa lebih menyenangkan dan bermakna. Jadi anak-anak tidak hanya melihat teori, tetapi juga mengalami langsung bagaimana teknologi bekerja dalam dunia nyata. Dengan begitu, mereka bisa memahami bahwa teknologi bukan hanya untuk hiburan, tapi juga bisa digunakan untuk berkarya dan berinovasi serta mereka akan lebih siap menghadapi tantangan zaman yang serba digital.
Mempelajari Cara Membuat Gim
Dalam kegiatan outing class di GAMELAB, siswa-siswi SD Negeri Ngargoloka tidak hanya diajak mengenal dunia teknologi, tetapi juga belajar langsung membuat gim sederhana menggunakan aplikasi Scratch. Scratch adalah platform pemrograman visual yang dirancang khusus untuk anak-anak, sehingga mereka bisa menyusun logika dan alur gim dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami. Dengan menggunakan blok-blok kode berwarna, siswa bisa menciptakan karakter, menentukan gerakan, hingga membuat interaksi dalam gim mereka sendiri.
Belajar dengan Scratch juga memberikan pengalaman baru yang seru bagi anak-anak. Sebab mereka jadi lebih memahami bahwa membuat gim tidak sesulit yang dibayangkan dan bisa dilakukan dengan kreativitas dan logika dasar. Selain itu, aktivitas ini juga melatih kemampuan berpikir sistematis, menyelesaikan masalah, dan bekerja secara mandiri maupun dalam tim. Dengan demikian, kegiatan ini menjadi langkah awal yang sangat baik untuk menumbuhkan minat mereka di bidang teknologi dan pengembangan gim sejak usia dini.
Ekspolorasi Gim VR dan Animasi
Selain belajar membuat gim dengan Scratch, siswa-siswi SD Negeri Ngargoloka juga mendapatkan pengalaman seru lainnya, yaitu mencoba langsung gim berbasis Virtual Reality (VR) dan melihat karya animasi yang dibuat oleh siswa binaan GAMELAB. Pengalaman ini menjadi momen yang sangat berkesan karena mereka bisa merasakan sensasi bermain gim dengan teknologi terbaru yang mungkin belum pernah mereka coba sebelumnya.
Melalui pengalaman mencoba gim VR dan melihat animasi ini, harapannya, siswa-siswi tidak hanya diajak bermain tetapi juga belajar menghargai proses kreatif di balik karya-karya digital tersebut. Artinya, mereka jadi tahu bahwa untuk membuat sebuah gim atau animasi dibutuhkan ide, ketekunan, dan kerja tim yang baik. Sehingga kegiatan ini membuka wawasan mereka bahwa teknologi bukan sekadar alat hiburan, tapi juga ruang untuk berkreasi dan mengekspresikan imajinasi.
Tentang SD Negeri Ngargoloka
SD Negeri Ngargoloka adalah sebuah sekolah dasar yang terletak di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Sekolah ini berkomitmen untuk menyediakan pendidikan berkualitas bagi siswa-siswinya, fokus pada pengembangan akademik dan karakter. Dengan lokasi di daerah Ngargoloka, sekolah ini berperan penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa di tingkat lokal.
Baca Juga : Kunjungan Outing Class Siswa SDN Baleharjo 2 Pacitan ke GAMELAB: Pengalaman Belajar Teknologi yang Seru
Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia
PT. Educa Sisfomedia Indonesia telah menjalani 13 tahun perjalanan di dunia pendidikan dan teknologi digital. Dengan fokus pada inovasi dan solusi terbaik, perusahaan ini memiliki tiga unit bisnis utama: Educa Studio, GAMELAB, dan Educa Academy.
GAMELAB menawarkan berbagai program, seperti magang, pelatihan prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), hingga Bootcamp. Sementara itu, Educa Studio mendukung pembelajaran dan hiburan anak-anak dengan produk kreatif seperti Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Inspiratif Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Lalu, Educa Academy berfokus pada pelatihan profesional untuk guru, membantu mereka mengembangkan kompetensi demi mencetak generasi unggul.
Mari cetak lulusan siswa yang berkompeten dan memiliki keterampilan yang relevan dengan kondisi industri terkini. Hubungi MinLab sekarang untuk info pendaftaran outing class, di sini.