BERITA SALES & MARKETING Apa Itu User Persona dan Manfaatnya Bagi Tim Marketing

Apa Itu User Persona dan Manfaatnya Bagi Tim Marketing


#user #persona #marketing
Apa Itu User Persona dan Manfaatnya Bagi Tim Marketing

User Persona adalah pengguna fiktif yang dibangun menggunakan data sampel yang dikumpulkan dari pengguna sebenarnya. Ini bertujuan untuk melakukan riset dalam membuat produk yang nyaman dan menjadi solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh pengguna.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY harga lebih murah, bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Kelas ditulis oleh professional dari industri berkolaborasi dengan praktisi pendidikan. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Dalam suatu bisnis salah satu hal yang terpenting adalah saat perusahaan dapat terhubung dengan pengguna produknya. Maka dari itu pembuatan user persona akan memberikan hal baik bagi suatu bisnis. Karena perusahaan tersebut tidak hanya menebak-nebak siapa pengguna produknya yang pada akhirnya mungkin bisa kehilangan beberapa pelanggan. Hal ini dapat mengakibatkan terjadinya penurunan penjualan produk atau bahkan sampai mengalami kerugian. Dengan memanfaatkan user persona perusahaan memiliki basis data pelanggan yang berguna untuk membangun hubungan dengan pengguna sekaligus menjangkau target pelanggan yang ideal.

Apa itu User Persona

User Persona adalah pengguna fiktif yang dibangun menggunakan data sampel yang dikumpulkan dari pengguna sebenarnya. Data sampel pengguna yang digunakan terdiri dari data demografi, tujuan, permasalahan, tingkah laku, dan pengaruh. Pembuatan user persona ini biasanya dilakukan sebelum penciptaan produk. Namun tidak setiap produk baru harus membuat persona yang baru karena bisa saja persona sebelumnya masih sesuai dengan target pengguna.

User Persona bertujuan untuk melakukan riset dalam membuat produk yang nyaman digunakan dan mungkin juga bisa menjadi solusi terhadap masalah yang dihadapi oleh pengguna. Pembuatan user persona biasanya dilakukan oleh tim desain produk. Karena mereka yang bertanggung jawab dalam membuat desain sesuai kenyamanan pengguna produk dan juga menyesuaikan kemampuan perusahaan dalam produksi. User persona juga terdiri dari dua tipe yaitu:

Persona marketing

digunakan untuk mengetahui kebutuhan dan motivasi pengguna terhadap produk.

Persona yang interaktif

digunakan untuk mengetahui secara langsung terkait perilaku penggunaan produk.

Manfaat Bagi Tim Marketing

Membantu terhubung dengan pengguna yang tepat

Memiliki user persona yang terhubung dengan target market pada tingkat pribadi akan menghasilkan hubungan yang lebih baik antara perusahaan dan pelanggan. Hal ini akan membantu tugas tim marketing mengetahui pengguna secara akurat dan diharapkan menarik pelanggan saat ini dan pelanggan masa depan. Tentunya pemasaran yang dilakukan dengan memberi pemahaman secara baik agar juga ditanggapi oleh pengguna dengan baik.

Memahami motivasi dan kebutuhan pengguna

User persona dapat membatu dalam mengetauhi atau memahami motivasi dan kebutuhan pengguna. Hal ini akan digunakan oleh tim marketing untuk mencari target market yang sesuai dengan produk dan akhirnya bisa berpengaruh positif terhadap penjualan.

Membantu mengkomunikasikan tujuan setiap tim dalam perusahaan

User Persona dapat membantu mengkomunikasikan tujuan setiap tim dalam perusahaan. Hal ini membantu tim marketing dalam berkomunikasi dengan tim desain produk terkait target market yang dituju. Komunikasi tersebut membahas dari desain, branding, pengemasan, dan pemasaran. Hal ini harus terus dilakukan secara terperinci dan berkelanjutan agar tidak terjadi kesalahan komunikasi yang menyebabkan kerugian bagi perusahaan.

Membantu memprioritaskan prospek

User persona memungkinkan tim marketing untuk mengintip ke dalam pikiran dan kehidupan pembeli potensial. Mereka mendapatkan wawasan untuk membantu menargetkan pelanggan dengan lebih baik dan lebih memperhatikan prospek yang selaras dengan persona perusahaan. Ketika tim marketing mengetahui persona pembeli mereka dapat menargetkan iklan.

Membuat lebih unggul dari pesaing lain

Meluangkan waktu untuk meneliti terlebih dahulu dan membuat user persona akan membantu perusahaan lebih unggul dari pesaing lain. Hal ini dapat dilakukan oleh tim marketing dengan berfokus pada basis data pelanggan (masalah pengguna), lalu merencanakan untuk menjangkau orang-orang yang belum mengetahui bahwa mereka membutukan produk yang dibuat. Dengan begitu jangkauan pemasaran produk bisa semakin luas dan lebih unggul dari pesaing lainnya.


Sumber :

https://qwords.com/blog/apa-itu-user-persona/

https://glints.com/id/lowongan/user-persona-adalah/#.X_WgF9gzZPY

https://ux247.com/the-benefits-of-user-personas/


Naufal Mubarik

Naufal Mubarik

Kamis, 7 Januari 2021