BERITA BISNIS & ADMINISTRASI Pentingnya Call to Action Pada Digital Marketing

Pentingnya Call to Action Pada Digital Marketing

Oleh Naufal Mubarik | Kamis, 14 Januari 2021

Pentingnya Call to Action Pada Digital Marketing

Call to action adalah bagian dari strategi pemasaran agar target pasar merespons dengan mengambil tindakan. Ini umum digunakan untuk memberi tahu pelanggan terkait apa yang harus dilakukan selanjutnya jika mereka tertarik dengan yang ditawarkan.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Pada saat ini banyak audiens yang lebih berpengetahuan dari sebelumnya, maka sulit untuk menarik perhatian mereka. Alasan utama kenapa sebagian besar landing page tidak mengubah prospek menjadi pelanggan adalah call to action yang lemah tanpa rasa urgensi. Ini juga karena masih banyak pemasar yang tidak menggunakan call to action yang efektif untuk melibatkan pelanggan ideal bahkan yang lebih buruk ada yang tidak menggunakan sama sekali.

Definisi Call to Action

Call to action adalah bagian dari strategi pemasaran agar target pasar merespons dengan mengambil tindakan. Ini umum digunakan untuk memberi tahu pelanggan terkait apa yang harus dilakukan selanjutnya jika mereka tertarik dengan yang ditawarkan. Dalam menulis call to action yang akan mendorong audiens untuk mengambil tindakan yang tepat memang tanggung jawab yang mudah. Namun hal ini dapat dilakukan dengan tindakan yang efektif sehingga unggul dari pesaing lain dan membuat prospek bisnis lebih sukses.

Manfaat Call to Action

Mendorong Saluran Penjualan

Call to action dapat berfungsi sebagai transisi dalam fase customer journey. Menginstruksikan audiens tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya, mendorong mereka untuk mengambil tindakan segera. Ini akan efektif ketika menempatkan call to action secara baik di saluran penjualan. Melakukan praktik call to action seperti menyusun kata-kata pada salinan dengan fokus ke manfaatnya. Hal ini diharapkan bisa memberikan pengalaman audiens yang lebih baik.

Memudahkan pelanggan dalam mengambil tindakan

Banyak pelanggan membutuhkan call to action. Karena beberapa audiens bergantung pada call to action untuk mengambil langkah berikutnya. Ketika menghilangkan call to action dapat membingungkan audiens dan merusak peluang. Sedangkan ketika terdapat call to action akan memudahkan pelanggan melakukan apa yang diinginkan.

Meningkatkan Keberhasilan Periklanan Digital

Iklan digital adalah iklan yang menghasilkan sensasi tentang produk atau layanan, menarik perhatian konsumen, dan mendorong untuk melakukan pembelian. Call to action menekankan kekuatan pada titik fokus materi iklan. Dengan hal itu maka kampanye yang dilakukan akan terdengar atau tersampaikan ke audiens.

Baca Juga : Rahasia Tersembunyi, Strategi Email Marketing yang Meningkatkan Penjualan!

Cara Membuat Call to Action

Memberikan Uji Coba

Cara agar pelanggan mengambil tindakan adalah harus membantu mereka dengan menghilangkan semua kemungkinan hambatan. Salah satu caranya dengan memberikan uji coba gratis terlebih dahulu kepada audiens agar mereka mengetahui keinginan dan kebutuhannya.

Menulis Call to Action yang Berorientasi Manfaat

Call to action harus menawarkan beberapa bentuk manfaat bagi pelanggan. Agar para pelanggan tertarik tentang nilai yang diberikan sehingga mereka mengkliknya dan diharapkan dapat mengarah ke pembelian.

Memberikan Hadiah ke Pelanggan

Dalam membujuk audiens untuk mengambil tindakan secara online, terutama melakukan penjualan produk, sedikit keterlambatan dalam memberikan hal yang mereka inginkan akan berdampak negatif. Dengan ini marketer dapat menawarkan hadiah di awal proses pembelian seperti; ebook atau template gratis. Ini dilakukan untuk menarik dan meningkatkan konversi pembelian. 

Membangkitkan Keingintahuan Pelanggan

Menggunakan keingintahuan secara efektif dapat meningkatkan penjualan. Ini dilakukan dengan menyusun pesan call to action yang bisa menciptakan keinginan pelanggan melakukan tindakan yang mengarah ke pembelian.

Menawarkan Solusi

Untuk melakukannya harus diawali dengan memahami masalah yang dialami oleh pelanggan. Lalu memprovokasi mereka sehingga menimbulkan rasa urgensi. Setelah itu, dapat membuat call to action yang menawarkan solusi masalah yang dialami pelanggan.

Menawarkan Bonus

Salah satu cara efektif untuk menarik dan mempertahankan lebih banyak pelanggan adalah dengan menawarkan bonus kepada mereka. Hal ini karena banyak orang yang menginginkan bonus. Maka para marketer harus mulai menawarkan bonus dalam pesan call to action agar menarik perhatian para pelanggan.

Baca Juga: Mengenal Konten Dinamis Pengertian dan Perannya Bagi Marketing


Sumber:
https://glints.com/id/lowongan/cta-adalah/

https://neilpatel.com/blog/how-to-create-the-perfect-call-to-action/

https://www.searchitlocal.com.au/benefits-of-call-to-action/


Naufal Mubarik

Naufal Mubarik

Kamis, 14 Januari 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI