Serunya Anak-Anak Belajar Coding Bersama Game Lab Kids di Bekraf Festival 2018

BERITA WORKSHOP Serunya Anak-Anak Belajar Coding Bersama Game Lab Kids di Bekraf Festival 2018

Serunya Anak-Anak Belajar Coding Bersama Game Lab Kids di Bekraf Festival 2018

GameLab Kids merupakan program pengembangan dari GameLab yang ditujukan untuk belajar dan melatih coding anak-anak. Tujuan dari GameLab Kids adalah mengenalkan dasar coding dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Coding sendiri memiliki banyak manfaat, beberapa yaitu melatih anak dalam memecahkan masalah dan meningkatkan kreativitas.

Website GameLab Kids

GameLab Kids merupakan sebuah platform belajar coding yang dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun. Platform tersebut berfungsi sebagai media atau alat yang interaktif. Anak-anak akan mudah menggunakan karena didukung oleh antar muka yang mudah dipahami dan yang paling penting adalah berbahasa Indonesia. Pengguna akan belajar bagaimana membuat game sederhana. Mulai dari ide, mengumpulkan bahan, memproses sampai dengan menjalankan game buatan mereka sendiri.

Pada tanggal 16 dan 17 November 2018, Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (BEKRAF) bekerjasama dengan GameLab Kids mengadakan workshop dan pengenalan Coding Kids dalam event Bekraf Festival. Acara tersebut diadakan  di Exhibition Hall Grand City kota Surabaya dan mendapat antusiasme positif dari masyarakat.

Acara berlangsung selama 2 hari tersebut diikuti oleh 37 peserta. Pada kesempatan kali ini tidak hanya anak-anak TK dan SD saja yang ingin mencoba GameLab Kids, tapi juga dari kalangan remaja, mahasiswa sampai orang tua. Mereka baru pertama kali mengikuti pelatihan dan bahkan ada yang tidak mengerti coding sama sekali. Dengan kemudahan platform gameLab kids dan trainer yang berpengalaman, mereka bisa membuat dan menjalankan game yang mereka buat. Yang terpenting adalah, dengan mudah mereka memahami apa itu "coding".

Dengan membuat permainan yang sesuai dengan ide dan kreatifitas, peserta coding kids akan mendapatkan hal baru dalam belajar. Mereka akan belajar bagaimana proses membuat game, mulai dari mengambil gambar, menata gambar, mengambil suara, menggerakan gambar, perulangan dan lain sebagainya. Dari proses yang sangat banyak tersebut, diharapkan dapat melatih logika peserta dari awal sampai akhir pemprosesan hingga memjadi game yang sesuai idenya.

Peserta sangat mendukung sekali GameLab Kids. Saat era digital semakin berkembang saat ini cara belajar anak-anak juga harus berkembang dengan media digital yang dapat mempermudah dalam belajar logika. Harapan dari peserta semoga kedepannya GameLab Kids semakin berkembang dan terus maju membantu belajar untuk anak-anak Indonesia.

Berikut adalah dokumentasi Coding Kids oleh Game Lab Kids dan Bekraf di Bekraf Festival 2018:

Peserta GameLab Kids 1

Peserta GameLab Kids 2

Peserta GameLab Kids 3

Peserta GameLab Kids 4

Peserta GameLab Kids 5

Peserta GameLab Kids 6

gamelab kids gamelabkids coding bekraf bekraffestival code industri40
Rio Pahlevy

Rio Pahlevy

Senin, 19 November 2018