BERITA PROGRAMMING HARUSKAH KITA BELAJAR CODING?

HARUSKAH KITA BELAJAR CODING?

Oleh Gamelab Indonesia | Rabu, 23 Januari 2019

HARUSKAH KITA BELAJAR CODING?

Haruskah kita belajar coding? Apa manfaat dari belajar coding? Yuk simak artikel berikut ini agar kalian tahu mengapa kita harus belajar coding

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Saat ini haruskah kita belajar coding? Apa manfaat dari belajar coding? Banyak orang yang merasa berat untuk belajar coding, alasannya karena susah, harus berpikir keras, dan membosankan karena tampilannya berupa deretan angka dan huruf yang aneh. Jadi, sebenarnya apa sih yang membuat coding ini penting sehingga layak untuk di pelajari pada saat ini. Yuk simak bebrapa manfaat yang  bisa kamu dapatkan saat kamu mempelajari coding.

Sekarang era digital

Seperti diketahui saat ini merupakan era digital, dimana ada ribuan bahkan jutaan perusahaan di dunia menggunakan teknologi digital sebagai porosnya. Bahkan tidak hanya perusahaan, dinas pemerintahan, sekolah hingga rumah sakit pun sekarang sudah mengandalkan teknologi digital. Itu artinya hampir di setiap sektor dikehidupan kita dikuasai oleh teknologi. Sedangkan coding atau yang disebut sebagai bahasa pemograman merupakan bahasa masa depan yang digunakan untuk menyatukan dunia. Untuk itu seseorang yang ahli dalam bahasa pemograman ini akan mendapatkan kesempatan yang lebih dalam bidang pekerjaan. Dengan masuknya ke era digital ini maka banyak pula dibuka pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi dan pemograman. Jadi untuk kalian yang sudah belajar tentang coding tentu kalian memiliki kesempatan untuk bekerja di segala sektor perussahaan.

Sumber : https://kepotek.com/situs-belajar-coding-berbahasa-indonesia/

Meningkatkan kemampuan dalam menghadapi masalah

Belajar coding dapat mengembangkan kemampuan berpikir kalian. Dengan belajar coding kalian akan dihadapkan dengan permasalahan-permasalahan saat kalian mengerjakan coding. Disitulah kalian akan ditantang untuk memecahkan masalah tersebut sehingga coding kalian dapat berfungsi dengan baik. Hal itu yang nantinya akan kalian bawa sampai dikehidupan sehari-hari kalian. Bagaimana kalian menyikapi masalah yang kalian hadapi sehari-hari dan cara kita dalam menyelasaikan masalah dengan berpikir logis dan sistematis seperti saat melakukan coding.

Melatih kesabaran dan ketelitian

Dalam dunia coding kita akan dihadapkan dalam permasalahan saat mengerjakan coding. Saat kita mencoba membetulkan coding, kesabaran kita akan di uji karena permasalahannya mungkin saja bisa berasal dari hal yang banyak dan berbeda. Ketelitian  juga diperlukan pada saat kita melakukan coding, kita harus mengecek satu per satu kode yang telah kita tulis dan mencari penyebabnya. Jika kita  tidak teliti maka hasil coding kita tentu saja tidak akan bagus dan akan banyak terdapat masalah di dalam coding kita. Setelah kita selesai dengan coding kita pun masih harus mengeceknya dan mencari kemungkinan terjadi keslahan dalam coding kita. Jadi untuk belajar coding kita bisa melatih kesabaran dan ketelitian kita. Karena jika kita tidak sabar ataupun tidak teliti maka hasilnya akan banyak bug di dalamnya.

Sumber : https://malickinew.blogspot.com/2016/02/berbagai-macam-bahasa-pemrograman.html

Logika jadi lebih terasah

Saat kamu belajar coding, tentunya akan dihadapkan pada hal yang menuntumu menggunakan logika dalam setiap kode yang kamu gunakan. Dalam memecahkan masalah yang terjadi saat melakukan coding dengan mengutak-atik kode  yang kamu buat dan menyesuaikan dengan logika yang tepat, hal itu secara tidak langsung membuatmu logikamu terasah. Dengan terasahnya logikamu maka setiap mengambil keputusanpun kamu juga akan berpikir logis dan tidak terburu-buru. Tentu saja kamu yang berpikiran logis akan diuntungan di jaman yang serba cepat ini, dimana semua informasi baik maupun buruk cepat sekali menyebar. Kamu yang berpikiran logis dapat menyaring informasi yang menurutmu logis atau tidak.

Peluang Karir

Sebagai seorang yang bisa melakukan coding tentunya kamu diuntungkan dengan banyaknya peluang karir yang banyak di cari saat ini. Bisa kalian lihat di web  pencarian lowongan pekerjaan, di setiap sektor pasti membutuhkan seorang ahli IT atau Programmer untuk di rekrut menjadi salah satu karyawannya. Hal itu membuktikan bahwa era saat ini adalah era digital dimana bahasa internasionalnya adalah bahasa pemograman ini. Jika kamu menguasai bahasa pemograman maka akan banyak pengembang bisanis digital yang akan mencarimu. Tidak hanya itu kamu juga bisa memanfaatkan kemmapuanmu itu untuk membuka jasa seputar pemograman, tentu saja saat sekarang ini banyak yang akan mencari jasamu.

Setelah membaca artikel ini apakah kamu masih mengurungkan niatmu untuk belajar coding? Ternyata coding memiliki banyak manfaat kan ya. Sebagai generasi muda saat ini kita perlu sekali untuk belajar coding karena dengan belajar coding kita akan mendapatkan banyak manfaat seperti di atas. 

Sumber : https://nadisiswa.com/archives/2977

Bagi kalian anak SMK maupun anak kuliahan yang ingin magang maupun belajar coding bisa coba kepoin GameLab.ID nih,  tempat magang online yang bisa kamu akses dimanapun kamu berada, simpel dan tidak membutuhkan banyak biaya, yuk coba join bisa dengan klik link berikut ini GameLab.ID. Kamu masih mau ketinggalan jaman karena tidak bisa coding? Yuk segera belajar coding mulai sekarang. 


Baca artikel menarik lainnya :

Hidupmu bahagia kalau pernah main game papan ini! Main game ULAR TANGGA sekarang bisa lewat HP dan bisa main rame-rame.


Gamelab Indonesia

Gamelab Indonesia

Rabu, 23 Januari 2019

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI