BERITA PROGRAMMING Phaser 3 : Framework Asik Untuk Membuat Game

Phaser 3 : Framework Asik Untuk Membuat Game

Oleh Daniel Eko Yanuari | Senin, 12 April 2021

Phaser 3 : Framework Asik Untuk Membuat Game

Phaser merupakan salah satu framework game HTML5 yang popular dan sering digunakan pada saat -  saat ini.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

          Phaser merupakan salah satu framework game HTML5 yang popular dan sering digunakan pada saat -  saat ini. Beberapa keunggulan dari Framework yang satu ini yaitu tersedia secara gratis. Phaser telah memiliki komunitas yang besar, memiliki performa yang cepat, serta ditambah dukungan plugin yang membantu proses pembuatan game. Dengan framework phaser 3 kita  dapat menghasilkan game yang dapat di kompilasi ke berbagai platfrom seperti iOS, Android maupun desktop. Phaser 3 merupakan versi terbaru dari Phaser 2 yang kini hadir dengan perubahan yang cukup besar dan tidak berkesinambungan dengan versi sebelumnya yaitu Phaser 2. Hal tersebut bertujuan agar para developer tetap dapat menggunakan Phaser 2. Phaser CE (Community Edition) diluncurkan sebagai generasi penerus Phaser 2 yang pengembangannya diserahkan ke komunitas.

          Jika kalian ingin belajar membuat sebuah game, mungkin Phaser dapat menjadi salah satu pertimbangan kalian untuk belajar membuat game. Framework yang berbasis HTML 5 memiliki beberapa fitur unggulan yang menarik antara lain WebGL dan Canvas, dengan fitur ini jika Phaser dirender di browser yang tidak mendukung WebGL maka akan dirender ke Canvas. Fitur selanjutnya yaitu Plugins System dengan fitur ini para developer yang menggunakan Phaser dapat membuat input dan membagikannya ke developer – developer lain, terdapat banyak plugins yang tersedia di website resmi phaser. Phaser dibuat khusus untuk browser pada handphone tetapi berjalan dengan cepat pada desktop. Phaser menyediakan fitur Preload yang berfungsi untuk menampung gambar, suara, sprite sheets, tilemaps, data JSON, serta XML. Semua diurai dan ditangani secara otomatis, siap digunakan dalam game dan disimpan dalam Cache global untuk berbagi Objek Game.

          Apabila kalian kebingungan untuk memulai membuat game menggunakan Phaser 3, kalian dapat mengunjungi website resmi Phaser yaitu phaser.io disana terdapat berbagai tutorial yang dapat membantu kalian . Jika dirasa masih mengalami kesulitan kalian dapat melihat menu examples pada website resmi phaser. Pada menu examples berisi tentang kode – kode yang dapat kalian implementasikan pada game kalian, misal kalian kesulitan untuk membuat kode input dari pemain, kalian dapat mencari di examples pada bagian input, disana terdapat berbagai macam input, mulai dari kamera, cursors, mouse, keyboard sampai gamepad. Jika ingin membuat animasi dapat menggunakan kode tweens yang ada pada examples, disana kalian dapat mencari animasi yang pas dengan game kalian, oh ya pada menu example kalian akan langsung dapat melihat hasil dari kode – kode tersebut jadi sangat membantu. Apabila kesulitan kalian masih belum teratasi, kalian dapat mengunjungi community dari phaser untuk berdiskusi, karena disana terdapat developer – developer handal yang dapat membantu mengatasi masalah kalian.

          Pada kesimpulannya phaser dapat kalian pertimbangkan jika ingin membuat game, fitur – fiturnya lengkap, website resminya cukup informatif dan mudah digunakan, dukungan terhadap developer baru yang bagus, serta komunitas yang dapat digunakan untuk berdiskusi secara langsung. Penulis sendiri telah merasakan membuat game dengan framework phaser, dengan bermodalkan kode dari example yang telah disediakan di website resmi, penulis dapat menghasilkan game sederhana yang dapat dimainkan baik pada browser handphone maupun desktop. Bila kalian ingin mencoba pengalaman membuat game dengan phaser langsung saja daftar kelas pemrograman game phaser di GameLab.id disana kalian akan dibantu untuk membuat game mobile dengan phaser, ayo buruan daftarkan diri kamu di GameLab.id jangan sampai terlewat ya.

Sumber : phaser.io, codepolitan.com


Daniel Eko Yanuari

Daniel Eko Yanuari

Senin, 12 April 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI