BERITA GAME DESIGNER Ren単y! Make Your Own Visual Novel

Ren単y! Make Your Own Visual Novel

Ren単y! Make Your Own Visual Novel

Visual novel menjadi salah satu jenis game yang disukai oleh pecinta game simulasi. Kalian bisa membuat game ini dengan mudah menggunakan Ren'py! Visual Novel Engine.

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

Bagi kalian yang sudah lama berkecimpung di dunia game maupun menyukai game, tentunya ada banyak sekali jenis game, salah satunya adalah visual novel. Visual novel tentunya sudah tidak asing lagi untuk kalian yang menyukai game. Terlebih lagi game dengan jenis visual novel ini cukup digandrungi beberapa waktu lalu bahkan hingga sekarang.

Jenis game ini sebenarnya adalah game yang cukup simpel untuk dimainkan. Biasanya berupa game simulasi atau berupa petualangan fiksi. Tahukah kamu untuk membuat game visual novel bisa dilakukan dengan mudah lho. Kamu bisa membuat game visual novel dengan cerita dan gambarmu sendiri. Ingi tahu lebih lanjut simak artikel berikut ini.

Visual Novel 

Visual novel sendiri merupakan game interaksi fiksi yang daapt diaminkan di komputer maupun konsol game seperti PSP. Visual novel biasanya berbentuk cerita fiksi interaktif dengan gambar-gambar statis, biasanya berupa gambar model anime jepang yang ditambah dengan kotak narasi untuk menyampaikan dialog atau narasi dari karakter yang muncul pada cerita tersebut.

Terkadang visual novel ditambahkan suara yang diisi dengan pengisi suara berupa dialog yang ada di kotak dialog atau narasi agar terlihat lebih hidup karena karakternya seolah-olah berinteraksi dengan pemain. 

Zeen visual novel

Visual novel biasanya berfokus pada jalannya cerita yang dibuat karena sesuai dengan namanya yaitu visual novel. Dalam permainan, biasanya pemain akan diberikan suatu tantangan atau pilihan yang akan menentukan jalannya cerita yang akan berpengaruh pada ending permainan.

         "Pemain dapat memilih ending permainan sesuai dengan yang mereka inginkan, banyaknya alternatif ending membuat game ini menjadi menarik dan membuat penasaran untuk dimainkan."

Meskipun dalam visual novel, visual yang ditampilkan monoton karena hanya akan menggunakan gambar yang sama dan dalam satu permainan bisa dihitung untuk jumlah gambar yang digunakan tidaklah banyak. 

Visual novel dengan alur cerita yang pendek biasanya banyak dibuat oleh penggemar. Bagia kalian yang inginmembuat visual novel versi kalian sendiri, bisa gunakan beberapa visual engine seperti NScripter, KiriKiri dan Ren'Py.

Visual engine tersebut biasanya bisa digunakan oleh siapapun dan gratis, cara penggunaannya pun juga relatif lebih mudah dan sederhana, sehingga direkomendasikan untuk kalian yang baru pertama kali mencoba membuat visual novel. Kalian bisa dengan mudah mendownload visual engine tersebut di internet.


Baca juga artikel lainnya : Educa Studio Juara Umum Sayembara Cipta Game 2018


 

Apa itu Ren'Py?

Sumber : https://www.renpy.org/latest.html

Salah satu visual engine untuk membuat visual novel yang relatif mudah digunakan adalah Ren'Py. Ren'Py sendiri merupakan sebuah visual engine yang biasa digunakan untuk membuat visual novel.

Penggunaan Ren'Py relatif lebih mudah dengan script language yang lebih simpel dibandingkan visual engine lainnya. Ren'Py merupakan visual engine gratis yang bisa digunakan unutk game komersil maupun tidak, kalian bebas menggunakan engine ini dan tidak perlu membayar lisensi kepada pengembang produk.

"Ren'Py sendiri merupakan engine yang bersifat open source, sehingga kalian dapat mengubahnya, membetulkan bug, ataupun menambahkan fitur sesuai dengan kebutuhan."

Engine ini bisa digunakan untuk 3 platform berbeda pada komputer, yaitu Windows XP+, Mac OS X+, dan Linux. Selain pada platyform komputer, Ren'Py juga bisa digunakan untuk smartphone dengan sistem operasi Android (4.4) dan iOS (7+). Pada smartphone, Ren'Py dapat berjalan namun pengguna tetap harus berada pada salah satu platform komputer diatas.

Compatible platform dan OS

Script language yang digunakan pada Ren'Py relatif lebih mudah dan menggunakan bahasa pemograman Phyton. Kalian bisa memasukkan kata-kata, gambar, dan suara untuk membuat visual novel kalian lebih menarik, tentu saja kekuatan utama visual novel adalah pada jalan ceritanya namun pendukung seperti gambar dan suara juga diperlukan.

Kalian bisa menambahkan gambar maupun suara pada visual novel kalian. Namun untuk mp3 atau mpeg kalian harus tetap menyertakan sumbernya dan mencari sumber yang gratis apabila game kalian akan di komersilkan.

Nah bagi kalian yang tertarik dengan engine ini, kalian bisa mendowloadnya di situs resmi Ren'Py. Kalian juga bisa mengunduh salah satu contoh visual novel dengan tema pendidikan remaja berencana, yang berjudul Zeen di link ini.

sumber : https://www.renpy.org/latest.html

 


Baca artikel manarik lainnya :

 

Sumber : https://www.renpy.org/why.html

 

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

game tools visual novel
Febriani Sari

Febriani Sari

Senin, 4 Maret 2019