BERITA SALES & MARKETING Sales dan Marketing: Serupa tapi tak Sama

Sales dan Marketing: Serupa tapi tak Sama


Sales dan Marketing: Serupa tapi tak Sama

Artikel ini membahas perbedaan antara Sales dan Marketing secara general, serta hubungan antara keduanya.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY harga lebih murah, bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Kelas ditulis oleh professional dari industri berkolaborasi dengan praktisi pendidikan. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Dalam dunia kerja, sering dijumpai divisi sales dan marketing yang keduanya memiliki fungsi untuk mencapai target keuntungan sebuah perusahaan. Meskipun tampak sama, keduanya memiliki perbedaan. Perbedaan tersebut bisa dilihat mulai dari jobdesk, target, proses kerja. Sebelum membahas tentang perbedaan sales dan marketing, berikut pengertian tentang sales dan marketing.

Pengertian Sales

Saat mendengar kata sales, kebanyakan orang akan langsung beranggapan tentang orang yang menawarkan produk atau jasa ke konsumen. Hal ini tentu saja didasari karena memang tugas dan tanggung jawab seorang sales adalah terjun langsung ke lapangan untuk berhadapan langsung dengan konsumen. Jadi secara garis besar pengertian sales adalah aktifitas penjualan barang atau jasa ke konsumen.

Pengertian Marketing

Di sisi lain, kata marketing masih belum terlalu dipahami oleh masyarakat luas, terkadang masyarakat masih beranggapan marketing sama saja dengan sales, padahal dari pengertiannya saja sudah berbeda. Jadi apa itu marketing? Pada dasarnya marketing adalah kegiatan yang lebih kompleks daripada sales. Berbeda dengan sales yang hanya berfokus dengan produk, seorang marketing diharuskan untuk berfokus pada beberapa bagian seperti berikut: penetapan harga, strategi penjualan dan target pasar.

Perbedaan Sales dan Marketing  

Perbedaan pertama dari sales dan marketing terletak pada jobdesk atau tugas yang diemban. Seorang sales memiliki tugas untuk menjual barang langsung kepada konsumen. Ia juga harus memastikan agar konsumen mau membeli produk sesuai dengan harga yang telah disepakati. Dalam hal ini, seorang sales akan berhadapan langsung dengan konsumen baik melalui media atau bertatap muka. Berbeda dengan marketing yang tidak berhadapan langsung dengan pembeli dan bekerja dari balik layar. Seorang marketing bertugas menyusun sistem penjualan mulai dari perencanaan produk, penetapan harga,  promosi dan distribusi produk. Ia mengatur strategi untuk menjaga kepuasan konsumen supaya mereka mau membeli lagi  produk tersebut.

Kedua, sales dan marketing berbeda dalam hal target. Target seorang sales berfokus pada quantity. Ia harus mampu menjual produk sebanyak-sebanyaknya sesuai dengan yang sudah ditargetkan oleh perusahaan. Sedangkan, marketing memiliki target yang lebih berfokus pada quality. Marketing bertarget untuk menciptakan produk dengan kualitas yang diminati oleh konsumen. Oleh karena itu, marketing melakukan analisa data dari pelanggan supaya dapat memahami produk seperti apa yang akan laku di pasaran.

Terakhir, keduanya memiliki perbedaan dalam hal proses kerja. Sales akan mengandalkan marketing dalam hal ini. Itu karena sales melaksanakan tugasnya sesuai dengan yang telah direncanakan oleh marketing. Sales akan melakukan cara penjualan kepada pelanggan berdasarkan pada strategi yang telah diciptakan oleh marketing, seperti jenis produk, harga produk, dimana dan kepada siapa produk itu akan dijual. Dengan strategi tersebut, sales akan mampu melakukan pendekatan kepada konsumen dengan cara yang sesuai. Untuk dapat menciptakan strategi yang pas, seorang marketing akan melakukan proses pekerjaan yang dimulai dari analisa data dari pelanggan supaya dapat memahami produk seperti apa yang akan laku di pasaran. Ia lalu mengkonversikan data tersebut untuk menetapkan strategi pemasarannya. Jika dilihat dari proses kerja, sales dan marketing memiliki perbedaan namun saling berkaitan karena sales bekerja sesuai dengan yang telah direncanakan marketing.

Kesimpulan

Walaupun sama-sama berfungsi untuk mencapai target keuntungan perusahaan, sales dan marketing tetaplah dua divisi yang berbeda. Sales memiliki jobdesk untuk menjual produk langsung ke pelanggan, memiliki target quantity, proses kerja berupa yang berawal dari mempelajari strategi yang ditetapkan tim marketing lalu menerapkan strategi tersebut untuk mendapatkan pelanggan. Sedangkan, marketing memiliki jobdesk yang lebih kompleks yaitu melakukan strategi pemasaran, target yang berfokus pada quality, serta proses kerja berupa analisa data konsumen lalu menyusun strategi untuk menarik minat konsumen. Apabila dilihat dari proses kerja, keduanya memiliki kerterikatan.


Referensi : 

  • https://glints.com/id/ lowongan/sales-danz-marketing/ #.YHLtRmQzbIW
  • https://www.jurnal.id/id/blog/ perbedaan-sales-dan-marketing- yang-perlu-diketahui- pengusaha/
  • https://accurate.id/marketing- manajemen/sales-dan-marketing/
     

Alan Reynaldo Putra

Alan Reynaldo Putra

Minggu, 25 April 2021