BERITA PROGRAMMING Pentingnya Aplikasi Berbasis Web di Tengah Pandemi COVID-19 Bagi Para Pebisnis

Pentingnya Aplikasi Berbasis Web di Tengah Pandemi COVID-19 Bagi Para Pebisnis

Oleh Panji Prasetya | Selasa, 20 April 2021

Pentingnya Aplikasi Berbasis Web di Tengah Pandemi COVID-19 Bagi Para Pebisnis

Penyebaran wabah Covid-19 yang masih melumpuhkan sebagian besar aktivitas perkantoran. Saat ini, hampir seluruh pelaku bisnis berlomba-lomba membuat perusahaan mereka dikenal oleh banyak orang dengan menggunakan sarana di dunia digital. Dunia digital menj

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Penyebaran wabah Covid-19 yang masif melumpuhkan sebagian besar aktivitas perkantoran. Semenjak pertengahan Maret 2020, pemerintah telah mengimbau masyarakat untuk melakukan aktivitas di rumah termasuk aktivitas bisnis. Tentu ini membuat sebagian besar pelaku bisnis khawatir akan terjadinya penurunan omzet. Meskipun dampak ekonomi dari wabah virus Corona ini dirasakan secara global, bukan berarti tidak ada cara bagi pelaku bisnis di Indonesia untuk tetap menjalankan operasionalnya seperti biasa.

Penggunaan teknologi seperti aplikasi berbasis web dianggap mampu mengatasi kendala dalam menjalankan aktivitas bisnis di tengah pandemi yang masih berlangsung saat ini. Teknologi ini dapat memudahkan semua orang dalam organisasi atau perusahaan untuk berinteraksi dalam kondisi apapun selama ada koneksi internet. 

Saat ini, hampir seluruh pelaku bisnis berlomba-lomba membuat perusahaan mereka dikenal oleh banyak orang dengan menggunakan sarana di dunia digital. Dunia digital menjadi pilihan karena dapat dengan mudah diakses kapan pun dan di mana pun. Salah satu media digital yang digunakan untuk menampilkan profil perusahaan adalah dengan menggunakan website. Website dianggap perlu dan penting karena dapat menampilkan profil perusahaan secara lengkap mengenai bisnis yang dikerjaan serta memberikan info-info terbaru secara cepat. Hal inilah yang mendorong banyaknya perusahaan digital agency yang menawarkan web design untuk memfasilitasi pelaku bisnis yang ingin membuat profil perusahaan melalui website. Agency yang menawarkan web design kini sudah semakin banyak terutama di ibukota Jakarta. Berikut beberapa manfaat website sebagai sarana profil perusahaan.

Menghemat pengeluaran promosi
Selain dari meningkatkan kredibilitas dengan pembuatan website, akan memberikan efek positif bagi keuangan anda. Penghematan untuk pembayaran iklan atau promosi dapat dilakukan dengan adanya website ini. Segala bentuk promosi dapat anda pindahkan ke halaman pada website.  

Anda harus segera meninggalkan promosi secara konvensional sekarang. Mengembangkan bisnis juga harus memperhatikan dalam segi finansial. Apabila masih sering mengandalkan promosi melalui brosur, media massa, ataupun iklan – iklan yang mempunyai biaya mahal, maka anda harus segera meninggalkan kebiasaan tersebut. 

Banyak cara untuk melakukan promosi untuk bisnis anda. Salah satunya melalui website yang terbilang cukup terjangkau dan dapat menghemat pengeluaran anda lebih banyak. Kemudian, anda dapat memanfaatkannya untuk kegiatan yang lain sebagai penunjang bisnis anda.

Meningkatkan media layanan pelanggan
Selama ini, banyak pelanggan atau user pada suatu perusahaan atau industri yang mengeluhkan media layanan seperti media sosial, fisik, telepon ataupun personal chat. Tidak semua orang menyukai metode tersebut. 

Di masa new normal saat ini sangat penting untuk mendapatkan layanan yang lebih mudah dan up to date. Selain itu, media juga sangat berpengaruh dalam kehidupan new normal saat ini akibat dari efek physical distancing serta pola perilaku masyarakat yang mengalami perubahan. 

Untuk itulah, anda dapat mengatasi permasalahan tersebut dengan membuat sebuah website. Di dalam website, semua layanan pelanggan akan menjadi satu jalur dan dapat mempermudah bagi setiap pelaku bisnis untuk memanajemen data pelanggan. 

Dalam website tersebut juga akan disediakan fitur petunjuk atau panduan bagi pelanggan agar dapat mengatasi permasalahan sederhana yang bisa diselesaikan oleh pelanggan itu sendiri. Media layanan pelanggan ini akan sangat berpengaruh bagi anda untuk mengembangkan bisnis ke arah yang lebih baik lagi.

Memudahkan dalam akses portofolio 
Saat ini, setiap informasi dan berita sangat penting dan menjadi kebutuhan utama bagi setiap orang. Di dalam website, anda juga dapat mengontrol setiap aktivitas serta perubahan yang ada pada website tersebut. Selain dari produk atau jasa yang anda tawarkan, biasanya pelanggan juga akan melihat prestasi ataupun portofolio yang anda dan bisnis anda punyai. 

Hal tersebut sangatlah wajar, karena di era teknologi informasi ini banyak sekali berita ataupun informasi yang dapat dimanipulasi atau bahasa sekarang sering disebut dengan hoax. Bahaya yang ditimbulkan tidaklah kecil, sehingga setiap orang harus selalu mengecek dan memverifikasi informasi tersebut apakah telah teruji atau belum. 

Meningkatkan Kredibilitas
Dengan semakin banyaknya orang menggunakan internet sebagai wadah mencari informasi, kita harus manfaat dan memiliki website akan memberikan keuntungan tersendiri bagi para pelaku bisnis. Pelanggan atau customer tidak perlu mengecek usaha yang Anda lakukan secara manual. Cukup dengan melihat profil perusahaan dari website, cutomer dapat melihat sendiri seperti apa gambaran perusahaan yang Anda miliki. Semakin bagus dan menarik tampilan website yang Anda miliki, maka orang akan lebih percaya dengan bisnis yang Anda jalankan.

Memudahkan Pencarian Informasi
Sebuah situs website dapat dengan mudah diakses sewaktu-waktu oleh banyak kalangan karena perkembangan internet yang sudah semakin lebih baik. Selain itu, memiliki website dianggap lebih memudahkan karena dapat diakses di mana pun dan kapan pun sehingga pelanggan dapat mengetahui informasi yang mereka butuhkan mengenai produk atau jasa yang Anda miliki bahkan saat kantor Anda tutup. Seseorang dapat dengan mudah mengakses internet baik melalui komputer atau pc, smartphone, atau tablet di mana pun dan kapan pun mereka berada tanpa perlu mendatangi kantor secara langsung.

Menghemat Waktu dan Pengeluaran
Memiliki website dapat menghemat waktu dan anggaran yang Anda miliki daripada menyebarkan informasi dengan cara konvensional seperti melalui telepon, janji untuk suatu pertemuan, dan brosur atau selebaran. Menghubungi pelanggan satu per satu melalui telepon tentu dapat menghabiskan waktu tersendiri, begitu pula dengan janji untuk bertemu dan penyebaran brosur. Pembuatan brosur akan menghabiskan anggaran yang cukup banyak dan dinilai kurang efektif untuk era yang sudah modern ini. Dengan menggunakan website, pelaku bisnis dapat memasukkan berbagai macam informasi yang biasanya diperlukan pelanggan mengenai produk atau jasa yang perusahaan Anda miliki.

Memperluas Jaringan
Karena website dapat dengan mudah diakses dari mana pun dan kapan pun, hal ini membuat profil perusahaan Anda sebagai pelaku bisnis diuntungkan. Bisnis Anda tidak hanya dapat dilihat oleh jaringan nasional saja, kawasan internasional pun bisa menjangkau bisnis Anda hanya dengan melihat profil perusahaan melalui website yang Anda miliki. Sekarang kita tahu apa manfaat website untuk perusahaan, tunggu apalagi! jika perusahaan anda belum memiliki website bisa menggunakan jasa web design dari kami.

Maka dari itu, dengan adanya website bagi bisnis anda akan sangat menguntungkan bagi kedua belah pihak. Dari sisi pelanggan dapat meningkatkan tingkat kepuasan serta kepercayaan terhadap bisnis yang anda jalankan. Sedangkan, dari segi bisnis akan sangat menguntungkan dalam segi ekonomi dan mendapatkan keuntungan yang lebih banyak lagi dari website.

Semakin banyak portofolio yang anda tampilkan pada website, maka semakin besar peluang anda untuk mendapatkan pelanggan baru dari bisnis yang anda jalankan. Anda juga perlu menambahkan sebuah bukti pendukung untuk meyakinkan pelanggan anda agar memilih produk atau usaha yang telah anda posting di website anda.

 

Hidupmu bahagia kalau pernah main game papan ini! Main game ULAR TANGGA sekarang bisa lewat HP dan bisa main rame-rame.


Panji Prasetya

Panji Prasetya

Selasa, 20 April 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI