BERITA GAME DEVELOPMENT 8 Tips dalam Mengembangkan Indie Game

8 Tips dalam Mengembangkan Indie Game


8 Tips dalam Mengembangkan Indie Game

Artikel ini akan membahas beberapa hal yang perlu Anda ingat saat mengembangkan indie game

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY harga lebih murah, bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Kelas ditulis oleh professional dari industri berkolaborasi dengan praktisi pendidikan. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Menjadi seorang Indie Game Developer merupakan sebuah tantangan tersendiri. Mengembangkan sebuah video game secara mandiri atau independen bukan merupakan suatu hal yang mudah. Artikel ini akan membahas beberapa hal yang perlu Anda ingat saat mengembangkan indie game.

Mari kita simak!

1. Kumpulkan Pengetahuan dan Pengalaman

Seorang ahli dulu juga adalah seorang pemula. Sama halnya dalam game design. Tanpa adanya pengetahuan kita tidak dapat membuat sesuatu. Jika anda ingin membuat game yang bagus, Anda harus memiliki pengalaman membuat game terlebih dahulu.  Cara terbaik untuk belajar game design adalah learning by doing. Anda bisa belajar dari hal-hal yang dasar terlebih dahulu. Misalnya, Anda bisa belajar tentang game art terlebih dahulu dengan cara mengamati  art  dari game yang sudah ada sebelumnya  atau  Anda bisa mencoba membuat ulang  game  sederhana yang biasa kita jumpai sehari-hari. Kumpulkan pengetahuan dan pengalaman sebanyak-banyaknya untuk meningkatkan kemampuan Anda. Ingat, practice makes perfect!!

 

2. Mainkan Banyak Game

Jika Anda ingin mengerti lebih jauh tentang game design, Anda harus memainkan banyak game namun dengan tujuan yang pasti. Jadi saat anda bermain, amati desain, alur, UI,  grafis, dan gameplay dari game tersebut. Amati juga trend dari game yang terbaru dan mainkan game tersebut. Selain game yang terbaru Anda juga bisa mainkan banyak game terkenal yang sudah lama beredar.

 

3. Cari Tools yang Tepat untuk Anda

Dalam membuat game yang sesuai dengan kemampuan Anda dibutuhkan tools yang tepat.  Tools tersebut dapat berupa software dan game engine. Pilihlah software dan game engine yang sudah familiar anda gunakan. Sesuaikan pula dengan budget yang anda miliki. Sekarang sudah banyak software open source yang dapat memenuhi kebutuhan game developing Anda.

 

4. Mulailah dari Project yang Kecil

Project yang kecil sangat penting terlebih jika Anda adalah seorang pemula dalam Indie game developing. Jangan paksakan untuk membuat project besar yang ambisius.  Dalam pengembangan Indie game lebih baik mulai dari project yang kecil. Buatlah game yang Anda yakin bisa diselesaikan dan sesuai dengan anggaran dan kemampuan yang Anda miliki.

 

5. Sukses Membutuhkan Waktu

Mengembangkan indie game bukan merupakan hal yang dapat Anda lakukan dengan tujuan mendapatkan uang secara cepat. Apabila anda mengikuti  game yang sedang trend saja tanpa memiliki minat dalam game tersebut, Anda hanya akan hilang yang semangat dalam mengerjakan game Anda. Indie game yang Anda kembangkan harus sesuai dengan passion yang Anda tekuni dan miliki. Indie game adalah game yang akan senang untuk dimainkan oleh diri sendiri. Anda akan ingin menyelesaikan project game Anda dengan cepat untuk segera memainkannya.

6. Jangan Takut akan Kritik 

Anda harus siap menerima kritik. Jangan takut untuk meninjau ulang game Anda dan mencari hal yang tidak cocok atau hal yang bisa diperbaiki lebih lanjut. Jangan cepat puas dengan hal yang sudah Anda buat. Carilah sudut pandang dari orang luar. Jangan takut untuk menerima feedback dari orang lain. Kritik dan saran dari orang lain dapat membantu meningkatkan kemampuan Anda.

 

7. Jangan Takut untuk Mengulang dari Awal

Saat Anda membuat sebuah game, jangan takut untuk mengulang, terlebih lagi saat game Anda tidak bekerja. Walaupun anda sudah menghabiskan waktu berjam-jam jam atau bahkan berbulan-bulan dalam mengerjakan game Anda, akan tetapi game tersebut tetap tidak bekerja, jangan takut untuk mundur dan menata ulang game yang sudah Anda buat. 

 

8. Jangan Menyerah

Mempelajari sesuatu membutuhkan waktu. Jika Anda sempat berpikir untuk menyerah ingatlah apa yang  ingin Anda capai. Jika anda ingin menyerah istirahat terlebih dahulu dan ingatlah tujuan awal Anda membuat game impian anda. Jika Anda tekun dalam mengerjakan game Anda, tanpa Anda sadari, Anda akan menjadi Indie Game Developer yang hebat!

 

Artikel di atas terinspirasi dari:
Creating a Successful Indie Game - 10 Tips to Get Your Project Started on the Right Track
20 Indie Dev Tips for Awesome Game Design
9 Tips on Making an Indie Game from a Solo Developer


Almabelle Nimas Ainta Qurro

Almabelle Nimas Ainta Qurro

Rabu, 19 Mei 2021