BERITA SMK Tips Belajar 3D Creation Dengan Blender

Tips Belajar 3D Creation Dengan Blender


Tips Belajar 3D Creation Dengan Blender

3D Creation sendiri adalah pembelajaran di bidang pembuatan bentuk dan modelling serta dasar-dasar animating berkaitan dengan 3D, dimana pengolahan softwere yang dipakai dalam kesempatan kali ini adalah menggunakan aplikasi blender 2.79.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, desain, coding, 3D artwork, art dan illustrasi dan digital music hanya di GAMELAB.ID!

Tahapan Awal Dalam Pembuatan 3D Creation

Belajar 3D Creation yang perlu sekali di pahami terlebih dahulu adalah mempelajari antarmuka Blender beserta shortcutnya. Apabila keduanya sudah memahami maka akan sangat mudah buat kalian ke tahap selanjutnya. Sebab banyak sekali seseorang yang kemudian belajar tanpa mengetahui dasarnya terlebih dahulu, sehingga ketika dihadapkan pada studi kasus yang berbeda meraka akan susah dalam memahaminya intinya selain menghafal juga memahami dan mempraktekannya itu kuncinya, dan sedikit trik buat seorang yang awam di bidang 3D Creation kalian harus pandai menggunakan rumus ATM (Amati Tiru Modifikasi).

Setelah memahami antarmuka dan shortcut blender tahap selanjutnya dalam proses pembuatan 3D Creation adalah pembuat dianjurkan untuk membuat sketsa terlebih dahulu, semisal pembuatan 3D Creation kapal layar, maka pembuat disarankan untuk membuat gambar sketsa  kapal layar terlebih dahulu menggunakan pensil atau pena di kertas terlebih dahulu, hal ini bertujuan untuk memudahkan anda dalam mengilustrasikan dan menterjemahkan apa yang akan kalian buat nantinya di aplikasi blender. Setelah itu gambar bisa anda scan atau foto kemudian masukan gambar ke dalam aplikasi blender sebagai bahan acuan dalam pembuatan 3D Creation.

Tahap Pertengahan Dalam Pembuatan 3D Creation

Di tahap pertengahan ini, kalian mulai diminta untuk memahami seluk-beluk dalam pembuatan modelling objek, ilustrasi sederhananya adalah saat anda dibawakan bentuk bokahan bat uterus kemudian kamu di minta untuk memahat menjadi bentuk lesung hal ini memungkinkan anda untuk berimajinasi tentang tahap awalan mana yang akan dimulai terlebih dahulu, karena memang sebutan untuk seni 3D Creation adalah seni pahat di dunia digital.

Namun sedikit saran ketika memulai modelling kalian sebaiknya memilih objek awalah yang setidaknya hampir mendekati atau menyerupai modelling yang akan kalian buat semisal jangan menggunakan bentuk bulat untuk membuat modelling yang endingnya akan di buat mendekati objek kotak, sebab ketika itu kalian paksakan, kalian akan mengalami kesusahan sendiri nantinya.

Selanjutnya dalam proses modelling ini kalian di tuntut untuk bisa bersabar, teliti dan istiqomah sebab ketika kalian tidak melakukan hal tersebuat kalian hanya akan membuang-buang waktu sebab setidaknya kalian nanti akan kesulitan pada tahap UV mapping yang diakibatkan terlalu berantaknya modelling yang kalian buat dan pada endingnya kalian akan bingung dan merevisi ulang karya kalian.

Setelah tahap modelling di rasa sudah tepat dan bagus kalian menuju tahap UV mapping di tahap ini perlu sekali kalian memperhatikan tahap pemotongan objek, jangan sampai terlalu sederhana ataupun terlalu rumit, sebab hal ini akan sangat berpengaruh pada tahap texturing nantinya, dan selalu ikuti prosedur yang diberikan dalam materi atau modul atau juga panduan yang diberikan.

Selanjutnya ketahap texturing, sebelum memberikan textur terhadap objek yang ada buat yang kemudian telah anda UV mapping kalian disarankan untuk mencari dulu gambar-gambar yang yang sekiranya menarik untuk digunakan untuk texturing nantinya, dan jika sudah mendapatkan gambar yang kalian inginkan, kalian tinggal membuat texturing di aplikasi desain photoshop atau aplikasi desain lainya. Namun saran saya kalian menggunakan aplikasi photoshop karena untuk menyeleksi gambar secara detail sangat mudah di aplikasi ini.

Tahap Penyelesaian Dalam Pembuatan 3D Creation

Tahap penyelesaian ini adalah tahap dimana kalian akan melakukan dua hal pertama riggin atau  sederhanyanya pemasangan boot namuan mudah juga saya ilustrasikan dengan pemasangan tulang dan pengaturan persendian, agar nantinya objek dapat digerakkan sesuai dengan keinginan, namuan sebelum ke proses riggin tahap awal yang harus kalian pahami adalah kalian harus tahu stuktur persendian atau tulang atau kerangka sehingga nantinya dalam riggin kalian tidak kesulitan dalam pemasanganya. Kunci utamanya adalah banyak-banyaklah referensi sehingga kalian bisa mudah untuk berimajinasi. Setelah memiliki referensi yang cukup kalian tinggal memulia riggin dengan menentukan riggin pusatnya dan usahakan dalam riggin ini kalian bisa menempatkan pada posisi yang presisi dengan model yang kalian buat.

Tahap akhir selanjutnya adalah tahap animating, tahap ini adlah tahap menggerakkan objek namun tak sesederhana yang kalian fikirkan, mulilah berimajinasi tentang bagaimana gerkan yang kalian harapkanterus kemudian mulailah dalam pengaturan keyframe yang klian gunakan yakni star pada angka berapa dan berakhir pada angka berapa. Setelah itu dalam pembagian keyframe mulai dari star tadi sampai ending tadi seperti apa, semua ada manajemen penempatan yang baik dan timeline yang baik juga sehingga menghasilkan animating yang sesuai dengan apa yang kalian inginkan.

Kesimpulan Pesan Untuk Kalian Yang Masih Awam 

1.      Perkuat terlebih dahulu pondasi kalian di antarmuka dan shortcut aplikasi

2.      Jangan pernah putus asa  dalam melakukanya, (sabar, teliti, istiqomah adalah kuncinya.

3.      Sering-seringlah dalam berimajinasi dan mempraktekan adopsi sistem ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)

4.      Dan hjangan lupa berdoa semoga tuhan memberkan semangat dalam menjalankanya.


Muid Sidik

Muid Sidik

Selasa, 11 Mei 2021