BERITA TUTORIAL Tips Dalam Menemukan Art Style Bagi Illustrator Pemula

Tips Dalam Menemukan Art Style Bagi Illustrator Pemula


Tips Dalam Menemukan Art Style Bagi Illustrator Pemula

Sebagai illustrator pemula, Kalian pasti sering dengar dengan istilah art style, apa sebenarnya art style itu dan bagaimana cara menemukannya? Mungkin tips berikut ini dapat membantumu.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY harga lebih murah, bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Kelas ditulis oleh professional dari industri berkolaborasi dengan praktisi pendidikan. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Art style (gaya seni) pada dasarnya adalah cara seorang seniman menggambarkan dan mengekspresikan kepribadiannya. Art style ditentukan oleh berbagai karakteristik yang dimiliki sebuah karya seni, seperti bagaimana cara mereka menggunakan bentuk, warna dan komposisi, juga dapat berupa media dan teknik pembuatan yang digunakan seniman tersebut.

Sebuah art style secara spesifik dapat disebut sebuah kebiasaan dalam menggambar, bagian tertentu yang digambar secara berulang ulang akan tertanam di kepala kita, misalnya pada bagian mata yang sering kita buat berulang ulang akan seperti ada bagian yang membuatnya berbeda dari gambar orang lain.

Art style bagi Seorang illustrator merupakan salah satu faktor yang dapat berperan besar dalam karir. Sebuah art style yang sudah melekat pada seorang illustrator dapat membuat karya mereka menjadi unik dari illustrator lain sehingga dapat dengan mudah dikenali oleh para penggemar.

Tips Menemukan Art Style bagi ilustrator pemula

Mencari sebuah art style bisa menjadi cukup membingungkan bagi para pemula yang belum menemukannya, karena dibutuhkan waktu untuk menemukan, mengembangkan dan menanamkan sebuah selera dan gaya gambar kemudian menjadikannya kebiasaan ketika dalam membuat sebuah ilustrasi.

Karena itu penulis memberikan sebuah tips yang dapat diikuti dalam menemukan art style kalian sendiri :

Apresiasi

Langkah awal dalam menemukan sebuah style adalah mencari dan menemukan berbagai karya menarik untuk dijadikan referensi, lalu mengapresiasi hasil kerja dari berbagai illustrator tersebut. Carilah berbagai karya yang dapat membuatmu kagum dan membuatmu merasa itu dapat mewakili kepribadianmu. Kamu bisa mencari karya berdasarkan genre seperti anime, concept art, photorealism, landscape, komik, animasi dll.

contoh berbagai style dalam ilustrasi, sumber instagram : @pascalcampionart, @si.ocong, @mlrdjlock

Sebaiknya Kamu Tidak fokus ke satu illustrator saja secara keseluruhan  karena itu akan membuatmu seperti menjiplak orang tersebut. Sebaliknya,  kamu harus mengambil beberapa bagian menarik sebuah style dari berbagai illustrator lain kemudian menggabungkannya menjadi style baru yang unik.

Analisa

Setelah menemukan berbagai karya favorit, langkah selanjutnya adalah menganalisa dan menentukan bagian apa saja dari karya tersebut yang kamu sukai sehingga menarik perhatianmu, bisa dari segi pemilihan warna, teknik lineart, shading, komposisi dll, ataupun dari bagian spesifik dari gambar tersebut seperti mata, rambut, bibir dan sebagainya yang kamu anggap unik. 

Aplikasi

Ketika sudah mendapatkan bagian menarik dari berbagai karya , maka selanjutnya adalah mengaplikasikan/ menerapkannya ke gambarmu sendiri, cobalah untuk meniru bagian tersebut dengan caramu sendiri, meskipun tidak 100% mirip, justru itu yang akan membuat style gambarmu menjadi unik dan menarik.

Penulis sendiri sebagai illustrator banyak terinspirasi dari Ross Tran untuk bagian pemilihan warna dan rambut, sedangkan untuk bagian lineart dan flow dalam membuat garis banyak terispirasi dari akun instagram @macchiato.mile, juga seorang illustrator dari jepang @ojiushiburi9 yang memiliki bagian mata yang menarik bagi penulis.

Revisi

Dalam membuat sebuah karya, akan selalu ada bagian yang tidak sempurna dari gambar tersebut, entah dari sisi pewarnaan, poporsi ataupun komposisi yang membutuhkan perbaikan. Untuk itu kita perlu kembali ke poin apresiasi dengan mengamati karya para illustrator professional dan membandingkannya dengan karya kita, yang kemudian dilakukan analisa kekurangan apa saja yang ada pada gambar kita. Setelah menemukan kekurangan dari gambar yang dimiliki, cobalah untuk mencari berbagai tutorial yang dapat membantumu dalam memperbaiki kesalahan tersebut.

Ingatlah, dengan menemukan kesalahan, artinya ada bagian yang dapat kamu perbaiki.

Langkah-langkah ini dapat membantumu dalam belajar dan melakukan improve dalam membuat ilustrasi, dan juga memudahkanmu dalam menemukan dan mengembangkan sebuah style yang unik sesuai dengan kepribadianmu.

Tips diatas dapat membantu kamu dalam menemukan dan mengembangkan style dari gambar, tapi perlu diingat bahwa sebuah art style tidak dapat diciptakan dalam waktu singkat, perlu berbagai Trial and Error sebagai perjalanan menemukan hal tersebut. Teruslah mencari berbagai referensi yang menarik buat kamu dan cobalah untuk menganalisa setiap kesalahan dalam menggambar yang kemudian untuk diperbaiki pada karya berikutnya.


Referensi :

  • messyeverafter.com
  • art-is-fun.com

Alfian Dwi Anugerah

Alfian Dwi Anugerah

Minggu, 30 Mei 2021