BERITA TULIS MENULIS Tips and Trick Commission Untuk Freelance Illustrator

Tips and Trick Commission Untuk Freelance Illustrator


Tips and Trick Commission Untuk Freelance Illustrator

Buat kamu yang baru open commission art, penting untuk mengetahui hal apa saja yang harus diperhatikan untuk open commission art. Terlebih kamu mesti bersaing dengan ribuan ilustrator lainnya, Ayo disimak tipsnya!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY harga lebih murah, bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Kelas ditulis oleh professional dari industri berkolaborasi dengan praktisi pendidikan. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Jika kamu seorang yang baru memasuki dunia Illustrator dan mencari pekerjaan sampingan, Kamu dapat membuka commission art yang cara kerjanya bisa lewat online. Akan tetapi untuk open commission art itu dibutuhkan taktik tersendiri. Kira-kira apa saja yah tipsnya? Mari kita simak.

  1. Membuat portofolio. Calon client akan tertarik bekerja denganmu jika kamu menunjukan portofolio sesuai dengan apa yang mereka inginkan. Jadi, membuat portofolio ilustrasi sangatlah penting bagi kamu yang ingin open commission art.
  2. Memilih karya untuk portofolio. Seorang illustrator pasti memiliki karya andalan mereka baik itu desain karakter, warna, atau konsep gambar tersebut. Namun, beda halnya jika kamu membuat portofolio untuk open art commission online. Sebaiknya kamu memilih karya yang paling disukai orang lain yang telah kamu upload di social media kamu. Kenapa?Supaya kamu dapat menyaring gambar seperti apa yang layak dimasukkan ke dalam portofoliomu.
  3. Konten ter-update. Orang-orang bakal sering melihat karya terbaru kamu juga merupakan nilai plus, karena jika kamu pake sample gambar yang tetap dan kamunya jarang update, orang lain bakalan mikir-mikir dulu, dan bertanya-tanya apakah ada sample lain?
  4. Promosi di platform yang tepat. Pilihlah platform yang tepat sasran untuk promosi karyamu karena sebanyak apapun orang melihat karya kamu mereka tidak akan tertarik karena bukan selera mereka. Jadi promosilah karyamu pada platform yang tepat agar gambar yang buat dengan susah payah jadi tidak sia-sia. Platform yang meminta bantuan dari jasa penampung commission art para freelancer. Contohnya seperti Fiverr, Sketchmob, atau Atists&Clients.
  5. Menentukan harga commission. Sebenarnya freelance illustrator dapat menentukan sendiri harga commission yang dia mau namun kerap menjadi permasalahan dan bikin dilema. Cara menentukannya, pertama-tama carilah illustrator yang sejenis dengan style kamu dan jadikan dia sebagai refrensi untuk pemasangan harga commission kamu. Jangan terlalu murah dan jangan terlalu mahal. Untuk awal-awal mungkin harga murah emang buat menarik minat pelanggan, kalo memang makin lama makin kewalahan, bisa naikin sedikit demi sedikit.
  6. Selalu minta review dari client. kamu bisa sediain tempat khusus buat review, seperti misalnya di comment box journal, atau minta client buat ngasih review/testimonial di commissioned art dia yang kamu upload. Kamu juga boleh minta credits/minta mention kalo nanti dia upload. makanya jika kamu ga boleh upload ulang atau mereka juga ga mau upload, itu harus bayar, karena rugi kalo udah tidak dibayar tidak dapet review juga. Jika kamu baru mau buka commission dan belum pernah, ya mungkin bisa bikinin 1-2 fanart buat temen, buat bikin sample, terus minta endorse.
  7. Jangan malu untuk bersosialisasi dengan sesama ilustrator, atau sesama pekerja seni karena semuanya berawal dari bersosialisasi. Kalian bisa melakukan colaborasi dengan sesame illustrator hal ini dapat membuat follower kamu meningkat dan berdampak positif bagi kamu. Namun, sebelum melakukan kolaborasi alangkah baiknya menentukan terlebih dahulu syarat dan ketentuan tentang proses pengerjaan dan bagi hasil commission. Buat yg introvert, jangan malu dan jangan segan ya.
  8. Fokuslah pada kerjaan, jangan bermain game berlebihan, kasi waktu sendiri, jangan berjam-jam bermain social media, tapi kerjaan kamu tinggalkan. Menejemen waktu yang baik jika memang sibuk banget, dan jika ada sedikit waktu luang bisa dicicil, jangan beralasan "aku sudah sibuk seharian, jadi gak kuat ngerjain commission", padahal client sudah membayar.

Sumber


Andi Nugi S. Maddukelleng

Andi Nugi S. Maddukelleng

Sabtu, 29 Mei 2021