BERITA MAGANG Pengalaman Magang Online "Art & Illustration" Mahasiswa Jurusan DKV

Pengalaman Magang Online "Art & Illustration" Mahasiswa Jurusan DKV

Pengalaman Magang Online Art & Illustration Mahasiswa Jurusan DKV

Perkenalkan saya Sitti Haeria mahasiswa jurusan DKV, Universitas Negeri Makassar. Saya akan membagikan pengalaman magang saya di Gamelab Indonesia, yang menghasilkan karya berupa desain karakter pangeran dengan 16 baju adat Indonesia.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Alasan Saya Magang Di Gamelab Indonesia

Program Studi Desain Komunikasi Visual merupakan program sarjana S1 pada Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Negeri Makassar dimana dirancang lebih menitikberatkan pada penerapan praktik dibanding teori.

Desain Komunikasi Visual merupakan suatu disiplin ilmu yang bertujuan mempelajari konsep-konsep, komunikasi ekspresi kreatif melalui berbagai media untuk menyampaikan pesan dan gagasan secara visual dengan elemen-elemen yang berupa bentuk dan gambar, tatanan huruf, serta komposisi warna dan tata letak (tata letak) .

Dengan demikian gagasan dapat diterima oleh orang atau kelompok yang menjadi sasaran penerima pesan.

Program kerja profesi atau Magang merupakan matakuliah semester Delapan yang wajib diikuti oleh mahasiswa(i) di Desain Komunikasi Visual, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Negeri Makassar pada perusahaan maupun lembaga-lembaga pemerintahan dengan bobot satuan kredit semester (sks) 30.

Mata kuliah ini wajib dilaksanakan bagi mahasiswa sebagai bahan penulisan pengalaman praktik kerja. Perkembangan yang terjadi di dunia menyebabkan terjadinya antara teori dan praktik, sehingga dengan kerja atau praktik lapangan, mahasiswa memiliki gambaran tentang kondisi nyata yang di dunia komunikasi bisnis.

Menurut Dian Cahyadi, pengalaman mengajarkan bagaimana semua pelajaran hidup justru banyak didapatkan di luar bangku kuliah.

Mata kuliah kerja profesi atau magang ini merupakan wadah dan kesempatan bagi mahasiswa(i) sebagai peserta magang untuk dapat mengaplikasikan berbagai teori dan praktek yang sudah didapatkan pada saat proses perkuliahan ke tempat kerja profesi atau magang sekaligus mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman baru untuk meningkatkan keahlian di dunia industri secara teknis yang belum sempat didapatkan pada saat kuliah.

Mata kuliah kerja profesi ini juga sangat penting bagi mahasiswa(i) yang memiliki target untuk dapat berkerja di bidang industri Desain Komunikasi Visual agar dapat mengetahui kondisi dan sistem yang ada di lapangan kerja yang sesungguhnya. 

Dengan demikian, saya memilih Gamelab Indonesia sebagai tempat melaksanakan magang karena Gamelab Indonesia mempuyai salah satu divisi yang saya senangi dan minati yaitu Art & Ilustration.

Ruang Lingkup Pekerjaan Selama Magang

Mahasiswa berperan sebagai peserta program magang yang disediakan oleh Gamelab Indonesia. Pada saat bergabung menjadi peserta magang, mahasiwa wajib melakukan absensi datang magang pada platform online GameLab Indonesia pada pukul 09:00 WITA dan absen pulang magang setelah pukul 18:00 WITA.

Pada proses pelaksanaan program magang pada Gamelab Indonesia, mahasiswa di damping oleh trainer yang bertugas segabagai pembimbing dalam proses program magang, tugas, dan proyek studi kasus yang akan dikerjakan.

Selain itu, trainer juga bertugas mengamati dan membantu dalam perkembangan mahasiswa peserta magang ketika megalami kendala atau kurang paham tentang materi yang diberikan pada platform Gamelab. Hal ini dapat dilakukan melalui via whatsapp group yang sudah di sediakan oleh admin Gamelab Indonesia.

Setiap peserta magang mengikuti kelas pelatihan sesuai dengan akademi yang dipilih. Pada kasus ini aplikan memilih akademi “Art & Illustration”. Kelas pelatihan ini memiliki tugas untuk dikerjakan di setiap harinya dan harus membuat laporan kemajuan dua kali sehari yaitu pada pukul 11:00 WITA dan 17:00 WITA sebagai laporan harian.

Ketika mahasiswa telah menyelesaikan kelas pelatihan, trainer akan memberikan proyek studi kasus dengan tema dan tingkat kesulitan yang ditentukan berdasarkan evaluasi dan hasil kerja peserta pada kelas pelatihan.

Setelah meyelesaikan kelas pelatihan dan proyek studi kasus, mahasiswa peserta magang akan membuat laporang dengan mengisi feedback dan membuat artikel tentang magang di Gamelab Indonesia sesuai dengan passion peserta yang dapat bermanfaat bagi pembacanya.

Tujuan dan Manfaat Mahasiswa DKV Magang di Gamelab Indonesia

  • Program magang ini menjadi sarana bagi perusahaan untuk memberdayakan mahasiswa Desain Komunikasi Visual sebagai pelaksana di bidang industri kreatif khusunya di bidang Art & Illustration
  • Memberikan pengalaman kerja kepada mahasiswa sesuai dengan minat dan bakat mahaswasa dibidang Desain Komunikasi Visual
  • Mendapatkan pengalaman menjadi tenaga pelaksana di bidang industri kerja yang sesungguhnya
  • Mendapatkan gambaran sistem dunia kerja sebelum terjun kedunia kerja yang sesungguhnya
  • Mahasiswa mampu mengaplikasikan teori yang telah didapat dari akademi pelatihan ke proses perkuliahan dan dunia kerja
  • Sebagai wadah untuk pengembangan diri khususnya kemapuan dibidang Desain Komunikasi Visual

Waktu dan Tempat Ketika Pelaksanaan Magang

Kegiatan magang berlangsung selama 2 bulan, dimulai dari tanggal 19 April 2021 – 11 Juni 2021. Kegiatan magang dilaksanakan setiap hari kerja Senin - Jum’at pada pukul 09:00 – 18:00 WITA secara online pada platform online Gamelab Indonesia, kegiatan magang ini dapat dilaksanakan dimana saja secara fleksibel.

Dalam hal ini, mahasiswa peserta magang banyak melaksanakan kegiatan magang di rumah di Jl. Naja Dg. Nai No. 47, Rappokalling, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan-90216, Indonesia dan di posko lokasi Kerja Kuliah Nyata (KKN) Jl Lorong Sungai No. 2, Rappokalling, Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Sulawesi Selatan-90216, Indonesia.

Keterlibatan Mahasiswa Dalam Proyek Gamelab Indonesia

Secara garis besar, aktivitas penugasan mahasiswa selama proses magang di Gamelab Indonesia terbagi menjadi dua, yaitu kelas pelatihan wajib dan proyek studi kasus.

Pada kelas pelatihan wajib, mahasiswa disediakan modul dasar pelatihan sebagai pengenalan dan untuk menambah keahlian pendukung sebelum berlanjut ke proses pengerjaan proyes studi kasus yang telah disediakan Gamelab Indonesia.

Pada akhir kelas pelatihan wajib, peserta magang akan mengikuti Placement Test sebagai penilaian akhir dan sebagai evaluasi dalam menentukan proyek yang sesuai dengan kemampuan mahasiswa peserta magang. 

Berikut tabel kelas pelatihan Dasar Game 2D Artwork :

Tabel kelas pelatihan dasar 2D Artwork

Setelah lulus dari kelas pelatihan, peserta akan diberikan sebuah proyek studi kasus sesuai dengan akademi yang dipilih dengan tema atau tingkat kesulitan yang disesuaikan dengan hasil evaluasi dari Placement Test yang diikuti.

Penulis memilih akademi Art & Illustration dan diberikan proyek berupa pembuatan Asset Objek pangeran kerajaan di Indonesia dengan 16 pakaian adat yang berbeda.

Berikut tabel tahapan pengerjaan proyek Asset Objek Pangeran Kerajaan di Indonesia dengan 16 macam pakaian adat :

Tabel tahapan pengerjaan proyek Asset Objek Pangeran Kerajaan di Indonesia dengan 16 macam pakaian adat

Proses Pengerjaan Studi Kasus (Proyek)

Pada magang Gamelab Indonesia, peserta akan didampingi oleh trainer yang bertugas sebagai pembimbing dalam proses mengerjakan proyek kelas dan studi kasus, trainer juga akan memeriksa absensi dan memantau progres laporan pengerjaan harian dari peserta.

Peserta magang Gamelab Indonesia yang telah diterima akan digabung dalam satu grup whatsapp sebagai tempat peserta dan trainer berdiskusi dan bertanya apabila peserta magang mengalami kendala dalam proses pengerjaan tugas dan proyek yang diberikan langsung melalui platform Gamelab Indonesia.

Trainer akan memberi brief proyek melalui halaman deskripsi studi kasus pada platform Gamelab Indonesia. Pada brief studi kasus akan dijelaskan judul proyek dan proses pengerjaannya seperti penamaan setiap file, bagaimana saja yang perlu di develop, spesifikasi kebutuhan dari ukuran gambar.

Peserta yang telah membaca brief yang diberikan trainer akan mulai mengerjakan proyek pada software aplikasi yang sudah ditentukan yaitu corelDRAW X8, pada studi kasus ini penulis mandapatkan proyek pembuatan Asset Objek Pangeran Kerajaan di Indonesia dengan 16 macam pakaian adat

Berikut hasil studi kasus 16 Karakter Pangeran dengan baju Adat Indonesia yang berbeda :

Karakter pangeran

Kesimpulan Pelaksanaan Magang

Dalam pelaksanaan program kerja profesi atau magang ini penulis mendapatkan banyak pengetahuan secara nyata dalam menerapkan ilmu yang diperolah dalam proses perkuliahan sebagai mahasiswa Desain Komunikasi Visual sehingga dapat dipraktekkan secara maksimal. Kesempatan mahasiswa untuk mengenal dunia kerja nyata sekaligus lingkungan dan kondisi kerja yang nantinya akan dihadapi mahasiswa dapat terlihat jelas melalui program kerja profesi atau magang ini.

Dalam hal ini, penulis dapat menyimpulkan bahwa dalam dunia kerja diperlukan disiplin waktu, disiplin dalam mengerjakan tugas atau proyek sehingga dapat mengejar deadline, dan tentunya jujur dan bertanggung jawab terhadap proyek yang diberikan.

Magang di Educa Studio, Gamelab Indonesia sangat berkesan bagi penulis secara pribadi. Walapun proses magang yang dilakukan secara online, penulis dapat merasakan lelah dan pusing karena dikejar deadline, rasa gugup dan semangat terhadap komentar dari trainer yang sangat membantu penulis dalam perkembangan dalam mengerjakan proyek studi kasus yang diberikan.

Baca Juga : Mengenal Raden Ajeng Kartini, Pahlawan Emansipasi Wanita Indonesia

Recomended!

Mahasiswa Desain Komunikasi Visual yang akan melakukan program kerja profesi atau magang yang senang dengan UI/UX, Desain Grafis, Illustrasi, Game Artwork yang sedang atau dalam keadaan tidak bisa bekerja diluar rumah, penulis menyarankan untuk melakukan program magang pada Gamelab Indonesia. Kamu bisa daftar dan ikuti programnya sekarang di sini.


Sitti Haeria

Sitti Haeria

Rabu, 22 Desember 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI