BERITA PROGRAMMING Berkenalan Dengan Cocos2d, Sebuah Game Engine Gratis dan Powerful

Berkenalan Dengan Cocos2d, Sebuah Game Engine Gratis dan Powerful

Oleh Elisa Candra Hendrawan | Kamis, 5 Agustus 2021

Berkenalan Dengan Cocos2d, Sebuah Game Engine Gratis dan Powerful

Cocos2d merupakan sebuah game engine gratis yang dapat digunakan untuk membuat sebuah game maupun aplikasi lain. Yuk kita kenali lebih dalam lagi.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Apa kamu suka bermain game?. Ingin mencoba membuat game seperti yang kamu mainkan?. Ingin mencoba tapi tidak tahu bagaimana caranya?. Atau.. kamu sudah tau caranya, tapi perangkat kamu tidak kuat menjalankan tools untuk membuat sebuah game?. Tenang saja, Cocos2d-x akan menjawab semua kebutuhanmu dalam membuat sebuah game.

Apa sih itu Cocos2d?

Cocos2d merupakan sebuah framework open source gratis yang dapat digunakan untuk membuat game, maupun aplikasi lain yang berbasis GUI. Cocos2d mempunyai banyak versi. Ada Cocos2d-x, Cocos2d-js, Cocos2d-ObjC, Cocos2d-html5, Cocos2d-xna, dan yang paling terbaru ada Cocos Creator. Yuk kita bahas lebih mendalam lagi!.

Perjalanan Cocos2d

Cocos2d (Phyton)


Pada Februari 2008, di kota Los Cocos dekat Cordoba, Argentina. Ricardo Quesada, seorang game developer membuat game engine untuk game 2D menggunakan Phyton bersama beberapa teman sesama developer. Mereka menamai game engine itu dengan "Los Cocos", sama dengan kota kelahiran Ricardo Quesada. Sebulan kemudian, mereka merilis versi 0.1 dan mengganti nama "Los Cocos" menjadi "Cocos 2d". Cocos2d ini menggunakan logo sebuah kelapa yang sedang berlari.

Cocos2d-iPhone

Tertarik dengan potensi pasar Apple App Store untuk iPhone, Quesada menulis ulang Cocos2d ke Objective-C. Pada bulan Juni 2008, "Cocos2d-iPhone" versi 0.1 resmi dirilis. Cocos2d-iPhone ini akan menjadi cikal bakal untuk versi Cocos2d lainnya. Di versi ini juga, logo baru resmi dirilis untuk Cocos2d-iPhone.

Pada awal 2009, sudah ada 100 games lebih yang menggunakan Cocos2d-iPhone. Tidak hanya game yang dapat dibuat dengan Cocos2d-iPhone tapi juga aplikasi, buku beranimasi, dan banyak lagi.

Cocos2d-x

Pada November 2010, seorang developer yang berasa dari Cina Zhe Wang mengadopsi cocos2d-iphone tetapi ditulis dalam C++ bukan dalam Objective-C. Pada saat itu, Quesada memutuskan untuk membantu team Cocos2d-x. Pada tahun 2012, Team Cocos2d-x mulai bergabung dengan Chukong Company untuk membuat Cocos2d-x menjadi lebih baik lagi. Di Chukong Company, mereka mulai mengerjakan produk berupa CocoStudio, Cocos2d-html5, dan menaikkan versi Cocos2d-x hingga ke versi 4.0 saat ini.

Fitur Cocos2d-x

GUI

Cocos2d dapat menampilkan dasar dasar elemen GUI yang biasa digunakan dalam sebuah game. Seperti label, button, gambar, dan elemen elemen dasar lainnya.

Animasi

Cocos2d mampu menyediakan 'basic animation primitive". animasi ini melingkupi seperti pergerakan kekanan, kekiri, rotasi, dan scale. Animasi ini mampu kamu implementasikan ke setiap objek yang ada di dalam game kamu. seperti di dalam sebuah gambar maupun objek lainnya.

Physic System

Cocos2d sudah support untuk 2D physic engine seperti Box2D dan chipmunk. Fitur ini berguna untuk memberikan sebuah bentuk fisik ke setiap objek agar mereka dapat berbenturan. Layaknya banyak bola yang saling memantul dan bersenggolan dengan yang lain.

Audio

Bukan game engine namanya jika tidak menyediakan fitur audio. Untungnya, Cocos2d sudah menyediakan fitur audio untuk membuat game kamu lebih keren lagi. Seperti menambahkan efek suara tembakan saat membuat game bertema militer.

Scripting Support

Fitur ini berguna bagi kamu yang ingin membuat sebuah fungsi tapi tidak tertulis dalam C++. Kamu dapat menggunakan JavaScript, Lua, dan bahasa lainnya yang tersedia untuk Cocos2d. Contoh penggunaan fitur ini adalah jika kamu ingin membuat musuh berjalan dengan secara random. Kamu tidak perlu membuat fungsi berjalan ke setiap musuh. Tapi kamu cukup menyediakan 1 file dalam bentuk JavaScript / Lua yang berisi fungsi berjalan lalu memasukkannya ke dalam objek musuh.

Baca Juga : Belajar Bikin Game Makin Mudah dengan Cicilan Mahasiswa

Contoh Game yang menggunakan Cocos2d

Saat artikel ini dibuat, mungkin sudah ada ribuan game maupun aplikasi lebih yang menggunakan Cocos2d sebagai engine mereka. Dibawah ini merupakan beberapa contoh game yang menggunakan Cocos2d sebagai game engine mereka. Bukan hanya game dari luar negeri saja loh! tapi ada dari Indonesia juga!.

Emak Emak Matic - Keong Game, Educa Studio

Hill Climb Racing - Fingersof

Badland - Frogmind

Bagaimana? sudah ada rencana menggunakan Cocos2d sebagai game engine kamu? kamu bisa mengunjungi Website resmi cocos2d atau kamu juga bisa langsung pergi ke github cocos2d untuk mendapatkan game engine tersebut secara gratis.


Refrensi :
- wikipedia.org/wiki/Cocos2d
- retro.moe/2017/04/16/cocos2d-in-a-glimpse/
- quora.com/search?q=cocos2d


Elisa Candra Hendrawan

Elisa Candra Hendrawan

Kamis, 5 Agustus 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI