BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Tutorial Membuat Seni Abstrak di Adobe Photoshop

Tutorial Membuat Seni Abstrak di Adobe Photoshop

Oleh Galih Aulia | Jumat, 13 Agustus 2021

Tutorial Membuat Seni Abstrak di Adobe Photoshop

Yuk kita buat seni abstrak menggunakan Adobe Photoshop dengan langkah-langkah yang mudah

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Pernahkah kamu mempunyai pengalaman seperti ini? Kamu punya sebuah cerita keren yang ingin dipublikasikan ke semua orang. Cerita sudah jadi, tinggal membuat covernya. Dalam bayanganmu, kamu mempunyai gambaran cover berupa gambar abstrak.  Selanjutnya, kamu mencari di situs penyedia gambar sebagai background cover cerita kamu. Setelah sekian lama berselancar di dunia maya, kamu dapat gambar abstrak yang kamu inginkan, namun satu masalah lain muncul. Ternyata kamu harus membayar untuk background tersebut. Ugh, sungguh mengesalkan ya? Kenapa tidak coba buat sendiri saja? Caranya gampang sekali kok, tidak dibutuhkan skill yang hebat. Yang dibutuhkan hanyalah kemauan dan semangat!

 

Ada banyak perangkat lunak pengolah gambar yang bisa kamu gunakan dalam membuat gambar abstrak. Untuk perangkat lunak berbasis vektor ada Corel DRAW, Adobe Illustrator dan lain-lain. Untuk yang berbasis raster atau bitmap kamu bisa menggunakan Adobe Photoshop. Nah, untuk tutorial kali ini kita akan membuat menggunakan Adobe Photoshop. Penulis menggunakan Adobe Photsohop CS 6, namun jika kamu mau memakai seri lainnya seperti Adobe Photoshop CC, CS 7 masih bisa kok. Langsung saja kita mulai yuk.

 

Langkah 1

Buka dokumen baru di Adobe Photoshop. Untuk ukuran sesuaikan dengan kebutuhan kamu. Misalkan dalam hal ini ukurannya adalah 1366x768 pixel. Mode warna yang dipakai adalah RGB.

 

Langkah 2

Buat layer baru di atas layer background (Ctrl + J). Lalu klik pada icon Add Layer Style lalu pilih Gradient Overlay untuk membuat gradasi. Gunakan warna gradasi abu-abu muda ke abu-abu tua.

Langkah 3

Dengan menggunakan polygon tool, buatlah sebuah objek segitiga seperti gambar di bawah ini.

Langkah 4

Klik pada icon Add Layer Style, kali ini kita beri warna gradasi pada objek segitiga. Misalkan beri warna gradasi ungu ke warna pink.

Langkah 5

Selanjutnya, buatlah segitiga lain yang lebih kecil menggunakan pen tool. Dengan langkah yang sama seperti sebelumnya, buat gradasi pada objek segitiga yang baru saja kita buat. Namun kali ini, warnanya kita buat lebih tua. Atur juga arah gradasi dengan mengatur di bagian Angle.

Langkah 6

Buat satu segitiga lagi di sisi kanan segitiga besar. Lalu copy layer style dari segitiga di atas dengan cara klik kanan layer segitiga atas pilih Copy Layer Style. Lalu klik kanan pada layer segitiga kanan, pilih Paste Layer Style.

Langkah 7

Kelompokkan 3 layer segitiga dalam satu grup dengan cara menyeleksi semua layer segitiga lalu ketikkan Ctrl + G.

Langkah 8

Duplikasikan grup layer tersebut (Ctrl + J) dan letakkan secara acak baik letak maupun bentuknya dengan menggunakan transform.

Langkah 9

Selanjutnya kita beri efek partikel cahaya di atas grup segitiga. Buatlah layer baru. Lalu klik icon brush. Pilih brush dengan hardness 0. Ubah settingan brush, misalkan pada bagian spacing (agar brush berubah menjadi dot), Jitter (mengatur besar kecil dot), scatter (agar terlihat acak).

Langkah 10

Sapukan brush di atas objek segitiga. Dalam sekali menyapu, brush akan secara otomatis membuat dot secara acak.

Baca Juga : YUK, IKUTI SURVEY KOMIKUS INDONESIA Q1 TAHUN 2018

Langkah 11

Beri efek pada bola bola cahaya dengan menambahkan efek outer glow.

Tada! Background abstrak pun sudah jadi dan siap untuk dijadikan sebagai background cover buku kamu. Lakukan adjusment atau penyesuaian misal dengan mengatur besar kecilnya objek atau mengatur kembali warna gradasinya jika perlu. Berkreasilah!


Galih Aulia

Galih Aulia

Jumat, 13 Agustus 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI