BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Tutorial Membuat Roda Otomatis Berotasi Saat Kendaraan Bergerak Ke Arah Yang Ditentukan

Tutorial Membuat Roda Otomatis Berotasi Saat Kendaraan Bergerak Ke Arah Yang Ditentukan

Oleh Matahari Kridha Pasha | Kamis, 19 Agustus 2021

Tutorial Membuat Roda Otomatis Berotasi Saat Kendaraan Bergerak Ke Arah Yang Ditentukan

Tutorial ini memungkinkan anda untuk menggerakan roda secara otomatis tanpa keying manual yang efektif untuk keperluhan cutscane.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Menggerakan roda biasa dilakukan dengan menggunakan bone sebagai parent yang akan digerakan, hal itu memang berguna ketika model akan di export menjadi asset game, namun untuk membuat suatu cutscane, kalian akan kerepotan jika objek yang kalian buat memiliki banyak roda seperti truk besar, tank, atau kereta, untuk mengatasi hal tersebut kalian dapat mengaplikasikan tips yang memungkinkan kalian dapat membuat roda berotasi sesuai arah gerak dari objek parent (dalam hal ini kendaraan), oke langsung saja menuju ke tutorialnya.

Tahap 1 - Parenting Bagian Roda

Parenting Bagian Roda ke Empty Plain AxesLangkah pertama yang harus kalian lakukan adalah parenting semua bagian roda, disini saya menggunakan empty sebagai parent dari roda, langkah langkahnya sebagai berikut :

1. Pilih bagian velg, kemudian tekan shift+s dan pilih snap crusor to center.

2. Setelah itu add new object shift+a > Empty > Plain Axes, beri nama Roda

3. Agar gerakan rotasi roda terkesan natural geser sedikit Plain Axes ke arah kiri, cukup geser sedikit saja.

4. Pilih semua bagian roda, kemudian pilih Plain Axes, tekan ctrl+p > object (keep transform), maka ketika kita menggerakan Plain Axes, seluruh bagian roda akan ikut bergerak.

Tahap 2 - Parenting Seluruh Bagian Objek

Pada langkah ini kita akan melakukan hal yang mirip dengan tahap petama, yaitu melakukan parenting objek ke Plain Axes, namun untuk kali ini kita akan melakukannya pada seluruh bagian kendaraan.

1. Buat Empty, shift+a > Empty > Plain Axes, beri nama MainBody

2. Pilih semua objek pastikan yang terpilih hanya bagian kendaraan (tanpa bagian roda yang terparent ke Plain Axes Roda).

Parenting ke MainBody3. Kemudian tekan shift dan pilih Plain Axes MainBody, tekan ctrl+p > object(keep transform), jika sudah maka seharusnya ketika kalian menggerakan MainBody, seluruh bagian kendaraan akan ikut bergerak.

4. Pada langkah selanjutnya, pilih Plain Axes Roda, kemudian lakukan parenting ke MainBody (caranya sama seperti langkah 3), hal ini bertujuan agar roda tetap parenting ke MainBody namun terpisah dengan objek yang lainnya.

Baca Juga : Mini Retro Arcade 3D Creation in Blender and Adobe Substance Painter

Tahap 3 - Membuat Roda Otomatis Berotasi

Pada umumnya kita akan masuk ke layer animation dan menginputkan keyframe rotation roda secara manual disana, namun kita tidak akan melakukannya, disini kita akan membuat roda berotasi otomatis, sehingga memudahkan kita dalam membuat suatu cutscane, berikut langkah - langkahnya :

1. Pilih Plain Axes Roda, pastikan nilai Rotation X = 0.

2. Klik kanan pada Rotation X, kemudian pilih Add Driver.

Add Driver3. Akan muncul menu Driven Proterty, Ganti Expression menjadi var*-1.

4. Pada bagian Object pilih MainBody, dan pada bagian Type sesuaikan dengan arah depan belakang kendaraan kalian, disini saya menggunakan Y location karena kendaraan saya menghadap ke garis Y.

Edit Property Drivers5. Jika langkah kalian benar, maka seharusnya roda sudah bisa berotasi otomatis ketika kita menggerakan Plain Axes MainBody maju mundur kearah Y. Jika roda kalian berotasi terbalik, maka ubah value expression dari var*-1 menjadi var*1.

Copy DriverYeyy roda kendaraan kalian sudah bisa berotasi otomatis, untuk mengimplementasikan ke bagian roda yang lain, kalian cukup mengcopy driver yang kalian buat tadi, dengan cara seperti gambar diatas. Cukup sekian tutorial kali ini, semoga tutorial ini bermanfaat ..

Salam Wonderful World of Rendering…


Matahari Kridha Pasha

Matahari Kridha Pasha

Kamis, 19 Agustus 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI