BERITA SEMINAR GAME SERUNYA GURU-GURU DI SALATIGA MENGISI WAKTU NGABUBURIT DENGAN MEMBUAT GAME

SERUNYA GURU-GURU DI SALATIGA MENGISI WAKTU NGABUBURIT DENGAN MEMBUAT GAME

Sumber Gambar: Tim SALAD (Komunitas Salatiga GameDev) dan GameLab.ID

     Salatiga, 23 Mei 2018 bertepatan dengan Bulan Suci Ramadan Komunitas Salatiga GameDev (SALAD) bekerja sama dengan Educa Studio dan GameLab.ID mengadakan Seminar khusus untuk Bapak dan Ibu GURU dalam #Ngabubugame (Ngabuburit Sambil Bikin Game) dengan tema "Potensi Positif Game Untuk Pendidikan" dan juga praktek langsung membuat game edukasi. Acara tersebut menghadirkan dua pembicara yaitu Bapak Andi Taru (CEO Educa Studio) dan Bima Syroth (Trainer GameLab.ID). Slot kursi yang tersedia juga penuh sampai hari menambah kuota, hal ini menunjukkan bahwa antusiasme peserta tinggi terhadap game dan pendidikan. Acara juga berlangsung seru karena para peserta sangat bersemangat dalam mengikuti setiap sesi acara. 

     

Sumber Gambar: Tim SALAD (Komunitas Salatiga GameDev) dan GameLab.ID

       Sesi pertama berupa seminar yang dibawakan oleh Bapak Andi Taru selaku CEO Educa Studio dengan tema ”Mengenal lebih dalam potensi positif game untuk pendidikan”. Setidaknya ada 3 hal penting yang disampaikan oleh Bapak Andi Taru yaitu: 1) Game itu sangat luas, bisa bermacam-macam baik dimulai dari Game Tradisional sampai pada Kehidupan itu sendiri bisa dimasukkan dalam kategori Game. Kemudian 2) Game adalah salah satu media yang cukup efektif dan memiliki potensi-potensi positif yang bisa dimaksimalkan, terakhir yang ke 3) Contoh implementasi Game dalam bidang pendidikan yang telah terbukti berhasil dilakukan oleh Educa Studio selama 7 tahun terakhir dalam membuat proses belajar mengajar menjadi lebih efektif, menyenangkan dan tersampaikan goalnya.

     

     Sumber Gambar: Tim SALAD (Komunitas Salatiga GameDev) dan GameLab.ID

      Dan untuk sesi kedua berupa workshop, yaitu praktek langsung dasar pembuatan game oleh Mas Bima Syroth. Sesi pembuatan game ini membuat peserta menjadi semakin tertarik, karena Bapak Ibu Guru dapat secara langsung mempraktekkan apa yang dibutuhkan dalam pembuatan game tanpa harus belajar sesuatu yang rumit. Para peserta sangat antusias dalam praktek pembuatan game mulai dari proses menambahkan objek/karakter/sprite, menggerakan sprite agar lebih menarik, serta menambahkan efek suara dengan tujuan agar game lebih terasa menyenangkan ketika dimainkan.

       Tidak terasa sesi pertama dan kedua berlangsung cukup cepat dan acara pun ditutup dengan sesi tanya jawab, berfoto bersama, dan pembagian sertifikat. Terima Kasih atas partisipasinya Bapak Ibu Guru, semoga acara yang kami adakan dapat bermanfaat dan sampai jumpa kembali di acara-acara kami yang akan datang. Untuk Bapak Ibu Guru yang ingin mengikuti atau mengadakan seminar dan workshop serupa, bisa menghubungi kami di support@gamelab.id atau nomor WhatsApp sebagai berikut: 0857 2673 7832 (Septi).

Pendidikan Parenting Salad GameLab EducaStudio Marbel game edukasi positif pelatihan workshop anak guru pgri igi ppmi dongeng cerita interaktif permainan board card tabletop gamifikasi
Septi Yuliana

Septi Yuliana

Rabu, 23 Mei 2018