BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Permainan Game Edukasi dalam Pengenalan Hewan

Permainan Game Edukasi dalam Pengenalan Hewan

Oleh Fathurohman | Selasa, 28 September 2021

Permainan Game Edukasi dalam Pengenalan Hewan

Negara Indonesia memiliki kepulauan yang sangat luas dari daratan sampai pegunungan. Wilayah dalam kepulauan Indonesia terdapat flora dan fauna serta mikroba yang bermacam-macam.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Pendahuluan

Perkembangan teknologi saat ini sangat pesat, yang di tandai dengan penggunaan teknologi di berbagai bidang kehidupan, salah satunya dalam bidang pendidikan. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan dapat memberikan solusi dan kemudahan dalam melakukan proses pembelajaran.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki wilayah yang luas. Kepulauan Indonesia nterdiri dari daratan sampai pengunungan dimana didalammnya hidup flora dan fauna, serta mikroba yang beranekaragam (Triyono, 2013). Data dari Bappenas pada tahun 2003 menunjukkan bahwa terdapat 38.000 jenis tumbuhan atau 55% endemik. Sedangkan untuk jenis hewan bertulang belakang terdapat 515 jenis hewan yang menyusui atau 39 % endemik. Selanjutnya 511 jenis reptilia atau 30% endemik. Kemudian 1531 jenis burung atau 20% endemik, serta terdapat 270 jenis amphibi atau 40% endemik.

Game edukasi yang dibangun menggunakan construct2. Construct2 merupakan game creator yang dibuat oleh Scirra yaitu salah satu game yang diminati para game developer karena construct2 yang mudah digunakan dan memiliki banyak tutorial serta template yang telah tersedia. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode SDLC agile merupakan sekelompok metodologi pemrograman sentris yang berfokus pada penyederhanaan SDLC, sebuah metodologi yang digunakan untuk membuat stuktur, rencana dan kontrol pengerjaan suatu proyek. Sebagian besar overhead pemodelan dan dokumentasi dieliminasi. Sebuah proyek menekankan pengembangan aplikasi sederhana dan iteratif dimana setiap iterasi adalah proyek perangkat lunak yang lengkap, termasuk perencanaan, analisis kebutuhan, desain, pengkodean, pengujian dan dokumentasi (Dennis, Wixom and Roth, 2012).

Tujuan dalam penelitian ini yaitu membangun sebuah game edukasi pengenalan hewan langka yang memberikan edukasi sambil bermain. Pembuatan game edukasi menggunakan construct2 menjadi lebih mudah karena memiliki tools yang khusus dirancang untuk pembuatan game. aplikasi game yang dibangun hanya dapat digunakan untuk pemain tunggal (single player), objek dari penelitian yaitu hewan endemik Indonesia.

 

Tahapan

Dalam pembuatan sebuah game ada beberapa hal yang harus kita persiapkan agar dalam pelaksanaan pembuatan game tersusun dengan rapi dan baik. Diantaranya tahapan yang perlu kita siapakan yaitu:

1.     Planning

Planning atau perencanaan pada penelitian meliputi metode pengumpulan data yang dilakukan untuk mendapatkan data dan keperluan lain dari penelitian. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan melakukan Tinjauan Pustaka (Literature Review). Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara mempelajari berbagai laporan-laporan ilmiah, dokumen atau sumber bacaan, buku, dan jurnal yang relevan atau berhubungan dengan pembuatan aplikasi yang diusulkan.

2.     Analisis

Tahap selanjutnya adalah tahap analisis yaitu mengidentifikasi permasalahan yang ada pada pengguna, dan mengidentifikasi solusi dari permasalahan pada komponen-komponen sistem. Menganalis kebutuhan sebagai bahan dalam membuat spesifikasi ditahapan selanjutnya. Analisis Menurut Sommerville (2011), analisis kebutuhan fungsional adalah analisis kebutuhan fungsi-fungsi yang harus ada pada sistem, bagaimana sistem harus berinteraksi terhadap masukan, dan berperilaku dalam menghasilkan output.

3.     Desain

Tahap ketiga dalam penelitian ini yaitu melakukan pendesainan aplikasi game edukasi hewan langka berbasis Android. Desain sistem dan tampilan aplikasi dilakukan sebagai rancangan yang dapat menjadikan acuan dalam pembuatan aplikasi game edukasi pengenalan hewan langka berbasis Android menggunakan construct2.

4.     Implementasi

Game Edukasi Tahap implementasi yaitu mengimplementasikan perancangan desain sistem kedalam situasi nyata. Desain sistem yang telah dirancang akan diimplementasikan kedalam tools pembuatan game menggunakan construct2 yaitu dengan tools Construct 2 versi 279.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Penelitian ini telah menghasilkan sebuah aplikasi game edukasi pengenalan hewan langka berbasis Android menggunakan Construct2. Pembuatan game edukasi pengenalan hewan langka ini bertujuan untuk memperkenalkan hewan langka, dan membuat aplikasi yang dapat menampilkan gambar, suara disertai permainan puzzle dan kuis berupa tebak nama hewan.

1.     Implementasi Program

Implementasi game edukasi terhadap pengenalan hewan langka berdasarkan rancangan sistem dan desain kedalam tools Construct2 adalah sebagai berikut:

a.      Menu Utama

Menu utama merupakan menu tampilan utama saat telah masuk kedalam aplikasi. Pada menu utama terdapat beberapa menu lainnya yaitu, menu materi, permainan, tentang, bantuan dan menu keluar aplikasi.

b.     Menu Permainan Tebak Hewan 

Menu permainan tebak hewan ini merupakan menu tebak hewan permainan dengan menyusun kata nama hewan.

 

Baca Juga : SPRITE : MAKANAN APAKAH ITU?

KESIMPULAN

Game edukasi yang telah dibuat dapat menampilkan gambar dilakukan dengan menambahkan evensheet sprite pada layout construct2, Pembuatan permainan tebak hewan dilakukan dengan cara memasukan gambar yang akan ditebak namanya, kemudian mamasukan huruf-huruf yang akan menjadi pilihan kata pada permainan.

Permainan ini sangat bermanfaat untuk mengenalkan nama-nama hewan kepada siswa dengan cara yang berbeda. Hal ini dilakukan agar dalam pembelajaran sangat bervariasi dan dapat membuat siswa aktif dan interaktif dalam proses pembelajaran.

Hidupmu bahagia kalau pernah main game papan ini! Main game ULAR TANGGA sekarang bisa lewat HP dan bisa main rame-rame.


Fathurohman

Fathurohman

Selasa, 28 September 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI