BERITA UMUM Membiasakan Hidup Sehat dengan Diet

Membiasakan Hidup Sehat dengan Diet

Oleh Indah Damayanti | Sabtu, 9 Oktober 2021

Membiasakan Hidup Sehat dengan Diet

Artikel ini membahas mengenai cara hidup sehat dengan diet yang sehat dan tepat. Disini dijelaskan beberapa tips diet sehat yang mudah dipahami dan dilakukan oleh semua orang.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Hai sobat diet.....

Gimana usaha dietmu hari ini, berhasilkan? Atau BB mu (Berat Badan) masih di angka yang sama atau bahkan melonjak?  Sebelum aku mejeskan apa itu diet sehat, kalian udah tahu belum apa itu diet sehat. Ya kata diet sendiri memiliki arti cara hidup. Sedangkan diet sehat adalah cara hidup yang bertujuan untuk menurunkan berat badan dengan menerapkan pola hidup sehat dan pola makan yang benar. Setelah kalian tahu apa itu diet sehat, aku akan memberikan tips diet yang aku alami. 

Baca Juga : Mau Bisnis Laku? Analisis SWOT Dulu, Baru Deh Buka Gerai!

Berikut ini adalah tips diet sehat: 

Mencari Informasi dengan Membaca Artikel atau media lainnya

Pertama-tama sobat diet bisa mencari informasi dengan  membaca artikel atau media lainnya seperti You-Tobe, Internet dan juga media cetak yang berhubungan dengan diet sehat. Kenapa aku menyarankan kalian untuk mencari informansi  tentang diet terlebih dahulu, karena menurut aku diet sehat itu bukan sekedar diet asal-asalan melainkan kita harus memiliki pengetahuan yang berhubungan dengan diet dan kita juga harus mempunyai acuan atau panduan untuk melakukan step by step  agar diet kita tidak salah langkah. Lanjut tips yang kedua.

Mengubah Mindset kita tentang diet

Dari mayoritas orang beranggapan bahwa diet itu menurunkan berat badan dalam kurun waktu yang cepat atau bahkan dengan mengikuti tips diet yang sedang tren tanpa memperhatikan kandungan dalam nutrisinya, sehingga diet yang dialami pun gagal. Dan yang perlu kita bahas di tips yang kedua ini yaitu dengan mengubah mindset kita dari sekarang jika ingin body goals kamu tercapai.  kata mindset itu sendiri adalah pola pikir. Dalam arti harus mengubah pola pikir kita tentang  apa itu diet sehat dan bagaimana tips diet yang benar.  

Misalnya, membuat target BB (Berat Badan) turun drastis dalam waktu seminggu dan dalam waktu seminggu itu biasanya sebagian orang hanya fokus body goals yang  diinginkan, tanpa menyadari bahwa diet yang lakukan itu diet ketat atau ekstrim. Maka dari itu kita harus mengubah mindset kita dengan cara tidak terlalu mentargetkan BB harus turun drastis  dalam jangka waktu yang singkat, melainkan secara bertahap namun tetap menjaga keseimbangan asupan nutrisi dan aktivitas yang dilakukan.

Pola Makan

Oke... kita ke tips yang ketiga yaitu pola makan. Seperti yang dibahas pada tips-tips sebelunya mengatur pola makan menjadi titik acuan untuk tercapainya body goals yang diinginkan. Diet yang sehat juga harus mampu mengatur pola makan yang terpenuhi kandungan nutrisinya.  Sebenarnya mengatur pola makan tidak hanya untuk memunuhi  kebutuhan diet saja melaikan bisa diterapakan dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu bisa mengurangi resiko penyakit jantung, stroke dan diabetes. Nah bagaimana pola makan yang harus diterapkan?

  • Tetap membiasakan makan 3x sehari  atau makan pada waktu lapar.
  • Mengontrol kandungan nutrisi dalam makanan seperti protein, lemak, karbohidrat, mineral dan vitamin.
  • Membiasakan minum air putih 8 gelas per hari.
  • Menyeimbangkan antara asupan sayuran dan buah-buahan minimal 5 jenis yang berbeda.
  • Kurangi porsi makan.
  • Kurangi makanan atau minuman manis
  • Menghindari junk food atau makanan siap saji.

Pola Hidup

Lanjut ke tips yang terakhir yaitu pola hidup. Mengatur pola hidup juga harus diperhatikan dalam proses diet sehat.  Karena diet sehat itu tak hanya fokus terhadap asupan makanan saja, melainkan kita harus mengubah pola hidup agar diet yang dilakukan dapat berjalan dengan baik.  Berikut pola hidup yang harus dilakukan.

  • Istirahat yang cukup maksimal tidur 8 jam sehari.
  • Rutin berolahraga.
  • Melakukan aktivitas dengan kegiatan positif.
  • Membatasi penggunaan pada gatget.

Itulah beberapa tips  diet sehat yang bisa kalian coba dirumah. Pada intinya diet sehat adalah cara menurunkan berat badan dengan menyeimbangkan pola makan dan pola hidup yang tepat.  Diet sehat juga dapat membiasakan agar hidup lebih sehat salah satu dapat meminimalisir penyakit  jantung, stroke, dan diabetis. Jika ingin mendapatkan body goals yang kalian inginkan, maka lakukanlah diet atau cara menurun berat badan dengan tepat dan benar. Sebaiknya jika kalian melakukan diet maka harus cari terlebih dahulu informasi seputar diet sehat dan yang paling penting mengubah mindset, pola makan, serta pola hidup. Jangan sekali-kali melakukan pola diet ketat atau ekstrim dengan hasil maksimal, lakukanlah diet secara bertahap walaupun hasinya tidak semaksimal mungkin. Buat kalian yang suka ngemil atau mengkonsumsi makanan siap saji boleh saja dialukan, tetapi harus dibatasi seminggu 1 kali. Itulah tips-tips diet yang aku alami semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih....


Sumber :

  • https://wolipop.detik.com/health-and-diet/d-1945437/mau-langsing-mulai-dari-mengatur-pola-pikir-anda- (Senin, 04 Oktober 2021, Pukul 12.12)
  • https://jovee.id/6-tips-diet-sehat-turunkan-berat-badan/ (Kamis, 30 September 2021, Pukul 20.10)

Indah Damayanti

Indah Damayanti

Sabtu, 9 Oktober 2021

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI